Miara Moge Itu Mahal? Gak Harus Kok

26

Sobat MMBlog sekalian, tadi sore, ketika MMBlog meliput launching Yamaha Lexi Maxi Signature di PRJ, MMBlog sempat chit-chat sama temen-temen blogger yang juga hadir meliput. MMBlog sempat dibuat concern sama kata-kata Mas Nugie, TMCBlog Team ketika beliau ngomong kalau masbro yang ngelotok soal MotoGP ini, tertarik untuk membeli moge setelah membaca artikel MMBlog tentang perawatan moge yang relatif murah, hmm, sikat aja Mas! :mrgreen: .

Ada stigma atau stereotipe tentang melihara atau memiliki moge. Salah satunya adalah biaya perawatan yang mahal dan tinggi. Benarkah demikian? Sebenernya enggak juga kok, dan enggak harus mahal juga. Tentu kalau mau mahal bisa, tapi mau gak mahal atau malah murah juga bisa, dan ketika memilih untuk merawat moge dengan harga murah, itu sama sekali gak mengurangi kualitas atau daya tahan moge itu sendiri.

Kalau temen-temen udah biasa pakai motor 250 CC, atau Motor 150 CC, sebenernya ngerawat moge bisa gak terlalu kaget. Moge apapun, sebenernya bisa dibikin jadi lebih murah perawatannya, apalagi moge jepang lho, wah enak dah. Perkara part, part-part fast moving sebenernya bisa diakali dan dicari alternatif harga yang bersahabat. Contoh, kampas rem, temen-temen bisa order di Ebay merek EBC misalnya, ini murah, satu set rem depan bisa 400-500 ribu aja, kualitas? Oke banget EBC. Mau yang ready dalam negeri? Bisa pilih Daytona, wah ini lebih murah lagi.

Busi? Busi OEM moge memang harganya relatif mahal, biasanya pakai NGK, nah, temen-temen bisa ganti dengan merek Denso yang harganya biasanya sepertiga-nya, dikisaran 70-100 ribu, udah iridium, dan daya tahannya juga luar biasa, 20.000-30.000 Km juga masih bagus itu busi kok. filter udara? Ini juga murah, ada yang cuman 150 ribu, ada yang 250 ribu, dan bisa dicuci pula :mrgreen: . oli? Di Indonesia, Shell Ultra, Motul 5100, Pertamina 4T Racing Plus, itu udah cukup banget sebenernya Sob, gak perlu yang seliternya sampai 400 ribu, serius :mrgreen: . filter oli? Bisa pakai punya mobil.

SONY DSC

Biaya service? Pada umumnya, bengkel moge buka ongkos 500 ribuan, service moge biasanya sih kalau MMBlog setahun sekali masbro, lah, bukan motor harian banget, paling setahun baru 5000 km, kecuali abis touring, nah itu baru mungkin ada service rutin lagi. Pajak? Untuk moge under tahun 2010, asli dah, pajaknya mah murah, 1 jutaan lebih dikit doang paling :mrgreen: . jadi, moge itu miaranya mau murah, mau mahal ya tergantung yang punya masbro. Yang mahal itu kadang kalau ownernya galauan, bosenan, banyak mau, akhirnya beli aksesoris ina itu 😆 . dan yang suka bikin mahal itu GENGSI 😆 .

Pada dasarnya, moge tetep aja sama kayak motor lain. roda-nya tetep aja dua, ujan gak kepanasan, panas gak keujanan. Apalagi kalau temen-temen beli moge tahun muda, low odo, weleh, free maintenance kali. Btw, artikel ini gak berlaku untuk moge MV Agusta dan beberapa Moge Ducati dan BMW ya 😆 .

26 COMMENTS

  1. Oiya, R6 itu Crossplane gak si Om? Kalo denger dari suaranya si kaya bukan Crossplane ya, lebih ordinary suaranya kaya 600cc lainnya, macem gsxr600 & cbr600.
    Kenapa Yamaha gak meng Crossplane kan R6 ini seperti kakaknya R1 atau MT series?

    • Sebenernya bisa aja mungkin mas, tapi kayanya pasar 600 udah ga segemuk dulu yang membuat investasi semacem ini terlihat ‘mahal’. Cmiiw

    • R6 itu inline 4 180 derajat mas, gak crossplane. Mungkinbke depannya mas, dan bener segmennya udah tipis

  2. Saya rasa ini adalah pencerahan paling bermanfaat. At least penjelasan diatas biasanya tepat untuk motor2 yg kita pakai dan disiapkan untuk harian. Ex: er6, saya pakai harian ya businya cukup den*o dan betul, oli “standar” sudah cukup. Tapi motor yang saya beli dengan nilai emosi yg cukup tinggi ( gengsi ), well businya langsung Bri*k dan secara otomatis sudah di detailing (pdahal ga kotor).

  3. miara RC200 ternyata mirip ky miara 250 CC Jepang, oli OEM motorex harga na hendon ane ganti sedikit lebih murah pake Motul 7100, sebenernya Motul 5100 jg cukup tp ane mah biar penggantian oli na lumayan lama, skrng aja oli udh 8 bulanan tp kilometer br kepake 3000 an, dipikir² klo ngikutin kilometer 7500 bisa² penggantian oli bs setahun sekali 😅 ( short trip & daily use ), filter oli ane ganti yg bahan kawat kasa biar bisa d bersihin, busi pake yg Iridium biar ganti na lama ( OEM kepake 13.000 an udh mulai engga enak ) tinggal filter udara aja nih beli yg bs d cuci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here