Mesin Firing Order 270 Derajat Yang Semakin Populer

8

Sobat MMBlog sekalian, pabrikan motor apapun, saat ini, nampaknya sudah mulai meninggalkan produksi sepeda motor dengan mesin empat silinder segaris atau yang lebih dikenal dengan sebutan inline-four. Inline-four, sudah gak lagi jadi prioritas, IMHO (kalau dilihat dari varian-varian motor yang ada saat ini). Inline-four, saat ini di banyak belahan dunia, terutama yang familiar dengan mesin ini, menganggap inline four adalah mesin yang tradisional, dan babak baru, akan dimulai dengan mesin inline-twin 270 derajat firing order.

Temen-temen bisa lihat sekarang, inline-four saat ini hanya terbatas ke motor-motor yang memang sudah eksis lama. Kalau enggak superbike 600/1000 CC, ya Nakedbike 750/1000 CC. Beda dengan lima tahun silang yang variannya lebih luas, ada 400,600,750,800,900,1000,1200,1400, sekarang udah makin mengerucut, terutama untuk kelas middle-weight alias tengah-tengah, pabrikan lebih demen bikin motor dengan mesin inline-twin 270 derajat.

Dari pabrikan Jepang, Honda dan Yamaha sudah merasakan akan nikmatnya jualan motor inline twin model begini. X-ADV, Vultus, NC series, Africa Twin, intinya hadirlah motor-motor “unik” untuk konsumen. Yamaha, juga semakin konsisten membuat motor dengan mesin begini, mesin yang diproduksi di Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan CP2, semakin luas pemakaiannya di berbagai motor, MT-07, Tracer 700, XSR700, Tenere 700, wah, mantap. Suzuki juga rencananya akan punya recursion atau twin yang menganut model ini. Kawasaki? Nampaknya pabrikan ini yang lebih ingin menghadirkan inline four untuk line-upnya.

Pabrikan Eropa? Ini apalagi, KTM dengan 790 series, Triumph dengan klasik series. Intinya, mesin twin dengan firing order 270 derajat makin populer. Mesinnya kompak, suaranya unik, tarikan dan torsinya bagus, minim kekurangan lah intinya. Tapi di Indonesia, inline-four nampaknya masih jadi primadona. Hmm, gimana Sob? tinggal menanti motor berfiring order 270 derajat di motor CC kecil nih kayak 250 CC, mungkin gak ya? kayaknya sih susah. Oke deh, semoga berguna yah Sob!

8 COMMENTS

  1. Videonya dong mang ..biar g perlu melipir ke yutub..bye mt07 keren bgt..mt25 g perlu pk hedlem mt15 yg robotik ..cukup pk desain mt07 biar g jauh2 dr desain mt25 lawas

  2. Contoh Mesin twin silinder 250CC suara moge ya Benelli TNT 250,terus Benelli Patagonian eagle suaranya juga merdu kaya moge,tinggal nunggu dah pabrikan jepang ngembangin mesin twin silinder 250 CC suara moge,biar asoy aja di jalan bikin ngga ngantuk 😁

  3. Saya malah lebih demen suara mesin V ketimbang inline kang, baik itu yang 2, 4 silinder, atau lebih. Gatau kenapa, lebih enak didengar aja imo

  4. semoga nongol 250cc 2 silinder 270 derajat ahh,, aminnn.. haha
    ini firing order paporit ane nih.. suara khas dan berkarakter..
    Inline 4 di indo masih primadona dan di dewakan, tpi sayang dari sejumlah byk yg memprimadonakan ini hanya segelintir yg mampu beli, lainnya cuma jago jass jess joss aja ahahhahaa.. dan ini jg yg bikin pabrikan keki sbnrnya, “pasar” minta lebih, giliran dikasih yg lebih ehh gag di beli, hahahaha.. esmosi kadang menanggapi netijen2 yg lutju2 itu..

  5. enaknya mesin twin 270° tuh suaranya bisa ala2 v-twin tapi ga harus mengkorbankan biji deket2 head cylinder 😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here