Yamaha MT25 Fully Upgraded, Atau Kawasaki ER6n (Keduanya Seken)? Pilihan Yang Sulit!

13

Sobat MMBlog sekalian, dulu, dulu banget, MMBlog sempat merasa apatis terhadap perbandingan antara Yamaha R25/MT25 Fully Upgraded VS Kawasaki ER6n dalam kondisi keduanya seken. Kedua motor, sejatinya menempati kelas yang berbeda. Secara global, Yamaha MT25 masuk ke dalam kategori entry level/light sportbike, sedangkan Kawasaki ER6n, masuk ke kategori middle sportbike. Dulu, MMBlog dengan lantang menyuarakan bahwa kalau disuruh milih, MMBlog akan pilih ER6n seken dibanding MT25 modif, sekarang setelah punya MT25 modif, hmm, rasanya jadi berbeda ya :mrgreen: .

Yamaha MT25 Fully Upgraded bisa dibilang memang enggak murah. Jika harga Yamaha MT25 seken ada rentang 30 Jutaan, lalu dilakukan upgrade 25 Jutaan hingga menjadi Yamaha MT-03 Super, harga total dari motor ini mepet-mepet Kawasaki ER6n seken yang lazim dijual di 65-70 Juta Rupiah. Yups, total biaya Yamaha MT25 Fully Upgraded bisa dibilang 55 Jutaan Masbro. Kawasaki ER6n, kalau temen-temen beli teliti, 65-70 Juta sudah dapat unit yang siap pakai, jadi gimana?

MMBlog punya opini seteleh kurang lebih sebulanan riding bareng Karebet aka Yamaha MT25 Fully Upgraded 321 CC. Motor ini, bisa dibilang sebagai partner berkendara yang luar biasa. Gak lebay, ada beberapa hal di ER6n yang pasti enggak akan bisa didapatkan di Yamaha MT25 Fully Upgraded. Pertama adalah bobot, Yamaha MT25 Fully Upgraded bisa dikatakan sebagai motor yang ringan banget! Kalau spek Yamaha MT25 standar bilang bobot totalnya 165 Kg, begitu diganti knalpot aftermarket, MMBlog yakini bobotnya terpangkas, dan bisa jadi 160 Kg. Bandingkan dengan Kawasaki ER6n yang bobotnya 205 Kg? Beda 40 Kilo-an.

kalo ini mbahnya MT

Dan ini, amat sangat dirasakan, alias kerasa banget! Kontrol motor jadi gampang! Makanya, secara PWR, kedua motor sebenernya boleh diadu masbro. Beneran nih, akselerasi Karebet tuh gak main-main lho, ini motor ngibrit memang! MMBlog belum ganti filter udara aftermarket, nambahin gear belakang satu mata, sama per kopling aftermarket yang bisa bikin motor bernafas lega dan lebih nonjok, kalau udah, pasti lebih ngibrit lagi ini motor. Ada lagi panas mesin, perkara kenyamanan, handling, wah, MMBlog sih vote Yamaha MT25 Fully Upgraded! Jauh ini sama ER6n. Mau kaki-kaki tambah gambot juga ada tuh pelek Chemco yang jadi aksesoris resmi Yamaha MT25, ban belakang bisa pakai ban 160, layaknya ER6n.

331 CC

Itu adalah keunggulan Yamaha MT25 Fully Upgraded, tapi jangan salah, Kawasaki ER6n juga punya keunggulan mutlak. Apa itu? Kubikasi bersih 650 CC !! ini yang jadi benefit ketika temen-temen butuh praktikalitas dan privillage parkir di lobby mall ketika temen-temen mungkin mau meeting atau apa dan butuh waktu cepet. Dan buat yang baru mau punya moge, ya mau enggak mau lah, ER6n adalah moge yang paling terjangkau saat ini masbro. Tapi buat MMBlog yang udah pernah punya ER6n, terus punya Motor empat silinder, memiliki Yamaha MT25 Fully Upgraded adalah sebuah keuntungan tersendiri.

Wong standar MT25 aja udah enak, gimana diupgrade coba? Dan mesin dua silinder Yamaha ini emang bisa dibilang masih tidur, masih banyak potensi yang bisa dikembangin! Gimana Sob? #TeamER6nSeken atau #TeamYamahaMT25FullyUpgraded nih?

13 COMMENTS

  1. Sorry oot Om, kenapa Ninja SL 250 di luar negeri gak ada versi 300 nya ya kaya sodara 2 cylinder nya (Ninja 250 & 400) atau R25 & R3? Padahal CBR250R ada versi 300 nya juga diluar

    • Mungkin 250SL cuman ngarah pasar lokal dan sekitarnya aja, jadi gk terlalu di ‘explore’ lagi buat pengembangannya. Kalo ninja250/300, cbr, r25/r3 arahnya udah buat pasar global, jadi emang butuh pengembangan yang serius. IMHO

  2. Alasan umum orang2 memilih moge adalah gengsi dan performa (CMIIW)….
    Nah untuk performa ini, aku merasa om Vandra belum membahas banyak di thread ini…
    Mungkin bisa di bahas di next tread performa (acceleration, top speed, etc.) ER6N vs MT03…
    Walaupun memang bukan komparasi apple to apple, tapi karena harga secondnya lumayan dekat, bisa jadi pertimbangan lebih buat yang mau meminang ER6N atau memodifikasi MT25nya.

    Karena mungkin saja akan ada komentar “ngapain beli ER6N kalau MT25 modif bisa nyamain performa ER6N”

  3. Berat di ongkos kalo blm mapan kayak ane.. tambahin sedikit om yg belum di bahas, mslh pajak n harga purna jual, bbm, panas bikin biji mateng gak..

  4. Hmm.. ER6 aja deh, No Replacement for Displacement hehe

    kalo saya berangkat dari user 125CC yang punya duit segitu, baru saya beli MT25, pas udah bosen dimodif sampe mentok

    kalo berangkat dari user 250CC, ER6 dong

  5. MT25 itu seksi dari belakang ke tanki….apalagi yg black matte….
    gemes pen headlampnya ganti bulet…
    apalagi kalo mesinnya 320cc waduh sleeper bgt

  6. Setelah bbrp bulan bolak balik baca tentang MT25 disini akhirnya saya ambil MT25 juga. Tapi saya beli second. Saya mau tanya terkait recall apa masih bisa ya bro? Krn MT saya lama ngangkraknya. Dapet tahun 2015 dgn corak sama seperti om vandra km nya masih 1000, bener2 fresh like new. Cuma belum pernah recall krn kesimpen terus.
    Saya di daerah depok, saya coba dtg ke bbrp dealer R di depok mereka bilang masa klaim sudah habis.
    Bagaimana ya bro? Mohon bantuannya krn saya mau pake buat daily supaya gak ada trouble. Thanks before broo..

    • Halo bro. Wah mantap jadi juga ya beli MT. Perkara part yang kena recall, MT saya juga kayaknya belum ada penggantian deh. Ya mau enggak mau kudu rogoh kocek bro, atau nanti saya coba ke dealer dds jakarta ya, kalau memang sama aja masa klaim udah abis, ya berarti harus bayar untuk ganti partnya.

  7. Pengennya sih unit baru, tapi apa daya dananya gak cukup. skrg nabung lg buat beli set USD R25 ma racun 300cc om vandra hahahaaa.. Saya tunggu update dari om vandra ya, atau kalo tidak merepotkan bisa info saya via email. terima kasih banyak om.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here