Upgrade Yamaha R25 Ke R3 Rame, Kenapa Gak Ada Upgrade Ninja 250 Ke Ninja 400?

10

Sobat MMBlog sekalian, artikel tentang upgrade mesin Karebet aka Yamaha MT-25 menjadi 321 CC dengan menggunakan blok kit Yamaha MT-03/R3 ternyata mengundang komentar menarik dari Om No Name. Sebelumnya, udah ada juga yang komen senada dengan beliau pas MMBlog rilis artikel perkenalan si Karebet (apa om No Name juga yah? 😆 ). Komennya adalah pertanyaan, kenapa kok Ninja 250 Fi gak ada yang diupgrade jadi Ninja 400 CC? Menarik kan?

Setelah membaca komen tersebut, praktis, MMBlog langsung mengakrobatkan jemari untuk browsing lebih lanjut. Melihat di Internet, browsing sana- browsing sini, ternyata emang belum ada artikel terkait modifikasi Ninja 250 2018 menjadi Ninja 400. Ada artikel lawas, modifikasi Ninja 250 dengan menggunakan blok mesin Kawasaki Ninja 300, itupun Cuma satu artikel lho, gak banyak yang bahas, hmm, ada apakah ini? MMBlog punya beberapa pendapat dan analisa masbro.

  1. Baik itu Kawasaki Ninja 250 dan Ninja 400 bisa dibilang adalah motor yang benar-benar baru, mesinnya pun baru. motor ini baru dirilis ke publik tahun 2018. Jadi mungkin, part-part, terlebih mesin, belum banyak di stok dan dijual umum segampang Yamaha R3.
  2. Rider Ninja itu racing atau speed passionnya mungkin gak sebesar atau seantusias rider Yamaha. Yaudahlah, udah cukup kok performa ninja 250 standar. Ganti knalpot aja, pasang piggyback, setting yang bener, udah kenceng kok. ngapain oprek mahal-mahal?
  3. Rider Ninja beli ninja ya untuk gaya. Ingat istilah ora ninja ora cinta? Gak ada akan ora R25 ora cinta? Lebih seneng modif dengan warna-warna ngejreng, ban cacing, atau modif jambrong.
  4. Mungkin emang gak plug and play. Bisa jadi lubang di crankcase kudu digedein alias dibubut supaya blok Ninja 400 bisa masuk sempurna. Kalau ini emang bikin repot lho. Bore x stroke ninja 400 adalah 70 x 51,8 mm sedangkan ninja 250 Bore x stroke nya 62 x 41,2 mm. Tuh, langkahnya atau strokenya ternyata juga beda nih, selain bore up ternyata juga stroke up. Kalau R3 sama R25 strokenya sama masbro, 44,1 Cuma bore-nya aja yang beda.
  5. kalau dipaksakan, biayanya bisa buat beli Ninja 650 seken, terus buat apa dong?

Nah, mungkin itulah sebab-sebab kenapa belum ada Kawasaki Ninja 250 yang diupgrade jadi Kawasaki Ninja 400. Walaupun memang, powernya lebih besar dan lebih ngejambak dibandingkan dengan Yamaha R3. 44 Hp On Wheel lhooo. Oke deh, semoga bisa berguna yah Sob.

10 COMMENTS

    • Sosis Ndamsu Sonyoloto …. Ni sport fairing ngiwebih banget coiyyy…… Sport fairing? Yaa ninja… Bloger R2? Yaa ngiwebih….. coiyyyy…….

  1. Mungkin jg karena perubahan kubikasi yg agak banyak, jd mungkin jg material yg harus diganti jg lebih banyak .. sedangkan kenaikan power tidak begitu signifikan… Hanya torsi saja yg dikejar… Mungkin ini juga untuk menjaga keawetan mesin.. imho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here