Merasakan Ergonomi Suzuki Katana, Tercipta Untuk Speeding dan Cornering!

8

Sobat MMBlog sekalian, setelah artikel first sight impresion motor yang karismanya tinggi banget ini, saatnya MMBlog cerita tentang pengalaman MMBlog duduk di motor yang bernama Suzuki Katana. Sejatinya, motor ini menggunakan mesin dan sasis yang sama dengan milik Suzuki GSX-S1000 series yang pernah MMBlog aspalin tahun lalu di Ibukota. Sekarang, gimana dengan Suzuki Katana? Motor yang dulu pernah punya julukan flying machine ini, ternyata tetap enggak berubah.

Pertama kali MMBlog duduk di sadel dan meraih setang Suzuki Katana, dan menaikan kaki ke footstep, yang terlihat di depan MMBlog adalah jalanan aspal yang mulus, lurus, dan diujungnya ada tikungan yang menggoda dan memanggil-manggil untuk dihampir dengan cepat dan penuh gairah, halah! Seriusan. Motor ini, ternyata punya ergonomi yang berbeda dengan Suzuki GSX-S1000 series.

pasti jinjit

Suzuki GSX-S1000 series, ergonominya masih berasa lebih humanis, lebih natural. Tapi enggak ternyata untuk Suzuki Katana. Suzuki Katana seperti menginginkan ridernya untuk membawa motor ini lebih cepat, lebih cepat, lebih cepat dan lebih tajam ketima menemui yang namanya apex aka tikungan! Badan, ternyata agak dipaksa untuk menjorok ke depan, enggak terlalu tengkurep sih, tapi area dada kebuka karena setangnya lumayan lebar. Visibilitas ke depanpun ternyata sangat bagus dan clear, rider sepertinya dihipnotis agar hanya untuk mmeperhatikan jalanan saja, bukan speedometer, bukan motor lain, atau objek lain, hmm.

Terlebih lagi, footstep motor ini ternyata juga agak mundur ke belakang masbro. Kaki lumayan nekuk, mengingatkan MMBlog akan footstep motor supersport atau superbike! Nah, kombinasi ini ternyata lumayan bikin gairah dan napsu bejek gas keluar! Feel-nya memang gak in the bike, tapi percayalah, kita kayak pengen betot gas! Throttlenya ringan menggunakan kabel, walaupun ini full sensor! Koplingnya? Gak terlalu empuk tapi juga enggak keras, pasnya sih membal banget dah! Ini agak riskan, kalau kotor bisa jadi keras masbro.

Tapi hal berbeda dirasakan ketika menjadi boncenger, lho kok berasa nyaman banget ini ya? ergonomi ini, agak nyentrik, dan mirip dengan ergonomi MV Agusta Brutale terbaru yang bener-bener ngajakin ridernya untuk ngotot dan siap tempur! Gimana Sob? udah siap? Nantikan review riding MMBlog yah โ€“ kapan tapi? :mrgreen: . sekian, terima kasih, dan semoga kepengen! Motor ini udah dipajang di PRJ loh, booth Suzuki, main aja yah!

8 COMMENTS

  1. Wow…hitam manis..kalo punya motor kek gini tak namain “si mehong”…gagah bener..sasisnya super seksi,kalo liat sasis kawak h2 ,,ngeri2 gimana gitu..mesin segede gaban sasis kek tusukan sate๐Ÿ˜‚

  2. kayak ergonomi GSX S150 (dan Bandit 150) kali ya, setang medium ketinggiannya, tapi kaki nekuk,,,,, btw istilah in bike maksudnya bagaimana ya mas? tadi baca artikel KLX 230 ditulis in bike, sedangkan Katana 1000 bukan, plis jelasin donk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here