Yamaha YS125, Sport Entry Level Yamaha Yang Bisa Rusuhin Honda Verza!

26

Intro

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, blogger senior Wak Haji TMCBlog, sempat mempublish artikel mengenai sebuah patent teknologi Combi Brake yang tersemat di motor sport entry level Yamaha. Patent ini di unggah di website PDKI Sob. menarik, selain karena ada combi brake system, motor yang disematkan di teknologi ini juga lumayan greget untuk dibahas. Kalau melihat gambar patent, motor yang bersangkutan adalah Yamaha YS125. Pengen tahu kelanjutan ceritanya? Yuk masuk lebih dalam lagi, tapi jangan keluar dulu pas di dalam yah Sob :mrgreen: .

Seperti pabrikan-pabrikan sepeda motor pada umumnya yang fokusnya lebih ke nyari untung daripada nyari passion yang malah bisa bikin buntung, Yamaha juga punya varian sport entry level. Sudah puluhan tahun motor ini menjadi bagian dari β€œrakyat” yang membutuhkan motor daripada menginginkan motor. Di seluruh dunia, baik itu negara berflower ataupun negara maju, motor ini dikenal dengan nama Yamaha YBR125.

Yamaha YBR125 adalah motor sport 125 CC yang peruntukkan memang sebagai motor pekerja. Evolusi demi evolusi hadir di motor ini di tiap zaman, dan tiap tempat motor ini eksis. Di Asia, Afrika, Eropa, Yamaha YBR125 punya wujud yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan lampu bulat retro, ada yang bentuknya semi cruiser, ada juga yang bentuknya ala-ala motor sport India macam Bajaj Pulsar. Tapi tetap, mesinnya sama, 125 CC, satu silinder, berpendingin udara. Yang penting bisa gelinding, dan irit.

Seiring dengan berjalannya waktu, yang namanya produk, pasti ada life cycle-nya, ada umurnya, ada masa-nya. YBR125 yang beken itu, akhirnya di Eropa, mulai digantikan eksistensinya dengan sepeda motor yang bernama Yamaha YS125. Yamaha YS125, tampil dengan desain yang lebih dengan dengan Yamaha XJ, Cuma karena ini satu silinder, gak mungkin juga dikasih nama Yamaha XJ125 πŸ˜† .

Contents

26 COMMENTS

  1. ban ring 18 inci? apa ada motor di Indonesia pake ring 18 inci? ribet kalo ganti ban, ga ada yg jual kali.
    Mesin 150cc, ban ring 17, rem belakang pake cakram, swing arm dibesarin dikitlah, kurus sekali armnya kaya jupi Z punya, bakal bagus ini motor.

  2. mesin pake Byson jangan 125cc tp laku mah pasti sedkit karena yang mw beli sport murah pasti ke Hodna. Tp Verza meskipun sport murah ada juga bikernya yg hobi pepet2 dan kebut2an. Udah agak lama juga wkt pulang dr kerja di peped ama Verza pas lg nyalip boil akhirnya ngintilin, ketemu trek lurus lngs betot dia, padahal sport murah kok bisa mikir bakal menang lawan MX King ya? Logika yang aneh…

  3. Mindsetnya ke CC aja indo mah ,padahal 125 CC jg lebih dari cukup .harganya pun pasti lebih murah dari 150 CC .pajak jg lebih murah .lebih irit dll dsb .apa lagi kalo buat comuter doang .
    Liat kei car jepang yg CC nya banyak dibawah 1000 .

  4. Bikin double cakram,kelistrikan DC,lampu bohlam ngga apa apa kan bisa ganti ke LED aftermarket yg penting udah DC,harga juga yg menentukan laku apa ngga,shock price 17 – 18 jutaan

  5. Bodynya mayan sih, dikasih mesin suzuki New Thunder 125 + injeksi enak banget itu udah. Irit, tarikan atasnya nampol, buat jalan jauh enak.

  6. SI MONKEY BANYAK CAKAP KAU
    AKUU SIHH YESS…
    BELI JUGA KAGAK LOE…..
    MT15 NOHH BELI AUTO BELI..

    JANGAN NGARAP DISKON YIMM DOANG…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here