Pengalaman Nge-Dyno Yamaha FZ6 Fazer S2 aka Mas Moel di TDR Technology Center, Intinya Sih GOKIL!

8

Intro

Sobat MMBlog sekalian, kemarin, tanggal 12 April 2019, hari Jumat, MMBlog menyempatkan diri untuk datang ke TDR Technology Center. Ada agenda apaan Mas? Lagi ada kerjaan bareng Mas IWB nih, hehehe. Intinya, ke TDR Technology Center untuk mendyno si Green Tukijo, Kawasaki Ninja 250 milik Mas IWB, nah, kalau temen-temen lihat sosmed Mas IWB, ketahuan lah mau ngapain :mrgreen: . MMBlog juga baru tahu, kalau di TDR Technology Center ada mesin dyno, dan ini asli cakep, siap untuk tunning, atau sekedar memuaskan rasa penasaran temen-temen akan gimana kondisi motor temen-temen.

Di TDR Technology Center, sistem Dyno disini dihitung per-jam. Untuk biaya Dyno, perjam-nya adalah 300 ribu rupiah Sob. MMBlog mikir, kalau emang motor Mas IWB selesai di Dyno gak sampai sejam, bisa gak ya diganti sama Mas Moel, dan wuih, ternyata boleh dan bisa Sob! mantab ini, memang sih, proses dyno itu butuh beberapa tahapan. Naro motor dan masang perangkat dyno ke motor juga butuh effort. Nih urutannya:

Motor ditaro dulu di dyno, di pas-in lah. terus ada kalibrasi lagi di mesin dyno dengan menyesuaikan bobot motor dengan mesin dyno itu sendiri. Untuk motor Mas IWB ada 3 lempeng besi berat yang dipasang di mesin dyno, sedangkan untuk Mas Moel ditambah 1 lempeng besi lagi, biar pas karena bobot Mas Moel kan lebih berat ketimbang Green Tukijo. Selesai? Belum Sob.

Ternyata, O2 sensor di copot, dan dipasang dengan sensor mesin Dyno. Terus, ada soket di injektor yang juga di lepas dan dipasang ke leptop. Disitu kelihatan deh semuanya Sob. istilahnya, kalau orang, mungkin lagi test treadmil kali yah. oke, Mas Moel ini ada 4 kali running, mantaaab! Running pertama, didapat tenaga di 63 HP, loh kok kecil :mrgreen: . wah, ternyata emang belum sampai redline.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here