Part Kawasaki KLX230 Tertangkap Kamera, Siap Rilis? Jalan Tengah KLX125 dan KLX250?

2

Sobat MMBlog sekalian, sebagai pabrikan yang enggak bermain di segmen gemuk dan berdarah-darah macam skutik entry level, tentu Kawasaki Indonesia memang harus pintar-pintar bermain di kelas yang pemainnya kosong, tapi tetap punya potensi. Selain unit sport, Kawasaki juga makin kesini, makin kental dengan motor garuk tanah atau trail, atau dual purpose. Nama KLX, sekarang udah gak asal jadi motor terabasan aja, warnanya yang semakin fancy, membuat motor ini juga makin cocok untuk motor life-style. Nah, ada yang unik nih, tertangkap kamera masbro, salah satu part dari calon KLX baru, yakni KLX 230!

Udah dari lama sebenernya berhembus rumor mengenai Kawasaki KLX 230 ini. Melihat penjenjangan dan gap yang terlalu jauh antara Kawasaki KLX150 dan KLX250, maka akan sangat logis dan menguntungkan apabila di tengah-tengah motor ini diisi oleh satu motor. Gapnya mulai dari harga, mulai dari spek, dll. Gap 30 juga vs 70 juta adalah Gap yang lumayan jauh, mesin 150 CC pendingin udara vs mesin 250 CC pendingin air DOHC juga lumayan jauh, makanya, akan asyik kalau ada tengah-tengahnya.

MMBlog pribadi belum tahu menahu perkara mesin apa yang akan diusung oleh Kawasaki di Kawasaki KLX 230. Kemungkinannya bisa banyak. Bisa jadi mesinnya menggunakan mesin baru, 230 CC, yang platformnya mirip dengan Kawasaki KLX 150. SOHC, pendingin udara, mesin-mesin yang lazim digunakan di motor sport tahun 2000-an, kayak Tiger dan Scorpio. Kemungkinan keduanya, adalah mesin Kawasaki Super Sherpa, alias trail atau dual sport lawas Kawasaki. Bermesin DOHC, 250 CC, tapi pendingin udara, ya di bore-down aja jadi 230 CC. Bisa jadi juga motor dengan spek kompetisi, soalnya kan kompetitornya macam Yamaha TTR230 dan Honda CRF230 adalah motor trail murni.

“Tapi, speknya bukan bore up dari KLX150. Banyak yang beda mesinnya dari 150 cc,”, seperti yang MMBlog kutip dari M+. Harusnya sih ya, udah pakai injeksi nih. sekarang udah agak susah sepertinya kalau CC agak gede begini tapi masih pake karbu, susah untuk lolos uji emisi maksudnya Sob. hmm, kita tunggu aja gimana kelanjutannya ini motor. Kayaknya sih tahun ini bakalan dirilis masbro. Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga sabar yah!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here