Zero SR/F, Motor Listrik Yang Bertorsi Hampir 2 Kali Lipat Suzuki Hayabusa!

8

Intro

Sobat MMBlog sekalian, lagi iseng-iseng buka internet melalui browser chrome, ternyata MMBlog dusuguhkan artikel mengenai motor baru dari Zero yang bernama Zero SR/F. Motor ini adalah motor baru dari Zero yang kalau MMBlog boleh jujur, MMBlog demen banget ama tampilannya. Modelnya nakedbike/streetbike banget, humanis, agak-agak punya garis desain yang mirip dengan Yamaha XJ6, intinya secara desain, demen banget lah. Tapi ternyata, pas baca kemampuannya, bikin tambah demen!

Zero Motorcycle, pabrikan kendaraan listrik asal California, Amerika Serikat, bisa dibilang enggak terlalu banyak punya varian kendaraan. Sebelumnya, Zero hanya memiliki varian Zero F yang konsep motornya seperti motor trail atau motor enduro supermoto. Kemudian ada juga Zero DS yang modelnya seperti motor adventure, dan generasi sebelum Zero SR/F, adalah Zero S, nakedbike yang masih ada cita-rasa motard-nya, dan hanya menggunakan satu cakram untuk rem depannya.

Nah, Zero SR/F adalah motor listrik dari Zero yang bisa dibilang lompatannya jauh banget dari generasi motor-motor Zero sebelumnya. Media-media luar negeri, menyebutkan dan menganalogikan kendaraan ini sebagai โ€œhigh performance beastโ€. Sebegitunya, emangnya istimewanya apa? Motor listrik terbarunya ini, bisa mengeluarkan tenaga hingga 110 daya kuda. Halah! Itu mah sama aja kayak motor-motor supersport, iya emang betul sih, tapi tahu gak torsinya berapa?

Motor ini ternyata bisa mengeluarkan torsi hingga 190Nm! Torsi segini gak bisa didapetin di motor-motor bensin produksi massal, hampir dua kali lipat Suzuki Hayabusa lho torsinya, palingan kalau mau maksa ya sandingannya mesin V8 dari Boss Hoss ๐Ÿ˜† . kalau generasi sebelumnya bisa ngacir tanpa kesulitan di setiap rentang kecepatan, maka Zero SR/F memiliki akselerasi seperti roket! Torsi motor sebesar ini, tentunya akan โ€œditahanโ€ dengan perangkat pengereman dari Spanyol, J.Juan (asli, MMBlog baru tau ada merek sistem pengereman J.Juan :mrgreen: ).

Untuk rem-nya, menggunakan dual disc brake, 320 mm, dengan di jepit oleh dua kaliper rem radial dengan total 8 piston di kanan dan kiri-nya. Kenapa pakai J.Juan? J.Juan ini demen beratraksi dan bereksperimen dengan membuat kaliper rem yang bentuknya lebih futuristik, dan eksentrik. Ya pabrikan rem lain melihat Zero hanya produsen kecil Sob, gak greget lah :mrgreen: .

Contents

8 COMMENTS

  1. kendaraan listrik torsinya emang gede, tp kerasanya di kecepatan bawah sampe tengah doang, di kecepatan tinggi ya tetep aja ngos-ngosan kalau suruh lawan mesin bakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here