Yang Main Duluan, Yang Akan Terlihat Banyak di Jalanan

19

Sobat MMBlog sekalian, di artikel ini, ada sahabat komentator yang bernick-nam KalengKaleng mengutarakan pendapatkan kalau MMBlog telah SALAH beropini tentang artikel Moge. Namanya di kritik dan dibilang salah, sebagai insan manusia yang baik dan harus terus belajar, MMBlog langsung instropeksi 👿 . hmm, menarik, karena mungkin menurut Bro KalengKaleng, Moge Honda gak banyak terlihat di jalan dan kurang diminati karena faktor prestige and price dan komunitasnya dikit, yang banyak adalah merek lain, menurut sepemantauan dan sepenglihatannya, ini yang menarik.

MMBlog gak akan bilang menurut mata sendiri dan pemantauan MMBlog di jalan, ngapain lihat dijalan, wong MMBlog pribadi udah masuk ke ranah dan ruang lingkup Moge Indonesia kok :mrgreen: . faktanya, memang betul, Moge Kawasaki, Moge Yamaha, Moge Eropa, Moge Amerika macam HD, memang terlihat lebih banyak, karena apa? Karena price? Karena pride? Karena prestige? Ya ada benernya juga kok, tapi masbro kudu inget, mereka ini adalah:

PEMAIN LAMA :mrgreen: .

Kawasaki, bisa dibilang yang paling beruntung, karena bisa masuk ke segmen moge di mana saat itu pajak impor moge dan regulasinya belum SEGILA sekarang. Menjadi pemain resmi dan konsisten sejak tahun 2011, maka secara murni KMI udah main moge selama 8 tahun di Indonesia. varian menariknya adalah ER6n, Ninja 650, ZX6R, Z800, Z900, ZX10, semuanya ini mendapat sambutan yang baik dipasar karena ya itu tadi, main duluan, terutama ER6n, Ninja 650, Z800, dan ZX6R.

Yamaha juga demikian, pabrikan Garputala memulai debut permoge-an secara konsisten dan mantab mulai tahun 2012-2013. Variannya jelas banget yang dikeluarin, Yamaha R6, Yamaha R1, T-Max dan V-Max. Untuk R1 dan R6 langsung laris manis! Sama, pajak saat itu belum se-sintinkx sekarang buat moge, masih enak lah.

Lalu, tahun 2015 kemarin, AHM baru ikut nyemplung ke segmen yang amat sangat segmented ini, total berarti baru 4 tahun AHM jualan Moge. Sebenernya bisa dibilang prestasinya cukup baik, terutama di varian CB500 series. Dan yang perlu diketahui kalau AHM memang hanya mengimpor sedikit unit moge, gak menjadikan moge sebagai core bussiness, kan ada Honda BeAt, beda ama Kawasaki yang Moge memang jadi salah satu core bussiness-nya.

Pabrikan Amerika? HD, buset, HD dengan mabua mah udah dari zaman kuda gigit besi masuk Indonesia 😆 . Suzuki? Suzuki sebenernya lebih lama main moge dari pabrikan Jepang lain, tapi kayak stop and go, coba kalau konsisten, pasti mantap! di sini, MMBlog gak belain siapa-siapa, lagi-lagi hanya beropini dan menganalisa fakta-fakta yang udah terjadi. Gimana Sob? ada opini tambahan? Semoga berguna yah! makanya, jangan remehkan pemain lama :mrgreen:

HD, motor langganan jatoh bego

Btw, thanks om kalengkaleng atas komennya, jadi ada bahan artikel nih.

19 COMMENTS

  1. Ada benarnya pendapat si komentator.
    Gak usah jauh-jauh, cb650 yang baru aja diluncurkan kemarin lansung berhadapan dengan yamaha MT-09 yang harganya sekitar 15 juta lebih murah, namun dengan spek teknis yang (menurut saya) lebih unggul si MT.

    Pun dari geng ijo ada Z900.

    Satu-satunya pembeda adalah tampang alias design alias looks. Jika emang demen tampang aliran neo sport cafe, konsumen moge mah gak akan mikirin selisih harga yang ‘cuma’ 15 jutaaan tersebut.

    • Iya Mas Agus, emang ada benarnya. Cuman sayang kalau perkara MT09, itu motor udah sold out semua, dan saya gak yakin kalau dijual unit baru harganya bisa 250 juta lagi. Wong T-max aja 300 juta mas. Kondisinya udah beda sekarang. Nanti saya coba buat artikel komparasi z900 dan cb650r mas

  2. Mantappp cerdas penjelasannya, sebenarnya sangat banyak yang bisa diangkat di dunia per MOGEan tanah air, fenomena moge no paper/surat yatim-bicara pajak mas moel dan kawan” moge lainnya-motor custom dari mesin mobil apakah bisa dikatakan golongan Moge (misal mesin angkot carry 1000an dijadiin moge, alternatif murah)-gelonggongan mesin mobil murah dari negara tetangga ada di ci**ngk* dan be**si harga belasan s/d puluhan juta & apakah ada toko/pusat belanja mesin moge gelonggongan untuk alternatif modif?

  3. Orang awam kayak saya jelas ga paham. Mak wusss… Nguiinnngg….. Motor apa itu?
    Er6n, versys sih gua bisa recognize lahhh….

    Maenan nya orang sugih itu mah….
    Things the well to do play

  4. Emang bisa ya mas ngrakit moge ndiri trus di bikin surat2 ny biar legal, misal kan saya punya mesin seglondong trus rangka dan sebagainy kita bikin sndiri..

  5. Entah kalau menurut saya line up moge Honda saat ini khususnya yang dijual disini seperti tidak memiliki ciri khas yang bisa diceritakan. Ya walalupun ada beberapa yang cukup saya suka seperti Fireblade dan NM4. Sekian kesotoyan saya.
    Semoga MT-07 cepat hadir di negara kita tercinta.

  6. Mungkin design ada pengaruhnya jg om. Karena sepengetahuan ane, moge2 honda itu rata2 design nya harian bgt alias biasa aja. Mirip2 lah sama mocilnya 😀 yg emang motor2 harian.
    Nah konsumen moge kan rata2 make motornya bukan buat harian om, Udah masuk ke ranah hobi jadinya punya moge itu, bukan nya kebutuhan. Makanya mereka biasanya nyari yg modelnya unik2 gitu.
    Moge honda yg laris kyk rebel kan unik tuh modelnya, beda.

    • Yach karena di belahan negara maju,moge itu motor harian, dan bukan barang mewah, beda segmentasi dan behavior konsumen.

  7. tapi ada jenis2 moge honda yang banyak di jalanan, contohnya Goldwing.

    kayanya saya lebih sering liat goldwing dijalanan jakarta dari pada HD.
    eh, Rebel juga kayanya laku ya om? sering juga tuh liat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here