Suzuki Sixteen, Mesinnya Bisa Dikembangkan Untuk Next Gen Matik Suzuki Indonesia!

28

Sobat MMBlog sekalian, pangsa pasar matik di Indonesia nampaknya memang amat sangat menggiurkan dan gurih. Kecuali Kawasaki, semua pabrikan Jepang bermain di segmen ini. Bahkan, gak hanya pabrikan Jepang, Pabrikan India dan Taiwan-pun ikutan juga bermain di segmen yang super gemuk ini. Nah, menarik karena saat ini, Suzuki punya mesin yang sebenernya bisa berjibaku dan kuat untuk bersaing di pangsa pasar skutik Indonesia, emang mesin apaan? Mesin Suzuki Sixteen!

Saat ini, Suzuki Indonesia hanya memiliki line-up matik entry level yang berkubikasi 110-115 CC. Mesin punya Suzuki Address dan Suzuki Nex II. Sebelumnya, Suzuki juga punya mesin 125 CC yang telah digunakan di Suzuki SPIN, Hayate, dan Skywave. Mesin-mesin ini adalah mesin matik dengan satu platform, yaitu non-radiator. Tentunya, agak susah kalau mau bersaing dengan Vario CS yah, tapi dengan mesin Suzuki Sixteen, tentu gak perlu pengembangan lagi.

sumber: boonstrapart

Mesin matik Suzuki Sixteen adalah mesin matik yang sudah menganut pendinginan liquid cooled. Motor ini ada radiatornya, malah lebih unik, kalau matik-matik lain radiatornya ada di belakang, di sisi kanan motor, mesin Suzuki Sixteen radiatornya ada di depan layaknya radiator motor sport! Mesin motor ini SOHC, Over-Stroke, yakinlah kalau torsinya juga bakalan bagus!

Sepertinya, bakalan bagus nih kalau mesin ini disematkan di Next Generation Suzuki Address, ya mungkin Suzuki Address 125? Tentunya ide bagus kan? Gimana menurutmu Sob? apakah Suzuki harus punya matik non maxy scooter 125-150 CC ber-radiator? Kalau MMBlog bilang sih harus yah. oke deh, ditunggu opini temen-temen. Untuk artikel Suzuki Sixteen sendiri, akan MMBlog buat di artikel terpisah okeh!?

28 COMMENTS

  1. mungkin petinggi suzuki mau mendengar masukan yang bqgus ini. karena kalo ingin kembali seperti tahun 90 an mau gak mau harus banyak pilihan produknya. kalo cuma andelin gsx dan nex II JELAS SUSAH.

  2. Suzuki itu aneh, udah tau susah head to head sama samurai jepang lainnya, jatuh lagi di lubang yg sama.. bikin produk dengan biaya pengembangan mahal, diadukan, tapi selalu kalah karena datang belakangan…
    sekarang ada rumor dr150, udah ada dr200 eh di downgrade biar head to head… kita udah kenyang di 150 dan tampilan SE abal2… kita butuh Enduro , mesin udah “nyampak” eh bikin lagi (duit lagi) 150cc yang yakin lebih inferior.
    Enduro bukan grasstrak, gausah latah samain cc.. bukan buat balap

  3. Menurut sy sih isu next DRM150,bebek150 bahkan katana150 bukti mereka g mw rugi krn usah invest gede utk new platform dohc 150 mereka. Bukti jg mindset suzuki msh kolot ogah main sesuatu yg baru out the box apalagi.
    Skutik next address sy ngarepnya sih desain kyk light burgman400 dg proporsi kecil atau mirip vario110 jan sebentar lg mw ganti model.

  4. Menurut sy isu next satulimapuluh DRM,bebeksuper bahkan katana bukti mereka g mw rugi krn usah invest gede utk new platform dohc 150 mereka. Bukti jg mindset suzuki msh kolot ogah main sesuatu yg baru out the box apalagi.

  5. boleh lah mesinnya utk matic 125, yg penting bodynya ga kaya gitu, bakal kurang laku di pasaran.. buat aja next skywave, dengan dek rata dan bagasi segede address dan mesin ini, ciamik pasti

  6. Saya pakai address, kalau dirasa rasa address lebih kena di kepraktisannya, sesuai namanya, bagasi besar yang paling berasa berguna selain 2 pocket decknya. Posisi duduk tegak dengan tenaga cukupan, rasanya belum ada komplain soal tenaga mesinnya yang pas pasan buat komuter perkotaan. Mungkin 125cc liquid cooler lebih cocok kalau mau dipasang di Suzuki matic yang lebih bongsor atau mau ikutan skutik sporty?

    • iya pak, kl saya matic ya selayaknya desain matic lah, dan desain seperti ini ngga bosen.
      saya suka SH150 tapi sayang untuk saya harga kelewat mahal. mudah2an kl ini diproduksi lokal SIS harga jg sesuai kearifan lokal.

  7. Kalau suatu saat ada pabrikan jepun hengkang dari indo saya pastikan merk s roda dua yang balik kampung, karena kurang inovasi dan kurang pintar dalam membuat motor idaman

  8. Suzuki saya suka karakter mesin nya yang “apa adanya” (overbore) ,
    Saya berharap Suzuki tidak putus asa, harapan masih ada jika fu jabrik di produksi ulang dengan mesin sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here