SPBU British Petrolium Hadir di Indonesia Impresinya?

11

Sobat MMBlog sekalian, sekarang persaingan SPBU di Indonesia bertambah lagi dengan kedatangan produsen minyak dari Inggris. Namanya BP atau yang dikenal dengan nama British Petroleum. Kalau masih belum ngeh, tahu produk yang Namanya Castrol Sob? Nah Castrol itu produknya BP. Di Indonesia, BP berkerjasama dengan perusahaan lokal bernama AKR corporindo. BP sendiri merupakan perusahaan minyak yang cukup terkenal di luar dan setara dengan Shell. Dengan hadirnya BP di Indonesia, SPBU asing yang beroperasi di Indonesia menjadi 5, yakni Shell, Total, Vivo, Exxon dan BP.

Bahkan BP sendiri langsung membuka 2 SPBU sekaligus. Pertama di Tangerang dan satu lagi di Cikarang. Untuk di Tangerang, lokasinya cukup mudah ditemukan. Patokannya adalah Ruko Golden Vienna. Untuk yang di Cikarang berada di JABABEKA. Rencananya BP akan membangun 350 SPBU di seluruh Indonesia. Sebuah ambisi yang luar biasa ini!

Di SPBU BP AKR ini mereka menyediakan tiga jenis bensin, yakni RON 90, 92, dan 95. Sedangkan untuk jenis diesel hanya ada satu, dengan Cetane Number 53 dan dikandungi formula khusus ACTIVE.

Fasilitasnya sendiri cukup lengkap. Ada fasilitas bike point, Mesin kompresor udara dan air, hingga kompresor udara nitrogen (segera). Yang unik adalah, BP berkerjasama dengan Alfamart untuk official toko di setiap SPBUnya. Selain itu, SPBU ini buka 24 jam. Jadi cocok buat temen-temen yang bensinnya udah tipis di tengah malam.

Yang menarik adalah SPBU BP memasang teknologi bernama Know Flow. Fungsinya agar operator hanya bisa melayani masing-masing di satu dispenser. Jadi, tiap operator dibekali ID card yang harus di-tapping pada salah satu dispenser. Jadi, operator enggak bisa cheating. Pelat nomor konsumen harus diinput, agar BBM dan struknya keluar, Dengan begitu, konsumen enggak bisa akal-akalan beli bon kosong, keren juga yak.

Impresinya di Yamaha XMAX?

MMBlog mencoba Riding pagi pagi sekitar setengah 6. Perjalanan melalui kampung melayu – kuningan – kemang – pondok cabe – pamulang. Sampai di SPBU sekitar setengah 7. Bensin yang digunakan adalah Pertamax Turbo dan berkurang 1 bar. MMBlog mencoba RON 95 karena penasaran seperti apa impresinya jika dipake di XMax.

Bagaimana impresinya? Sejauh ini memakai RON 95 BP cukup enak. Agak mirip dengan pertamax turbo. Tenaga cukup smooth baik putaran bawah maupun atas. Tidak ada gejala endut endutan. Bahkan perjalanan pulang yang melewati jalur yang lebih Panjang dan durasi lebih lama. Melalui AEON –  ICE – Pamulang – Ciputat – Fatmawati – Blok M – Gatsu – Kalimalang. Bar bensin ternyata tidak berkurang sama sekali.

Setelah MMBlog sampai rumah, konsumsi BBM yang didapat sekitar 32,6 km/l. cukup hemat menurut saya. Apalagi BP sedang melakukan promo bagi pelanggan baru. Setiap dapat 10 stempel, akan dapat 1 liter bensin gratis. Saya rasa tidak ada salahnya mencoba pengalaman menggunakan bensin BP.

Gimana Sob? tertarik? Oke deh, semoga berguna yah!

Dimas S.S untuk monkeymotoblog.com

11 COMMENTS

    • Om Kuyan, *bantu jawab
      Cikarang ada di dekat lapangan golf, jalur dari stadion wibawa mukti ke arah bunderan president university.

      Tirev ni kayaknya kalo pake 92 sdh lebih dari cukup ya?
      (mengingat kompresi dan generasi mesinnya)

    • betul mas, tirev pakai 92 udah lebih dari cukup banget, 90 aja sebenernya udah pas. makasih mas handoyo udah bantu jawab

  1. Mana ekonomis bikin bensin sendiri cuman utk segelintir SPBU gitu.
    Jangan-jangan isinya bensin P*rt*m*n* yg di-rebrand sama BP 😅

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here