Pertamina Akan Babat Pertamini Dengan Ganti Pertashop?! Wah Gimana Ini!

26

Sobat MMBlog sekalian, tercengang ketika MMBlog membaca berita mengenai akan dibabat pertamini oleh pertamina. Bahkan, dengan lantang, pertamina mengatakan kalau Pertamini itu ilegal! Apa alasannya? Katanya karena harganya mahal, udah gitu gak tahu, udah sesuai dengan standar apa belum perkara kemurniannya. Penjual eceran ini juga katanya bertentangan dengan program pemerintah tentang BBM 1 harga. Lalu solusinya? Kalau dibabat, pertamina akan membuat pertashop!

Ngomongin pertashop, berita ini sebenernya udah keluar dan dibahas pada pertengahan tahun lalu. Saat ini, memang belum banyak pertashop yang bisa menolong dan menyapa warga di pedesaan yang jauh dari pom bensin (SPBU), tapi katanya, pertamina akan memperluas jaringan Pertashop hingga 7.300 outlet pada tahun 2020. Dari yang MMBlog baca di otomotifnet, di artikel ini yang dimuat pada tanggal 19 januari 2019, saat ini Pertashop udah 11 outlet di Jawa Barat, 8 diantaranya ada di Sukabumi, 2 lagi ada di Ciamis.

di jalur ini sih gak ada spbu

Akhir tahun lalu, MMBlog sempat menjelajah jalur selatan sukabumi. Sayangnya di jalur yang bisa dibilang masih jalur umum tersebut, MMBlog gak nemuin tuh ada Pertashop (atau memang karena belum ada saat itu ya?). Kalau riding pakai motor under 250 CC sih masih okelah ya, full tank ancer-ancer bisa jauh, tapi naik motor 600 CC empat silinder ciut juga nyali kalau kudu dorong motor 😆 . beruntung, masih ada pertamini eceran yang jual pertalite, walaupun memang harganya lumayan.

Tentu, kebijakan pertamina ini lumayan segar untuk warna pedesaan. Apalagi kalau harganya 1 suara dimanapun. Emang bener sih, harga di eceran itu lumayan bedanya sama di SPBU. Tapi ya itulah, eceran ini bener-bener menolong. Warga juga jadi bantu saling bantu lah. Kata pembeli: Gak ada loe gue repot, kata penjual: ye kasih gue untung dikitlah, kan gue udeh jauh nih ambil bensin. MMBlog juga ngerasain, pas touring di NTT, jarang banget nemuin yang namanya SPBU, eceran juga sedikit :mrgreen: .

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ya tentu saja, Pemerintah dalam hal ini pertamina, kudu jeli dan bisa imbang dalam ambil keputusan. Pertamini aka penjual bensin eceran itu sedikit banyak juga udah membantu temen-temen dipedesaan, kayaknya sih lebih banyak membantunya daripada mereka pengen memperkaya diri kok. dengan adanya eceran roda perkonomian khususnya ekonomi mikro di pedesaan saat ini juga udah jalan. dengan pertashop? Kudu kita pantau bareng-bareng!

Gimana menurutmu Sob? biasanya sobat MMBlog paling mantab nih kalau komen perkara beginian. Di tunggu orat-oretnya yah!

26 COMMENTS

  1. Perusahaan bumenn kok yo tega sama rakyat kecil (apa mereka jengah nama perusahaan diplesetin tanpa ijin), pliss ahh lapangan kerja untuk berpuluh juta orang belum terpenuhi, biarkanlah orang kreatif membuka usaha mereka (konsumen tetep tau kok dimanapun bensin eceran pasti bensin dari pert****a)

  2. Semoga gk beneran ya allah, saya tau betul mereka para pemilik usaha ini.. yang trpenting bnyak dri mereka2 yang cuman mengandalkan dari usaha ini saja.. mau makan apa mereka klo sampe perta***a membabat ny..

  3. Masyarakat mau cari makan aja susah.semua usaha kecil di babat semua.nanti yg jual eceran gmn?kami mohon pemerintah juga harus ingat rakyat kecil.dengan menjual eceran cukup membantu kami untuk keperluan sehari-hari

  4. Sudah membantu pihak Pertamina juga.kalo tidak ada masyarakat yg jual eceran nanti antrian kendaraaan di Pertamina juga membuat macet.masa masyarakat kecil cari keuntungan sedikit di kampungnya saja mau di babat semua.mikir dong

    • setuju nih, pertamini jadi pertashop. untuk harga biar pertamina yg kendalikan, pemilik pertashop dapat untung/pemasukan langsung dari pertamina. kenapa pertamini harga lebih tinggi, ya pemilik pertamini beli BBM di pertamina juga harga konsumen, masa mau dijual sama kayak pertamina? mau kerja bhakti terus?

    • maslahnya pertashop mungkin bisnis lain org pertamina, macam alfa dan indomaret.

      kalu pertamini kan warung kelontong kecil kecilan

  5. perintah bbm 1 harga itu buat pertamina doang kan.Spbu shell,total,dll emg harus juga gitu?enggak kan?ngapain ngurusin orang jual bensin eceran,keblinger sama regulasi nih pertamina

  6. Daripada dibabat habis, lebih baik penjual eceran dijadikan mitra pertamina/pertashop dan diberi training difokuskan ke safety. Krn sering liat orang jual/beli bensin eceran sambil merokok.

  7. 1 harga itu peraturan buat Pertamina,itu alasan aja itu,apa salah masyarakat ambil untung dikit????itu alasan aja biar masyarakat kecil Ng jual eceran.semua biar di makan sama mereka.kayax ini sebuah bisnis juga ini kaya Indomaret sama Alfamart.sampai pertashop masuk sampai kampung2.

    • logikanya di mana sih? penjual eceran kan juga beli dari pertamina dengan harga normal. pertamina sama sekali enggak ada kerugian dengan adanya penjual eceran

  8. kalau membabat dengan cara mengajak pertamini menjadi pertashop aka di jadiin mitra resmi ya setuju.. harga sama rata, kualitas (mungkin) lebih terjamin..
    Pertamini itu ga bisa dipungkiri memang sangat membantu untuk di daerah yang agak pelosok dan juga di desa2, kayak yg mas Vandra bilang, bahkan di daerah ujung genteng, sukabumi yg cukup ramai orang mondar-mandir pun sangat jarang pombensin pertamina, jadi gag ada salah nya juga ada pertamini.. toh mereka beli harga resmi, bukan nyuri,
    Konsumen pun sebenarnya mau gag mau beli pertamini, 1 karena lbh mahal, 2 karena ga tau kemurnian nya, tapi karena pom bensin pertamina sangat jauh ya apa daya.. toh mereka beli dengan kesadaran penuh akan resiko nya..

  9. Lebih baik bermitra,
    Saya setuju dengan om. Pertamini selama ini sangat membantu untuk daerah yg jauh dari spbu. Dan pertamini secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan. Banyak di daerah saya yg ngangur dan bekerja jagain tuh pertamini. Mereka di gaji per hari 25.000-35.000. Mungkin buat kita gak ada apa²nya itu duit. Tp buat sodara kita yg belum memiliki pekerjaan dan pendidikan yg pas²an sangat bersyukur sekali. Sekali lagi, sy setuju juga dgn BBM 1 harga. Tp coba fikirkan untuk bermitra. Jauhkan ideologi kapitalis.

  10. Yang punya gagasan/program/berwenang belum pernah masuk ke daerah yang berpuluh-puluh kilometer ga ada SPBU. Seenak perut nya aja…

  11. Sedikit cerita di kota saya habis kejadian pertamini meleduk. Kota tembakau. Jd pengetatan keamanan perlu tp ya dibimbinglah jgn dibabat. Please 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here