Motor 600 CC Empat Silinder, Benarkah Akan Benar-Benar Punah?

9
kabuto

Sobat MMBlog sekalian, pembahasan mengenai motor 600 CC yang akan punah atau selesai eksistensinya ternyata juga dilakukan oleh blogger senior ahli mesin yang juga praktisi plus akademisi, Om Motogokil. Di artikel INI, temen-temen bisa mengetahui, kalau sebenernya, motor 600 CC empat silinder adalah motor yang paling produktif (dalam hal mengeluarkan tenaga). Hal ini salah satunya disumbangkan dari profil camshaft-nya yang memiliki overlap besar.

Motor jadi bisa mengitir dengan rpm tinggi dan powernya pun besar, tapi dengan overlap yang besar di profil camshaft-nya, motor jadi ada kecenderungan untuk kebocoran kompresi ketika dioperasikan di rpm rendah. Hmm, menarik juga nih, terlihat memang, motor 600 CC adalah motor yang punya limiter rpm super tinggi, kebanyakan pada gila-gila (supersport), 15.000 – 16.000 Rpm cuy! Mas Moel aja nih, yang motor sport touring, dan rivalnya, punya limit rpm di 14.000!

Sebenernya, kalau boleh jujur, riding dengan motor menggunakan motor 600 CC empat silinder, high spec gini ada nikmatnya Sob. motor jelas banget kalau dijalanan mah bisa keep in touch sama motor 1000 CC. Suara juga merdu semerdu-merdunya. Benarkah akan punah? Beberapa pabrikan emang dengan cepat “gantung mesin”, tapi Yamaha, tampaknya selalu mencoba peruntungan dengan mesin yang ada, dan dibuat dengan potensi yang lebih baik.

Temen-temen tahu Yamaha XJ6? Motor ini seriusan, adalah motor yang berbasis mesin Yamaha R6 2004. Tapi, mesin ini telah mendapatkan beberapa downgrade, kok beberapa? Dari mesin R6 yang profil camshaft ber-overlap besar, profile cam motor kemudian di buat lebih mild (lembut dan kalem) untuk Yamaha FZ6, kemudian, mesin FZ6 profile cam-nya dibuat lebih Mild lagi, sehingga jadi XJ6. Toh, XJ6 tetap punya pasar yang bagus, motor yang reliable, dan fun to ride! Sampai sekarangpun masih diproduksi loh.

Walaupun jelas, dari R6 ke >> FZ6 >> XJ6, limit rpm-nya makin turun dan terus turun. R6 16.500 Rpm, FZ6 14.000 Rpm, dan XJ6 11.000 Rpm. Di Amerika, motor ini hadir dalam bentuk Yamaha FZ6R. Motor sport touring yang MMBlog bilang, asli ganteng! Ya ini adalah prinsip efisiensi masbro. Sebenernya, salah satu strategi ini dilakukan oleh Suzuki dengan Suzuki GSX-S750, mesin Suzuki GSX-S750 adalah mesin  Suzuki GSX-R750 yang jelas, profile camshaft-nya dibuat lebih mild. Makanya, daripada GSX-R600 dibuang, jadiin aja Suzuki GSX-S600 dengan power 90 – 95 Daya Kuda. Kasih rem brembo axial, suspensi upside-down basic, dan desain gagah, tetep moncer toh?

Kalau Honda mah jangan ditanya, buang aja mesin lama, bikin mesin baru, modal banyak, wkwkwkwk, makanya, akhirnya hadirlah Honda CB650 series! Sekarang, powernya makin besar, motornya makin keren, fiturnya makin canggih, wajar, segmen GEMUK! Gimana Sob? kayaknya sih arah-nya ke sana semua nih. semoga berguna ya!

9 COMMENTS

  1. Kayaknya naked bike itu di cc berapa pun cocok2 aja ya? Disaat supersport kurang moncer, naked 600cc-an 4 silinder anteng2 aja, wajar sih karena biasanya mereka gak mentingin power, yg penting tu motor gelinding :v

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here