Ganti Ban Suzuki Burgman 200, Ban Impor Feat. Ban Lokal, MAYAN!

8

Sobat MMBlog sekalian, beberapa minggu yang lalu, setelah acara launching Kawasaki W175 Cafe di bilangan Kemang, MMBlog menyempatkan diri untuk mampir ke toko ban terkemuka di Ibukota, Rumah Ban Motor di Lebak Bulus, untuk mengganti Ban Suzuki Burgman 200 yang baru sebulan ngandang di Kandang MMBlog. Kok ganti Ban? Seperti yang udah MMBlog mention sebelumnya, motor ini ada minus, gak langsung siap pakai, salah satunya ya ban yang udah jauh dari kata perfect, alias harus diganti.

Kondisi ban bisa dibilang emang udah botak. Bannya masih IRC yang notabene, Ban OEM dari Suzuki Burgman 200. Babeh pas bawa pulang ini motor udah ngeluh kalau bagian belakang goyang inul, MMBlog buktikan, memang gitu adanya, asli kagak enak banget ama kagak safety Sob. nah, hari sebelumnya MMBlog udah sempat chit-chat sama Om Aldrin punggawa RBM dan nanya ketersediaan stok ban ukuran OEM dari Suzuki Burgman 200, ternyata, di RBM aja ban-nya udah agak langka nih.

Beberapa opsi dikasih sama Om Aldrin. Mulai dari Pirelli. Tapi sayangnya, Pirelli ukuran OEM ini adalah stok tahun 2016, harganyapun masih lumayan tinggi, sepasang bisa 1,5 Juta, WAW! Masih kudu saving buat balik nama nih. nanya ada CST atau Maxxis, adanya Maxxis buat ban belakang dengan Kompon Halus, weleehh, harganya sih oke 600 ribuan, tapi biasanya cepet abis yah? kemudian, ternyata ada juga Michelin City Grip untuk belakang, wah ini bisa! Harganya pun masuk, gak sampai 500 ribu!

Yang ban depannya nih, Cuma ada Pirelli dan Swallow! Wkwkwkwk, nanya Om Aldrin berapaan yang Swallow, cukup 250 ribu ajah! Tentu temen-temen udah bisa menduga kan? Pasti MMBlog pasang Swallow lah! :mrgreen: . nama dari Ban Swallow ini adalah Swallow City Gripper, cuman nambah “per” doang dari Michelin City Grip :mrgreen: . oia, ban Burgman itu speknya 130/70 – 12 untuk belakang, dan 110/90 – 13 untuk ban depan, antik ukurannya. Kandas sudah keinginan untuk upgrade ban belakang jadi 140/70 – 12,  dengan harapan, diameter pasti jadi lebih lebar, lebih empuk bantingan 😥 .

Masang di RBM mah gak pakai lama, teknisinya udah terampil dan terlatih. Selesai pasang, transaksi, dan langsung riding. Impresi awal? Serius ini Burgman yang MMBlog pakai? Kok ENAAKK BANGEEETTT?! Motor stabil, gak godek-godek apalagi goyang inul, yaa maklum dan wajar, namanya juga ban baru! sejauh ini sih kombinasi ban kelas menengah ini oke-oke aja. Di jalanan becek pun gripnya bagus baik depan atau belakang. Toh, MMBlog juga gak cornering gila-gilaan, pakai Burgman mah lebih banyak santainya daripada ngebutnya 😆 .

Sebenernya sih buat ban depan, MMBlog pengennya yang lebih high spec, tapi ya apa boleh buat, gak ada barangnya Sob, hehehe. Gimana? Ada yang ban motornya blank-blonteng gini juga gak? Di share yuk pengalamanmu Sob! semoga berguna yah!

8 COMMENTS

  1. Wiiiihh mantep ah gak masalah belang bentong mas, yang penting gak botak, lokal maupun import gk jdi soal, yang penting gleserrr wkwkwkkwk

  2. Swallow Deli tire juga ada ukuran 130/70 12 dan 140/70 12. Tipe SC102 dan S-224. Harganya gk lebih dr 300 rb di online store.
    Ban yg cukup common di vespa, kymco dan sym

  3. Ban lokal belum tentu kalah sama yang interlokal hehe…yang dari luar kalo rnd nya buat pasar empat musim ketika dipake disini yang tropis bgt ya keok bannya.

  4. Shock absorber belakang diganti kaga bang? Kemaren tahun viral banget lohh ganti shock belakang. Gegara design yg serba melengung ehhh…. shockbreaker juga ikut mlengkung

  5. mas kalo motor matik sistem lengan ayun kan nyambung ama mesin…nahh brrti posisi piston nya ikut angklung angklukk ya mas ???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here