Trans Flores, Sejauh Ini, Inilah Trek TERPALING Yang Pernah MMBlog Lewati!

5

Sobat MMBlog sekalian, sebelum-sebelumnya, MMBlog seringkali memimpikan untuk riding di Transfagarasan, sebuah jalanan lintas pegunungan yang punya view super keren di Eropa sana. Tapi, setelah melewati jalan Trans Flores, MMBlog blast, udah gak terlalu pengen riding di Transfagarasan 👿 .yups, Trans Flores, adalah jalanan yang menurut MMBlog, lebih dari itu. Bisa dibilang, Trans Flores adalah jalur paket lengkap!

segini aja sih, tapi tusuk konde semua

Jalur Trans Flores adalah sebuah jalur sepanjang lebih dari 600 km yang didominasi oleh tikungan. Gak sembarang tikungan, tikungan ini adalah tikungan tusuk konde, bukan lagi tikungan tapal kuda. Yups, tikungannya bener-bener nusuk! Ngomongin jumlah, mungkin lebih dari 1000 kali tikungannya sepanjang jalan ini. Sebenernya, kalau mau sambil nikmatin jalan, monggo touringnya siapin banyak waktu, dan jangan pake deadline. Kalau pake deadline, niscaya akan lebih fokus ngelihat jalan ketimbang pemandangan.

Karena emang pemandangannya keren abis sih Sob. landscape Flores emang gak ada dua-nya. MMBlog masih gak percaya kalau itu di Indonesia.

Riding di Flores, sebenernya juga bukan tanpa hambatan. Jalur yang asyik, pemandangan yang eksotik, tentu pastinya juga harus ditebus dengan kenyataan kalau di rute ini, agak jarang euy yang namanya SPBU. Bahkan eceran aja bisa dibilang jumlahnya sedikit Sob. mungkin, SPBU adanya di Kota-Kota besarnya aja yah, yang notabene, jaraknya 150-200 Km-an tiap kota. Belum lagi, di Trans Flores apalagi yang makin ke arah timur (kalau peta makin ke kanan), juga agak susah ditemui yang namanya tempat rehat/ngopi/ngemil.

Karena kebanyakan hutan 👿 , dan SEPI! Tapi di Flores, terkenal aman loh.

MMBlog pribadi, lebih prefer menggunakan motor kalau lagi melintas di sini, pakai mobil, apalagi enggak nyetir, dijamin mabok! MMBlog udah alamin sendiri waktu dari Ende ke Maumere, gile, bener-bener mabok! Kalau pakai motor sih enak, apalagi kalau cuacanya lagi enggak ujan, nikmat bener masbro. Kendalanya apa lagi? Tentu kalau buat bikers yang tinggal di Jawa atau Sumatra, ke pulau Flores sendiri sudah Pe-eR. Yups, jauh Sob, wkwkwkwk. Jalan darat mungkin bisa 5-6 hari sendiri.

Bayangin, kudu naik turun kapal beberapa kali loh. Kecuali, kalau temen-temen punya sedikit modal, untuk motor di towing ke Labuan Bajo, dan riding sampai Maumere, ya kayak MMBlog kemarin. Ridernya ke sana naik Pesawat. MMBlog waktu riding di sana menggunakan Honda PCX, hanya sedikit footage video yang MMBlog ambil, terlalu enak buat riding sama nikmatin pake mata sendiri soalnya, hehehe.

Gimana? Ada lagi trek dengan panorama keren di Indonesia masbro? Silahkan temen-temen share di kolom komentar, kalau ada waktu, nanti MMBlog coba kunjungin.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here