Review Lengkap, Test Ride dan Lebih Dengan Honda VFR800X Crossrunner, Harus Dijual!

19

Test Ride – Unexpected!

Di malam terakhir sebelum motor ditowing untuk nyebrang ke NTB, MMBlog sebenernya udah penasaran banget ama ini motor dan pengen banget jajal Sob. hingga akhirnya, pas lagi makan malam, MMBlog deketin pak polisi yang memang udah deket sama tim riders Honda PCX, bilang gini “Mas, saya penasaran dah sama motornya, boleh pinjem gak? Jajal bentaran” lalu pak pol-nya bilang “yah elaaaaaaahhhh, kenapa gak dari kemarin-kemarin ajaaaa maassss, pake aja motornyaaaaaa, biar bisa ngerasain sensasinyaaaaa”. Walaaahhhh, Dewi Fortuna ternyata, lagi hadir sama MMBlog nih 😆 .

Akhirnya, makan malam yang sebenernya enak banget itu, harus MMBlog grecokin karena pengen pulang cepet ke Hotel. Mau enggak mau, Mas Feri dari AHM dan Kang Taufik makannya jadi buru-buru, dan kami semua langsung bergegas ke Hotel. Mau gimana lagi Sob, ini motor malem itu juga langsung ditowing, berangkat ke NTB, kan bisa hangus kesempatan. Harap-Harap cemas juga sebenernya, apakah Honda VFR800X Crossrunner-nya jangan-jangan udah ditowing 🙁 . tapi ternyata aman, motor masih bertengger dengan gagah.

Baiklah, gak pake ba-bi-bu, ini motor langsung MMBlog tunggangin. Helm di kamar, aah pake helm pak pol aja lah, wkwkwkwk. Impresi pertama negakin motor ini dari standar samping adalah “hmm, agak berat sedikit yah”. MMBlog saat itu belum lihat spesifikasinya, ternyata bobotnya lumayan berat, 240 Kg, itu yang varian polos, yang varian Police pasti lebih berat lagi, ada Top sama Side Case plus strobo dan toa. mas jinjit ape kagak?

Pastinya jinjit Sob, mana ada motor adventure gini yang gak jinjit di tinggi MMBlog yang hanya 167 cm :mrgreen: . saat itu juga enggak ngerti kalau tinggi joknya bisa disetel jadi paling rendah 815 mm, dan tertingginya 835 mm. Tapi jinjitnya enggak ujung jari juga sih, kelima jari masih bisa nekuk. MMBlog juga udah terbiasa handle moge yang tinggi dan relatif berat, jadi ya no problemo. Segitiga ergonomi bisa dibilang ASLI NYAMANNYA!

Setang tinggi, agak dekat sama badan, dan lebar. Gak perlu menjorok ke depan untuk ngeraih setannya, angkat tangan aja sedikit, langsung keraih dah. Joknya empuk, mantab. Begitupun dengan footstepnya, jaraknya agak jauh dari jok, dan posisinya agak maju sedikiiiit! Walhasil, leg room jadi lega dan fleksibel banget. Posisi riding yang biasa dibilang natural dan upright. Khas motor-motor adventure. Setali tiga uang dengan ergonomi Suzuki V-Strom, Kawasaki Versys, dan sejenisnya, tapi agak beda dengan Yamaha MT-09 Tracer, hehehe, nanti MMBlog bikin komparasinya ya.

Oke, putar kunci kontak ke posisi ON, panel speedometer langsung menyala dengan atraktif. Modelnya kayak speedometer motor Honda zaman sekarang, full digital, dengan tema background gelap, alias negatif. Begitu di ON, lampu depan menyala perlahan, dari redup, lama-lama jadi terang, canggih euy, keren! Oke nyalain mesin, loh kok gak nyala, padahal udah pencet stater, yah elah, masih di engine off kill switch-nya 😆 . baru deh hidupin “braappp…braaappp..braaap”.

WOW! Suara ini yang selama ini MMBlog dengar pas touring. Suara mesin empat silinder yang berbeda dari mesin empat silinder kebanyakan yang padat dan merdu! Suaranya masih ada jeda di tone-tone-nya, seperti mesin dua silinder, tapi lebih serak, lebih gak berirama, berasa lebih humanis. Unik, dan bikin penasaran, kayaknya akan gahar banget kalau diganti oleh knalpot aftermarket. Aahh, makin penasaran!

kopling hidraulik

Baiklah, tarik tuas kopling, wuih, koplingnya udah hidraulik nih, empuk sih, tapi membal banget, kalau macet parah lumayan cepet pegel sebenernya. Masukin gigi 1, cekelik, wuih alus juga nih gearbox-nya, kasih pelintiran gas, dan Honda VFR800X Crossrunner Police Edition inipun mulai melaju.

Laaaaaaaahhhh, kok alus buangeetttt!? Gak nyangka, beneran V4 kan ini yah? asli Sob, mesinnya halus banget, tenang, dan respon throttlenya di putaran rendah atau awal start bener-bener smooth. Waktu itu, MMBlog belum tahu kalau ini motor Hyper VTEC, ya jadi hanya dua klep aja yang kerja di rpm rendah, pantesan halus! Kalau boleh jujur yak, tarikan bawahnya lembut kayak motor 600 CC nakedbike yang empat silinder segaris, dengan spek dasar. Buat pemula sih bener-bener gak ngagetin dah. Tapi tentunya, tetap bertenaga loh.

Rute yang MMBlog ambil adalah trek dari Hotel La Prima ke arah kanan. Itu jalanan pas malem, kosooooong! Sepi dan gelap! MMBlog ngacir lumayan jauh dari Hotel, wkwkwk, siape juga yang mau nyetopin motor polisi, tengah malem pula? Kesempatan menarik seumur hidup ini namanya masbro 😆 . cruising di kecepatan 60-80 Km/jam tentunya menyenangkan banget, sama sekali gak ada effort untuk lari di kecepatan segini. Suaranya? Makin padat, makin merdu. Shifting juga halus banget, dan enteng, bener-bener khas motor Honda zaman sekarang dah. MMBlog coba gas lebih dalam di gigi tinggi, motor melaju di kecepatan 100 km/jam, lagi-lagi tanpa effort, dan asyiknya windshield di depan sangat baik menghalau angin.

Ah, riding begini doang apanya yang mau dieksplore, udahlaaahhh, langsung kita downshift dan betot! “wuooooooonnnnnngggggg”!!!!

WOW.. WOW.. dan WOW!!! Seketika, ketika rpm melonjak dan naik terus sampai mau redline, tarikan motor serta merta langsung berubah! Honda VFR800X Crossrunner langsung menunjukkan tajinya Sob! tarikannya langsung ngisi teruuusss! Torsinya bener-bener bikin badan terhempas karena inersia yang berlebihan! Suaranya langsung teriak, wuaaahhhh! Angin juga makin kenceng, gak nyangka speedo langsung tembus ke 140 Km/jam, JUOOOZZZZ! Oke, itu kan dari downshift, sekarang coba dari diem.

Agak geblek juga sih, di tengah jalan kosong, tengah malem, MMBlog berenti 😆 . mau start ala-ala pembalap. Saat itu, belum tahu kalau ini motor Hyper VTEC, masukin gigi 1, panteng rpm, dan lepas! Lhoooo, kok tetep smooth yak? Wkwkwkwk, tapi sementara aja, begitu rpm mulai naik, mulai tinggi, lagi dan lagi, torsi buasnya bener-bener terus ngasih akselerasi yang maksimal! Kalau dibandingkan dengan kubikasi motor sejenis, tarikan atasnya lebih kuat dari Kawasaki Z800, tapi bawahnya lebih halus bin smooth.

Power delivery begini, cocok banget memang di sandangkan di motor touring. Badan enggak terlalu kepontal-pantil, enggak mengerikan, tetep fun, bersahabat, dan pastinya nyaman! kalau MMBlog taksir, tarikan begini ini gak terlalu boros atau haus akan bensin, 1:20 masih bisa lah, masih lebih better daripada motor-motor 600 CC empat silinder yang notabene, konsumsi bensinnya ada di 1:14/15.

Perkara suspensi dan handling gimana Mas? Suspensi motor ini bisa dibilang empuk banget Sob. asli dah, redamannya bagus banget. Motor juga lumayan lincah, MMBlog gak bilang lincah banget atau gesit, tapi buat manuver, lumayan nurut dan mudah, ya mungkin karena ada side case kali ya, atau ban depan kayak berasa kurang angin, jadi kalau dibandingkan dengan handling moge Yamaha, masih ada dibawah levelnya. Tapi inget bukan berarti handlingnya ngawur macam ER6n 😆 . tetep nurut, tapi gak gesit, gitu aja. Suspensinya tetep nyaman, enak kalau ketemu jalan rusak, suspensi segala medan lah. Apalagi bisa diadjust juga depan belakang kan?

Pengereman? Cukup baik, tapi gak terlalu istimewa. Memang sudah menggunakan kaliper radial, tapi masih dari brand Tokico yang terkenal low end dan budget :mrgreen: . ditunjang oleh rem ABS. Masih lebih enak rem Honda CB650F atau kaliper sejuta umat motor gede Yamaha, kaliper Sumitomo, lebih gigit dan greget aja.

Intinya, kalau perkara test ride, Honda VFR800X Crossrunner adalah sebuah motor petualang sejati. Siap touring jauh, siap ngasih kenyamanan lebih, dan pastinya nyaman banget! Power smooth, tapi selalu tersedia lebih dan lebih disana kalau temen-temen membutuhkannya seketika. Hmm, setengah jam riding pakai motor ini, berasa kayak cuman lima menit Sob. udah gitu, lampunya terang banget lagi, makin enak riding malem.

instagram

Villa Kanaya

19 COMMENTS

  1. Yang biasa pake mocil pasti komen “kegedean”, nah ini malah komen “kekecilan”…..hehe, dunia terbalik memang.

    Mantap reviewnya mang, UNEXPECTED

  2. K50 Polisi aja kalo di jalan fear factornya kurang Mas, terlalu cantik. Kalo buka jalan kita nggak minggir gitu. Beda ama Electra Police yg bikin kita minggir. Makanya ini dibilang terlalu kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here