Pro dan Kontra Frame Slider, Aku Sih YES!

12

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog sempat memesan satu pasang frame slider untuk Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2 di Ebay. Nasib motor cuman ada beberapa biji di Indonesia, ya kudunya belanja online dah, ngirim dari luar, untungnya, ada banyak banget yang jual. Ya memang sih Yamaha FZ6 Fazer S2  bisa dibilang udah kayak Yamaha Vixion di luaran sana Sob, laku keras dan pasaran. Nah, dateng dan pasang dah tuh Frame Slider.

MMBlog membaca beberapa literatur yang membahas tentang frame slider. Ada yang pro, dan ada juga yang kontra. Yang pro alasannya jelas karena ini adalah sebuah bentuk proteksi terhadap body dan cover mesin, sedangkan yang kontra, beralasan malah akan membahayakan, jika crash dalam kondisi kencang malah bisa buat motor terpental, dan malah bisa bikin sasis enggak center lagi, hmm.

Gak ada yang salah dari opini yang pro dan yang kontra, walaupun MMBlog lebih condong ke yang pro. Karena apa? Karena udah pernah ngalamin sendiri, plus melihat pengalaman orang lain. kebanyakan, dan kalau MMBlog hitung dari statistik jatuh MMBlog pribadi, dari 10 jatuh atau kecelakaan, 9 dari kecelakaan atau jatuh itu adalah jatuh bego, atau jatuh dalam keadaan pelan, MMBlog pernah jatuh dalam kecepatan yang lumayan, 50-60 Km/jam itu sekali, pake Spin babeh waktu cornering di puncak, dan lowside karena bejek rem depan.

Jatuh bego, sakitnya enggak seberapa, malunya yang luar biasa, plus rasa jengkel karena motor jadi tampak kurang fresh karena ininya patah, itunya coel, dan lain sebagainya. Dengan frame slider, jelas banget, motor ketahan, dan frame slidernya yang rusak. Apalagi kalau yang lokal atau unbranded, harganya gak mahal, kalaupun rusak juga gak bikin sakit hati atau nyesek. Waktu terakhir jatuh bego, yakin kalau udah pakai frame slinder, cover timing Mas Moel pasti enggak bocel.

Selain itu, temen-temen juga bisa lihat foto dibawah ini, nah mantep kan fungsi frame slider? ENAAAAAAKKKKK!!!!

Oke deh, gimana menurutmu Sob? semoga berguna ya!

12 COMMENTS

  1. bahaha…ngakak puoll liat fungsi lainnya….
    Frame slider sih buat sy penting utk meminimalisir kerusakan saat kecelakaan… top deh bang Vandra…

  2. motor gw pendek semua jd kayaknya engga deh udh gt jarang top speed juga kecuali manasin RG-R tp itu jg tengah malem di jalan sepi barengan ama RX King gak tau punya siapa yg mukanya serem2.

  3. sering juga emg baca review di luar negeri yg bilang klo pake frame slider itu efek nya lebih buruk, tpai khusus nya kalau jatuh pada kecepatan tinggi… tapi coba pikir lagi dah,, jatuh pada kecepatan tinggi, mau pake atau ga pake frame silder ya udah pasti motor mah ancur….. yegag..?
    jadi menurut ane mah pake frame slider sah2 aja, asal jangan terlalu rigid jadi kalau jatuh frame nya ga kena/kalah, tapi braket si frame slider nya aja.. perlu diperhatikan juga tuh frame slider nya nempel kemana, jangan sampai malah dia nempel di lokasi yang malah bikin makin vital efek nya kalau jatuh, contoh nya nempel langsung di mesin.. CMIIW

  4. Ati2 pasang frame slider Mas. Baut pengganti yg ke chasis kudu baut baja yg kekuatannya sesuai. Kalau bautnya sampe patah bahaya. Krn biasanya jadi satu dgn baut mesin. Kalau itu patah maka antara chasis dgn mesin tdk lagi terintegrasi. Kekuatan chasis akan berkurang dan bisa menyebabkan patah di tengah2 chasis. Krn chasis sekarang dirancang terintegrasi dgn mesin. Alias mesin merupakan bagian dr kekuatan chasis. Sdh banyak kasus gegara pakai baut pengganti asal2an…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here