Motor Sport, Bukan Rivalitas Antar Merek Lagi, Tapi Rivalitas Motor Baru VS Motor Seken!

10
kabukiiiiiiii

Sobat MMBlog sekalian, di tahun 2018, bisa dibilang pasar motor sport, makin kesini makin mengalami penurunan penjualan. Beda dengan tahun 2017, yang mana Vixion pernah mencapai distribusi hingga 40.000 Unit perbulan! Sebuah angka yang fantastis! Tahun ini, mencapai 10.000 unit aja udah hebat! Ditambah lagi, sekarang, motor sport fairing, malah lagi naik daun! Honda CBR150R lagi bagus-bagusnya, dan jadi leader di segmen ini. Mengapa segmen motor sport belakangan ini trendnya turun? Ada beberapa hal yang terjadi, dan MMBlog amati, ada satu hal yang menarik, motor baru VS Motor seken!

Saat ini, bisa dibilang, untuk menjual motor, udah ada banyak banget channel dan sarannya. Gak kayak dulu, yang terbatas hanya diiklankan di koran, atau dijual langsung ke pedagang. Sekarang, muncul yang namanya situs jual beli online, sosial media, dan lain sebagainya. Fenomena ini, selain membuat orang lebih mudah menjual motornya, muncul juga model usaha baru, jual-beli motkas yang didesain entertaining, dan ini membuat perputaran motor seken jadi lebih baik dan lebih cepat.

Coba cek aja, ada berapa banyak showroom motkas yang jual motor sport 150-250 CC? ada banyak banget! Cek di situs juga beli online, juga banyak banget yang jual! Plus, harganya itu loh, pada miring!

Segmen motor sport 150, kebanyakan adalah new-rider, MMBlog gak tahu pasti berapa prosentasinya, Cuma ya ini adalah motor starter. Bisa jadi beli-nya kredit, bisa jadi beliin ortu, tentu, harga akan jadi pertimbangan yang serius. Harga motor 150 CC sport seken, bener-bener miring masbro, apalagi kalau penjual motkasnya bisa kredit, duh, cicilannya enteng banget! Nah, daripada beli baru, gimana kalau beli seken? Toh ada juga yang kondisi bagus kan? Mungkin itu yang ada  dibenak konsumen.

Lalu segmen 250 CC, ini juga MMBlog analisa, mengalami nasib yang serupa. Gila, motor seken 250 CC juga udah banyak, harganya juga rebah, bukan miring lagi! Dan unitnya, gampang banget ditemuin! Gak perlu susah, di showroom jual beli motkas, malah bisa PO alias Pre Order, nah loh? Mungkin, hal inilah yang dirasa sudah diketahui dan difahami oleh Kawasaki, sehingga Kawasaki berani pasang harga baru RR Mono, 36 jutaan, hmm.

Tapi kenapa maxy scooter yang beli baru tetep banyak? Sedangkan sekennya juga gak kalah banyak? Maxy scooter itu lagi dan lagi MMBlog tegaskan, motor ini adalah motor yang “dibutuhkan”, sedangkan motor sport, masih dalam taraf motor yang “diinginkan”. Gimana Sob? ada opini tambahan dari temen-temen? Tentu ya shifting demand juga ngasih pengaruh sih. di tunggu kometarnya ya!

10 COMMENTS

  1. Masuk juga si om,
    Perilaku konsumtif mmg tak terhindarkan di indo 😂
    Ada model baru, yg model lama dijual buat dp model yg baru 😂
    Terus sj bgtu, dsni yg kurang mampu juga diuntungkan si. Bisa menikmati motor idaman, tanpa merogoh kocek dalem n ready to ride, cz stnk sudah ada 😘

  2. Masalahnya di Indonesia motorsport entry level disamakan dengan motor matic, yaitu buat boncengan sama anak istri dan buat bawa barang bejibun. Ya mirip2 beli mobil 3 row seater, yg penting muat banyak.
    Ya jelah kalah, sering liat kan keluarga muda naik sport fairing 150cc boncengan ber 3 atau 4?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here