Malaysia Akan Bangun Dua Sirkuit Baru, Indonesia? Sentul Aja Lengser Dari ARRC!

6
test CB1000R di Sepang

Sobat MMBlog sekalian, miris sekaligus sedih ketika MMBlog baca artikel Mas IWB di SINI. Ada berita yang membahas mengenai rencana Malaysia yang akan membuat dua sirkuit baru! yups, bukan satu, tapi dua sirkuit! Gimana enggak sedih coba, di Indonesia, bahkan Sentul aja dieliminasi dari ARRC karena kemungkinan, Sentul udah gak cocok dan lumayan berbahaya untuk kelas ASB1000.

Diinformasikan, kalau Malaysia sudah menyiapkan dana 400 Milyar lebih untuk membangun sirkuit Internasional yang bakalan keren abis. Pemerintah, akan langsung turun tangan menangani proyek ini. Wah, mantap bener dah ah, cuman bisa ngeceessss! Kayaknya pemerintah Malaysia tahu betul, Sirkuit itu bisa membuat perekonomian daerah yang ada sirkuitnya itu semakin berkembang, sektor pariwisata tentu terdongkrak.

Padahal yah, menurut beberapa sumber yang MMBlog baca, penjualan atau pasar otomotif terlebih khususnya motor di Malaysia jauh lebih “garing” daripada di tanah air. Iyalah, Indonesia adalah pasar sepeda motor terbesar ketiga di Dunia setelah Cina dan India. Selain karena memang penduduknya banyak, kendaraan pribadi adalah sebuah gengsi, sedangkan motor, bisa dibilang adalah sebagai kendaraan utama, kendaraan umum itu adalah kendaraan alternatif 👿 :mrgreen: .

Di negara yang sektor otomotifnya luar biasa, baik itu sektor ril atau digital, terbukti dari penjualannya yang moncer dan netizennya yang banyak dan gahar, Indonesia hanya punya satu sirkuit internasional, yakni sirkuit Sentul, yang bahkan, tahun depan udah enggak ada lagi agenda Internasional yang mampir ke sana. Di ARRC 2019, Sentul udah enggak lagi menjadi tuan rumah. Ada banyak pembalap yang mengeluh, sentul lebih cocok untuk motor off-road ketimbang superbike 😆 .

sempet di bawa trackday juga

Ya MMBlog pribadi mah optimis aja, setelah pembangunan infrastruktur di negara kita yang giat dan agresif dilakukan, nantinya pemerintah dan pemerintah daerah bersinergi untuk membuat sirkuit bertaraf internasional. Sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya, terlebih lahan, MMBlog ngarepin, di tiap pulau besar Indonesia, Kayak di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan beberapa pulau beken, baiknya memang ada sirkuit Internasional, ya minimal ada lima lah.

Gimana Sob? setuju gak? Ya berdoa ajalah, amiiinnnn.

6 COMMENTS

  1. bikin sirkuit emang bukan prioritas karena tidak terkait dengan infrastruktur. tapi kalau bisa pemda cari mitra atau investor buat bikin sirkuit supaya gak ada lagi balap liar.

  2. Masalah primer di malaysia sudah selesai, ya infrastruktur, kesejahteraan rakyat dll sehingga kini yg diurusi masalah sekunder
    Lha endonesah, bangun buat kebutuhan dasar rakyat aja dinyinyirin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here