Komparasi Yamaha FZ6 Fazer S2 VS Yamaha MT-09 Tracer Ala MMBlog!

20

Performa, Handling, dan Riding Quality

Ngomongin performa, ini dia yang menarik. Dari kubikasi, konfirgurasi mesin, dan teknologi, jelas yamaha tracer 900 lebih di atas angin daripada yamaha fz6 fazer. Di lihat di spek sih ya, fz fazer punya power 98 daya kuda di 12.000 rpm, dan torsi 63,1 Nm di 10.000 Rpm (wih, tinggi juga rpm-nya yak) sedangkan yamaha tracer 900 punya power 115 daya kuda di 10.000 Rpm dan torsi 87.5 Nm di 8.500 Rpm!

Nah, keliatan kan, untuk horsepower, bedanya sampai 17 daya kuda lebih powerfull tracer 900 ketimbang fz6 fazer. Sedangkan untuk torsi, jelas CP3 adalah Kampiun MMA yang tenaganya BuajiGur! Selisih torsinya adalah 24,4 Nm! Makanya, dari mana juga, kalau perkara tarik-tarikan, tracer 900 pasti melesar duluan, apalagi bobot keduanya juga enggak beda jauh lho. Belum lagi, peak power dan torsi tracer diperoleh di rpm yang lebih rendah, nyeeessssssss!

Tapi jangan salah, tenaga dan torsi tracer 900 ini bukan tenaga dan torsi yang oke buat siapa aja. Untuk pemula, tenaga, torsi, dan power delivery motor ini bener-bener malah bikin capek, plus dikombinasikan sama ergonomi yang rileks. Biasanya, rider pemula punya bayangan, ergonomi aja nyaman gini, tenaga harusnya nyaman, tapi kenyataannya, badan lebih dipaksa untuk netralisir power motor yang luar biasa galak itu. Sahabat MMBlog yang langganan jajal motor-motor yang MMBlog pinjam, bilang kalau tenaga mas Moel lebih enak, tapi ergonomi enakan tracer 900.

Yups, power delivery Mas Moel aka Fz6 fazer memang lebih smooth, halus, dan linear serta rata diseluruh rpm ketimbang tracer 900. Gas dihentak aja motor masih lebih tenang, gak reaktif kayak tracer 900. Kalau gak bawa tracer sih, bawa fz6 kayaknya udah kenceng banget, tapi abis bawa tracer terus bawa fz6 itu kayak abis bawa R25, terus bawa Jupiter burhan punya lek ferboes 😆 . ya plus minus lah, tapi tetep emang mesin CP3 menawarkan sesuatu yang lebih Sob.

Lalu perkara handling gimana? Pertama ngomongin suspensi dulu. Suspensi fz6 mmblog bilang masih lebih empuk ketimbang tracer 900. Tracer 900 suspensinya agak keras sedikit, tapi karena didukung oleh wheelbase, rake serta link di suspensinya, makanya redamannya yahud banget kalau ngelibas tikungan. Kedua motor sama-sama gesit, lincah, tapi fz6 lebih spoongy aja suspensi depannya Sob. tracer 900 adalah varian CP3 yang handlingnya paling oke, sedangkan fz6, kudu ganti per sama suspensi belakang macam Ohlins agar lebih oke lagi handlingnya (siapin 10 juta).

Riding quality, kedua motor nawaring riding quality yang jempolan. Enaknya motor touring, area speedometer gampang banget di pantaunya. Tracer 900 lebih di atas angin dari perkara teknologi, riding aid-nya banyak, sedangkan fz6 yang polosan aja, pure power dari mesin ya itulah, gak diutak-atik sama elektronik. Spion, MMBlog lebih suka fz6 karena jelas banget untuk lihat belakang, soalnya mountingnya juga di fairing sih ya, beda sama tracer yang mountingnya di setang dan pakai spion MT-25 😆 .

Perkara rem-pun demikian, sama-sama greget! Tapi tracer 900 lebih enak dan lebih nyaman karena ABS, performanya pun lebih baik, walaupun sama-sama menggunakan master Brembo Axial (sejuta umat moge Yamaha), dan kaliper rem sumitomo (radial di tracer, axial di fz6, kampas bisa saling-silang). Rencana mau service rem fz6 fazer, dan ganti pakai selang rem braided, masih nunggu dari UK nih, biar bisa stoppie 😆 .

Nah, kira-kira begitulah Sob. tinggal bikin artikel komparasi sama rival sebaya-nya nih, Honda VFR800X Crossrunner! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna ya! monggo kalau temen-temen seneng, boleh banget dishare artikelnya Sob, hihihi.

Contents

instagram

Villa Kanaya

20 COMMENTS

  1. Thank’s mas komparasinya sama FZ6, jadi bisa merasakan perbedaannya walaupun hanya lewat artikel hehe ditunggu komparasinya dengan Honda VFR800X nya, Kalo bisa sih sama Moge sejenis dari Merk lainnya

  2. ibarat pacar, yg satu masih kuliah, yang satu udah kerja. sama sama anggun tapi karakternya beda.. wkwkwkw

    top artikelnya bang vandra.. !

    • Byuuhh, sahabat pembaca idola ane nih Om Harris, nanti kalo ane ke semarang kopdar yak Om, ane pengen ke dds semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here