Komparasi Yamaha FZ6 Fazer S2 VS Yamaha MT-09 Tracer Ala MMBlog!

20

Dimensi, Styling dan Ergonomi

Secara dimensi, kalau temen-temen lihat langsung keduanya lebih dekat, sekilas, Yamaha Tracer 900 akan terlihat lebih besar dari Yamaha FZ6 Fazer. Hal ini disebabkan oleh tangki yang cover atau shroud-nya memang membesar di area depan. Yamaha FZ6 Fazer, gak punya shroud, tangkinya bisa dibilang polosan, murni pelat. Tapi, kalau area cowling depan atau fairingnya, Yamaha FZ6 Fazer terlihat lebih lebar, yups, Muka Lele-nya itu loh, gak nahaaan :mrgreen: .

Area jok sekilas hampir sama, tapi ternyata jok tracer 900 kenyataannya lebih panjang loh Sob. empuknya sih sama aja keduanya, moge yamaha emang joknya empuk-empuk. Terus perkara sasis, nah, keduanya juga menggunakan sasis yang setipe nih. sama-sama kekar, tapi perkara mesin, kalau dilihat lagi, aje gile, CP3 tuh emang over yak :mrgreen: . bak kopling sama bak magnet bener-bener meler keluar! Bedanya, kalau yamaha fz6 fazer header knalpotnya ada 4, tracer 900 ada tiga, yups 4 silinder vs 3 silinder masbro.

Ngomongin styling, kedua motor punya sedikit persamaan, tapi juga banyak bedanya. Untuk yamaha fz6 fazer lebih ke arah motor sport touring yang memang beken di era-nya, sedangkan tracer 900, ini motor lebih ke adventure touring yang saat ini sedang IN dan menggusur motor sport touring. Setang sama-sama pakai pipa, ada windshield di depan. Sayang Mas Moel warnanya item gosong dan agak kusam, wkwkwk, coba kalau silver, pasti lebih match lagi sama tracer 900.Nah, perkara Ergonomi nih. ada kaitannya sama stylingnya Sob. yamaha fz6 fazer punya ergonomi sport touring, maksudnya gimana? Ergonomi pinggang ke atas tuh sama sekali gak bongkok, tapi juga gak tegap (gak setegap tracer), tapi posisi kaki atau leg-room, masih berasa kayak bawa motor sport. Memang gak sesempit leg room motor sport, tapi kaki tetep nekuknya lumayan. Kalau orangnya tinggi alias kakinya panjang sih bakalan kesemutan kalau lama pake Mas Moel.

Lain cerita dengan tracer 900, motor ini lebih ke adventure touring. Posisi pinggang ke atas bener-bener tegak dan rileks. Leg room juga lega, posisi foot step jauh sama jok, kaki gak terlalu nekuk kayak fz6, walaupun tetep unik karena posisi footstepnya sedikit ke belakang. Ngomongin rileks, jelas lebih rileks tracer 900 ketimbang fz6, tapi kalau ngomongin rileks dari sisi power delivery, jelas fz6 yang jadi juara, nah, lanjut lagi ke halaman terakhir yuk Sob.

Contents

instagram

Villa Kanaya

20 COMMENTS

  1. Thank’s mas komparasinya sama FZ6, jadi bisa merasakan perbedaannya walaupun hanya lewat artikel hehe ditunggu komparasinya dengan Honda VFR800X nya, Kalo bisa sih sama Moge sejenis dari Merk lainnya

  2. ibarat pacar, yg satu masih kuliah, yang satu udah kerja. sama sama anggun tapi karakternya beda.. wkwkwkw

    top artikelnya bang vandra.. !

    • Byuuhh, sahabat pembaca idola ane nih Om Harris, nanti kalo ane ke semarang kopdar yak Om, ane pengen ke dds semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here