Yamaha Tenere 700 Dirilis, Ketika Desain Takluk Dengan Identitas!

1

Sobat MMBlog sekalian, motor yang selama ini diperkenalkan hanya sebatas motor konsep, Yamaha Tenere 700, sekarang sudah resmi dirilis oleh Yamaha Global. Motor ini tampil bener-bener mirip dengan versi konsep. Sebenernya sih dari beberapa bulan yang lalu, di channel Yamaha UK Youtube, motor ini udah ada advertorial atau iklannya, menggandeng beberapa rider veteran dan ahli di bidangnya masing-masing, Tenere 700 tampil sesuai dengan identitasnya sebagai motor adventure!

Ngomongin mesin, Yamaha Tenere 700 menggunakan mesin CP2 yang sejatinya telah digunakan dibanyak motor Yamaha yang lain macam MT-07, XSR700, dan Tracer 700. Mesin yang dibikin di Plant Yamaha Indonesia ini digunakan dengan berbagai macam alasan positif. Ringan, punya torsi bagus, hemat BBM, mudah dalam perawatan, dan pastinya berkarakter unik karena crankshaft angelnya 270 derajat, walhasil, suaranya jadi kayak motor V-Twin.

Lumayan banget lah, peak power di 72 daya kuda, dan torsi badaknya ada di 68 Nm. Cukup banget buat terbang-terbang di jalanan non aspal.

Motor ini amat serius peruntukkan dan identitasnya sebagai motor adventure. Temen-temen bisa lihat, ban depannya menggunakan ban dengan ukuran pelek 21 inci, dan ban belakangnya menggunakan pelek 18 inci. Praktis, hal ini membuat motor jadi jangkung, plus ground clearance yang juga tinggi bange yaitu 24 cm! Suspensi depannya menggunakan suspensi USD 43 mm, yang panjaaang!

Motor ini terlihat konsisten dan jelas banget sebagai motor petualang sadis yang bisa join di Paris Dakkar. Lampu depan menggunakan lampe LED 4 biji dan projektor, area dashboard pun dibuat simpel, kotak persegi panjang doang, tangki bensin juga lumayan besar ternyata 16 liter! Untuk mesin CP2 sih jangkauannya bakalan lumayan jauh. ABS di motor ini juga bisa di nonaktifkan, wih serius banget ini, bisa banget diajak sliding!

Yamaha Tenere 700 akan hadir dan langsung berhadapan dengan KTM 790 adventure tahun depan. Platform mesin keduanya bisa dibilang mirip-mirip, inline dengan crankshaft angel 270 derajat, punya output suara jadi kayak mesin V-Twin! Nah, gimana Sob? masuk Indonesia jadi berapa ya harganya? Biar gahar, tapi kalau dikasih two tone color, motor ini jadi bisa terlihat lebih fancy juga ya.

oke deh, semoga berguna yah Sob. ada motor apaan lagi nih di EICMA?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here