Email Pembaca : Suzuki GSX-R150 ABS atau Honda CBR150R ABS?

10

Sobat MMBlog sekalian, tadi pagi, ada email masuk ke kandang MMBlog. Dari Bro Hilmi, masbro yang merupakan Sobat MMBlog dengan santai tapi lugas, nanya ke MMBlog, karena baru pengen punya motor sport 150 CC, dan newbie dalam berkendara, maka opsi sepeda motor ABS merupakan sebuah jalan keluar paling aman. Mandatory ABS, biar kata di CC kecil, kalau kondisi jalan berpasir atau becek, direm mendadak, ban ngunci tentu bisa jadi sebuah keniscayaan. Nah, MMBlog akan coba kasih pandangan yah Sob, kebetulan, kedua motor udah pernah MMBlog jajal, tapi yang non ABS, hehehe.

Butuh Kenyamanan? Honda CBR150R Lebih Unggul

Kalau baru di dunia motor, terus pengen motor sport yang relatif lebih nyaman, maka Honda CBR adalah pilihan yang tepat. Gak terkecuali varian entry level dari CBR, CBR150R, motor ini punya ergonomi yang lebih rileks di bandingkan dengan rival-rivalnya. Ya berasa pas aja dan lebih nyaman lah. Tapi, kalau Bro Hilmi pengen motor supersport 150 CC yang lumayan sporty, bisa tengok Suzuki GSX-R150. Motor ini punya dimensi yang ramping, setang yang lumayan rendah tapi deket sama badan, ya dengan sedikit ubahan, ergonominya bisa lebih serius sportynya. Tergantung objektif dari sektor ini gimana yah.

Performa? Suzuki GSX-R150 Greget di Napas Panjangnya!

Nah, ngomongin performa, maka Suzuki GSX-R150 sebagai sebuah oase dan sebuah terobosan yang berani! Sebenernya Honda CBR150R K45A yang pernah MMBlog test di kemayoran juga punya napas panjang, tapi begitu diganti dengan K45G, motor terasa lebih nendang dan bagus di area torsi. Tarikan Honda CBR150R, lebih berasa di putaran bawah, torsinya bagus, pindah giginya cepet-cepet. Tapi Suzuki GSX-R150, punya limiter sadis di Rpm 13.000. tinggal demenan mana, motor dengan torsi yang baik di putaran bawah, atau motor yang bisa screaming di putaran tinggi? Monggo masbro.

Tampilan? Honda CBR150R Makin Tampan

MMBlog gak bilang Suzuki GSX-R150 enggak rupawan, tapi Suzuki GSX-R150 desainnya lebih ke segmen yang lebih “FBS” dan Gixxer banget. Suzuki GSX-R150 punya desain yang streamline, ramping, dan butuh waktu untuk dapat menikmati desainnya yang GSX-R itu. Honda CBR150R, terlebih yang ABS alias K45N, desainnya makin lebih bisa berterima oleh publik. Ada ubahan di sektor windscreen yang bikin tampilan motor lebih sporty, dan juga panel speedometer dengan model negatif display. Display perkara selera, MMBlog serahin sama Bro Hilmi aja.

Aftersales

Honda AHM seperti yang udah kita ketahui bareng-bareng, kalau dealernya banyak, apalagi CBR150R adalah produk umum yang dijual di seluruh dealer Honda, gak hanya di dealer Wing atau BigWing saja. Suzuki GSX-R150? Motor gacoan Suzuki ini juga gampang ditemui dan diservice di dealer Suzuki dan bengkel mitra, apalagi sekarang udah ada Aplikasi MySuzuki, beli part bisa online, mau pasang di bengkel spesialis atau bengkel umum juga jadi kan? Apalagi banyak common part juga dengan Part Satria.

Harga

Kedua motor punya strategi pricing yang berbeda, nah, tinggal sesuaikan kantong dah, huehehehe.

ABS

Keduanya udah ABS Dual Channel, jadi aman dibejek depan belakang. Untuk CBR150R malah ada hazard yang hidup ketika kard braking dilakukan, udah kayak mobil kekinian nih Sob.

Gimana? Keputusan MMBlog serahkan ke Bro Hilmi dah. Yang jelas, kedua motor sama-sama fenomenal dengan dunia dan karakternya masing-masing. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

10 COMMENTS

  1. Pilih GSX aja, DOHC nya beneran bukan abal2 wkwkwk…. btw desain GSX menurut saya cakep juga kok, lebih simple dan everlasting. Kalau desain CBR modern kekinian, tapi kalau trend mode berubah bisa jadi outdated nanti.

  2. kalo masih newbie mah cbr aja, ntar kaget kalo pake gsx, kaget sparepartnya lebih murah dari cbr, kaget mesinnya lebih nampol daripada cbr, kaget posisinya pegel buat harian dibanding cbr, kaget harga jualnya selisih harga baru-bekas ternyata sama aja kaya cbr (cbr harga seken mahal krn harga barunya mahal, selisihnya sama aja beda2 tipis ama gsx)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here