Kupas Suzuki Katana 2020, Berbasis Suzuki GSX-S1000 Namun Lebih Filosofis!

6

Katana – Senjata Tradisional Ksatria di Jepang

Katana – adalah senjata tradisional Ksatria di Jepang yang biasa kita kenal dengan Samurai. Senjata ini berbentuk pedang yang harus memiliki kombinasi dan koordinasi sempurna dari lima element yang ada di dalamnya. Lima elementnya apaan aja? Pertama adalah Tsuka yang berarti handle atau pegangan. Pegangannya harus kuat, mantap, dan ergonomis, agar senjata ini tidak menyusahkan penggunanya ketika melakukan tugasnya Sob. di atas Tsuka, ada Tsuba yang artinya pelindung tangan, nah, temen-temen tahu kan kalau di Katana atau pedang Jepang itu ada yang topi di atas handle? Itulah Tsuba.

Kemudian, yang paling utama adalah Yaiba atau Blade, bagian tajam dari pedang itu sendiri. Ini paling ngilu Sob. selain Yaiba, enggak melulu harus tajam dan kuat, sebuah Katana juga harus punya daya tarik dan nilai seni atau estetika tinggi, makanya ada yang namanya Hamon atau Blade Patern, ini kayak corak bergelombang gitu di bagian tajam-nya Sob. kalau di keris-keris Indonesia, biasa disebut sebagai pamor, hehehehe. Nah, bagian terakhir adalah Kissaki, atau ujung pedang yang secara keseluruhannya, tajam dan runcing, serta slim, siap untuk menembus apapun yang ada di depannya.

Inilah yang dijadikan landasan filosofis Suzuki dalam merancang bangun Suzuki Katana. Sebuah motor yang nyaman dihandle, aman di kendarai dengan beragam peranti pengamanan, punya performa yang tajam ditambah desainnya yang sarat akan seni tradisional, dan punya akselerasi dan bentuk yang siap menusuk jantung lawan. Hmm, filosofis banget yah Sob! mantaap dah emang ini motor!

Tambahan: Bahkan test rider motor ini aja pakai wearpack Kushitani, yang mana ini adalah brand apparel lawas asal Hamamatsu jepang yang juga legendaris!

6 COMMENTS

  1. jadi galau….krn belum bisa kebeli 😀 keren bgt & cukup merepresentasikan katana originalnya.
    btw dulu pertama liat katana aneh / unik . sekarang liat desain gayanya kaku gini ternyata banyak di aplikasi di motor2 eropa hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here