Gagahnya Honda XRE 300 2019, Cocok Untuk Motor Penjelajah Murah di Indonesia?

4

Sobat MMBlog sekalian, lain padang lain ilalang, di negara tetangga, tetangga yang lumayan jauh sih, wkwkwk, ada satu unit motor yang bisa dibilang lumayan keren dan menarik. Memadukan unsur model, gaya, fungsional, dan jelas serta konsisten, Honda XRE 300 adalah motor yang sebenernya, punya potensi berkembang di berbagai negara, alias motor global! Apalagi, update di tahun depan, Honda XRE 300 punya tampilan yang kece dan menarik, hmm.

Honda XRE 300 adalah motor dual purpose yang menjadi salah satu armada Honda Brazil. Motor ini di sana mendapatkan perlawanan yang super ketat dari pesaingnya yakni Yamaha Tenere 250. Setelah melakukan beberapa penelusuran literature, Honda XRE 300 penjualannya masih dikatakan lebih baik ketimbang kompetitornya, walaupun beda tipis doang, seperti yang diketahui, kalau Yamaha di Brazil lumayan berhasil menancapkan taringnya Sob.

Kesuksesan Honda XRE 300 sedikit banyak dikontribusikan oleh tampilan, mesin, dan kaki-kaki yang serius. Motor ini terlihat bisa banget diajakin untuk nongkrong-nongkrong gagah. Tapi terlihat juga siap untuk diajakin kerja harian. Butuh petualangan lebih, motor ini juga bisa diandalkan untuk menjelajah. Bagaimana enggak, mesinnya lumayan handal, simpel, dan bertenaga. Di gawangi oleh mesin 300 CC, satu silinder, DOHC, Air/Water Cooled, mesin yang identik dengan fungsi dan simplisitas, maka mesin ini siap untuk “ngapain aja”! enak banget mesin begini ini, easy maintenance tapi bertenaga!

Nah, perkara kaki-kakipun juga lumayan tangguh dan serius. Kaki-kaki Honda XRE 300 ditopang oleh pelek ring 21 untuk roda depan, dan pelek ring 18 untuk roda belakang! Ditambah lagi, peleknya menggunakan pelek jari-jari! Suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik yang terlihat panjang. Untuk suspensi belakang, disupport oleh suspensi monoshock yang dikombinasikan dengan swing arm yang berbahan aluminium.

Pengereman pun bukan abal-abal, menggunakan rem cakram baik di depan ataupun di belakang. Malah, dikasih varian ABS pula, hmmm, gawat juga nih motor, bener-bener mengenin! MMBlog pribadi, lebih sreg dan lebih dapet chemistry sama motor ini ketimbang Honda CRF250 Rally yang cenderung off road oriented dan kelewat gagah. Honda XRE 300 lebih kayak Off-Road  bias dengan paruh burung ala BMW GS, serta body yang masih agak lebar kayak motor-motor nakedbike.

Gimana Sob? Setuju gak kalau motor ini jadi armada untuk jadi benteng Honda CRF250 Rally? Ya kalau di Indonesia CC-nya diturunin gocap jadi 250 laah biar enggak kena PPNBM, hehehe. Oke deh, monggo disimak foto-fotonya yah.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here