Pengen Motor Dua Silinder Jadi Tampil ala Motor Empat Silinder, Mungkin Header Custom Ini Boleh Dicoba!

12

Sobat MMBlog sekalian, motor empat silinder bisa dikatakan sebagai motor impian dari kebanyakan bikers di Indonesia. motor empat silinder, bisa dibilang daya tarik paling utamanya adalah dari sisi audio. Suara motor empat silinder bener-bener memukau secara akustik. Merdu, bulat, padat, membuat siapapun tertarik dan menoleh. Yang kedua, gak kalah penting adalah tampilan, motor dengan mesin empat silinder, juga memukau karena ada 4 header atau pipa knalpot yang keluar dari mesinnya. Kalau suara, mungkin agak susah dicari di motor dengan jumlah silinder lebih sedikit, tapi kalau visual, hmm, mungkin pengrajin knalpot di Indonesia bisa mewujudkannya!

Kayak yang ada di artikel ini, MMBlog ketika melihat ada pengrajin knalpot yang bisa bikin model knalpot ajaib ini langsung apresiasi. Pengrajin ini, bisa membuat knalpot Ninja 250 yang dua silinder, terlihat seperti menggunakan mesin empat silinder. Dari dua lubang pembuangan gas di mesin Ninja 250, knalpot langsung di cabang, satu lubang langsung di cabang jadi dua header, total jadi empat header yang perpajang di depan mesin. Lalu, dibawah, langsung menyatu lagi menjadi satu header, mantap!

Jadi sistem knalpotnya : 2 – 4 – 1

Agak unik yah, karena biasanya angkanya tuh turun macam : 4 – 2 – 1 atau  4 – 2 – 2

Terus secara suara gimana tuh? Apakah akan praktis juga jadi ngikut model suara motor empat silinder. Jawabnya sudah pasti enggak Sob. ada kok beberapa videonya di Youtube, suaranya ya sama aja, dua silinder khas Ninja 250 atau Yamaha R25. Kalau mau suara mungkin crankshaft angelnya kudu di ganti jadi kayak Benelli TNT 250, motor dua silinder dengan suara empat silinder yang pistonnya naik turun bareng-bareng, gak gantian kayak piston Ninja 250 atau piston Yamaha R25. Perkara performa gimana? hmm, ngelihat jadi kayak gitu kok sangsi malah ngempos yak?

Oia, ER6n pun ada yang kena sentuhan knalpot ajaib ini loh Sob. Hmm, jadi makin kekar yah.

Oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen yah. kreatifitas emang gak ada batasannya Sob! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. Anjay.. ngemposs dah itu tenaganya
    Kecuali itu diameter in nya jadi kecil kecil, mungkin sama.
    Lahh itu jadi empat dengan diameter dalam sama dengan yg dua header.. wkwkwk

  2. halah ngeberat2in aja itu, haha
    saran supaya ga ngempos, salah satu pipa dr 1 lubang exhaust di bikin mati aja, jadi bener2 cuma pajangan, dan gas buang tetap mengalir di salah satu lubang saja, IMHO

    • nah ketauan blm pernah nyoba performa si DOHC near square neh, cuma cuap2, haha..
      ane udh nyoba ga brani asal celoteh lagi, jelas beda jauh feel nya sama bebek, apalagi matic..

    • @jacob

      Hahahaha…. Dibanding SOHC Sekelas Verza aja keok kok. Kelebihannya apaan? Klo CBR Overbore sih gw akuin kencang abis, ama R15/GSX aja bejaban. Yg Near Square sih sorry yak… klo korekan mah MX King di korek jg kenceng sampe 30dk jg ada.

    • @Roy, wauaduh ente bandingin sama Verza bilang keok, fix ente ga pernah nyobain neh.. haha
      ane udah pernah punya verza, megapro, Supra GTR150 (mesin K56), MT-25, Nmax, Suzy arashi, beat (walau ga semua dlm wktu bersamaan), jadi ane udah tau feel nya masing2, makanya ane berani komen.. dan udah pernah bawa vixion n CBR K15 punya temen, jadi ane tau persis feel nya masing2 motor itu Om.. 🙂
      jujur aja so far untuk urusan enteng2an mesin sejauh yg ane coba mesin nya K56 yg paling gahar, khususnya tarikan bawah-tengah nya ya, dan kebetulan Supra lbh enteng dr versi CBR/CB nya, makanya tarikan enteng rasanya.. SOHC Verza/megapro mah performa 11-12 sama bebek suzy Arashi, menang torsi aja dikit krn cc lbh gede.. klo SOHC verza/NMP tuh baru ane akui keok lawan bebek n matic (pengalaman pribadi)

  3. Kreativitas perajin knalpot Indonesia perlu diapresiasi. Asal jangan mengarah ke pelanggaran HAKI aja.
    Kalo buat performa memang banyak yg sudah pake riset shg performa meningkat, tapi banyak juga masih perlu belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here