Ketemu Honda Shadow 1100, Sang Honda Made in USA!

8

Lahir Tahun 80-an, Perkeruh Market Harley Davidson!

Honda Shadow, atau Honda VT series pertama kali lahir pada tahun 1983 silam. Melihat trend dan market motor cruiser di Negeri Paman Sam begitu bagus prospeknya serta pasarnya terus tumbuh, Honda Amerika sebagai produsen motor yang jelas pengen banget nyari untung, memikirkan untuk melahirkan sebuah motor cruiser yang dapat “membayang-bayangi” Harley Davidson yang saat itu memang jadi trendsetter. Akhirnya, Honda membuat Honda Shadow!

Honda Shadow di awal mula debutnya, masih diimpor dari Jepang Sob. motor ini langsung hadir dengan dua kubikasi, 500 CC, dan 750 CC. Tapi saat itu, ada tarif spesial dari pemerintah Amerika terhadap motorber-CC lebih dari 701 CC yang diimpor dari Jepang, mau enggak mau, CC-nya direduksi jadi 700 CC aja. Motor ini, punya kode VT500 dan VT700. Namun, pada tahun 1985, ada penyesuaian tarif, sehingga kubikasi motor ini bisa diperbesar mengikuti trend HD yang juga besar-besar, maka terciptalah Honda VT1100 atau Honda Shadow 1100!

Honda Shadow 1100 bener-bener langsung mendapatkan perhatian oleh biker Amerika. Makanya, enggak heran, produksi motor ini lumayan lama Sob. mulai pada tahun 1985, dan selesai pada tahun 2007! Yups, 22 tahun! Kalau ada motor yang selama ini diproduksi, indikasinya jelas, LAKU! Hingga akhirnya, Honda VT1100 aka Shadow ini, perannya di gantikan oleh Honda Fury atau Honda VTX1300, yang terlihat lebih kuat aroma motor chooper-nya.

instagram

Villa Kanaya

8 COMMENTS

  1. Comment:aku pernah nyicip ni motor, emg mesin v twin ginian bikin ngerih torsinya, aplgi suaranya yg kyk helikopter brap braap, bkl jd pusat perhatian dijalan..
    klo lari sih g kenceng dibanding SBK, tp maskulin gt klo dipake..

    oiya cerita sikit, aku jajal ni motor waktu lg jln² di jambi, ad temen yg kebetulan punya, kebetulan temenku ini dpt dari pasar gelap yg tersohor dipesisir pantai timur sumatera, t4nya di kuala tungkal jambi, dy cerita dpt motor ini dri kapal asal singapura yg bersandar, & abk kapalnya pun g bs mastiin kondisi motor, bs hidup ap mati, tp kondisi saat itu bnyk korosi kn embun, maupun percikan air laut, dy beli scr gelondongan NP sepaket sm HD super glider *koreksi klo salah, dimaharin 60jt untuk 2 motor itu..
    yg HD waktu itu blm sm4 aku coba karena kondisi mati kelistrikan klo g salah
    #upss panjang lebar ceritanya..

  2. Kalau produk produk honda yang lain sangat sangat berdarah samurai atau ronin. Maka yang satu ini kita kasih julukan..”A Japanese Cowboy”…..hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here