Cerita Ganti Cakram Mas Moel Dengan Cakram Yamaha R25 Plus Nyari Baut Ghoib!

9
cakram pas kegerus sama baut karatan

Sobat MMBlog sekalian, di kerjain sama motor. Mungkin itu klausa yang pas untuk mendeskripsikan secara singkat dan padat, mengenai apa yang MMBlog alami beberapa hari yang lalu. Setelah touring kemerdekaan pelabuhan ratu dengan Mas Moel, didapati, ternyata ada oleh-olehnya. Kalau bocel doang mah okelah yah, gak masalah, tapi kalau rem abis, plus cakram kegerus, praktis, motor jadi gak bisa dipake. Sempet galau, nyari part online, harganya ternyata WOW banget! Hmm, ya kudu puter otak lagi.

Di luaran, cakram Yamaha FZ6 Fazer S2 dijual dengan harga 250 US Dollar sebiji! Kalau dua jadi 500 US Dollar, moncrot dah dompet 😆 , duit segini bisa buat jalan-jalan sama nay dan emaknya keluar kota bahkan keluar negeri beberapa hari, ogah dah beli OEM! Searching-searching, MMBlog coba kepoin detail Yamaha R25, wah, secara visual kok mirip yah! oke sekarang cek speknya cakram mas moel, diameternya 298 cm ketebalan 5 mm. Coba cek R25, diameter 298 cm ketebalan 4 mm, udah floating juga, waahhh ini aja, biar kata lebih tipis! Langsung cari waktu buat ke DDS! Gak lupa, sekalian beli brakepads OEM ajah! Enaknya, harga bisa dicek di aplikasi, 630 ribu satu cakram, dua jadi 1.260.000 rupiah.

Stok di DDS ternyata ada itu cakram, yaudah sikat! Sekalian sama baut R25 juga deh, beli 10, lagi-lagi sikat! Kampas rem R6 atau MT09 ada gak? Gak ada, nunggu sebulan lagi, yawis, batal, nyari aftermarket yang bagusan! Oia, Mas Moel-nya jadi nginep di Bogor. Sip dah, mikirnya udah dapet semua nih part yang diperluin. Weekend, akhirnya ke Bogor lagi, dengan sebelumnya beli kunci L Tekiro ukuran 19 mm buat buka as roda depan Mas Moel (banyak juga yang dibeli yak 😆 ). Akhirnya lepas ban depan, dengan adanya standar tengah, kerja jadi lebih gampang.

Bener aja, kampas rem udah abis euy, cepet banget ini Goldfren yak 😥 gak murah juga harganya, ya pake Galfer lagi. Liat pelek, ini baut pengikat cakramnya udah coklat karatan, ngebukanya juga udah susah, akhirnya bawa ke tukang las listrik. Kalau dijakarta, 1 lubang itu 15 rebu, di bogor, 1 lubang 4 rebu, mayan ngirit 😆 . ngelihat bautnya, asyeem, beda pula sama baut R25, hadeuuhhh. Kerjaannya nanggung lagi deh 😥 . nyari baut kesana kemari, enggak ada yang jual euy, di toko baut gede juga enggak ada sama sekali. Muter-muter jakarta ampe bego nyari itu baut 👿 😆 :mrgreen: .

Sempet browsing, ada yang jual di Inggris, dengan harga yang fantastis! 10 biji 850 rebu belum ongkir. Ada juga dari Tiongkok, 500 rebu udah ongkir, Cuma ya lama lagi kan nunggunya, kalo part laen okelah, lah ini baut doang 🙁 . Sebenernya, babeh nyaranin, kalau repot, mending peleknya di bawa ke tukang bubut, terus lubang bautnya di gedein terus di senay sama ukuran baut yang umum. ya bisa aja sih, cuma masih sayang lah.

Akhirnya pas malem, inget sama Koh Welly Karisma Motor, langsung japri beliau, nanya ada gak nih baut, Koh Welly jawab “Ada Mas”, wuiiihh! Yaudah, besoknya cuss ke Karisma Motor, dan emang cuman ada PAS 10 BIJI! Okeh, angkut bawa pulang! Di kesempatan lain, MMBlog cuss lagi ke bogor nebeng adik ipar pake mobil, sampe sana, Mas Moel yang ban depannya udah kecopot itu langsung MMBlog pasang ban yang udah keinstall Cakram R25 dengan Baut Ghoib yang ternyata sama kayak punya Suzuki GSX-R600/750/1000.

udah rapih

Udah rapih, jajal dulu. Di awal, kombinasi kampas Galfer sama cakram baru R25 bisa dibilang nyelonong rem-nya 😆 . yaudahlah, bawanya santai aja dari Rumah mertua di bogor ke matraman malem-malem. Kurang lebih 50 km, baru deh kerasa itu pakemnya perangkat rem baru. sejauh MMBlog pake, Cakram R25 di Yamaha FZ6 Fazer S2 berasa aman-aman aja, walaupun disc-nya lebih enteng, dan lebih tipis. Hmm, ada pengaruh gak yah? temen-temen ada pengalaman pake cakram lebih tipis? Oke deh, artikel intermezzo aja nih, hehehe. Ya begitulah lika-liku sparepart motor gede, udah siap punya moge langka?

9 COMMENTS

  1. klo lebih tipis blm pernah tp klo lebih tebal pernah, si ternoda pake part KW, kampasnya nyantol alias ngembang, ban depan gak bisa muter akhirnya brenti berkali2 buat ngantor. balik kantor beli part ori suzuki, 200rb an klo ga salah. aman sampe ganti cakram n velg fu karbu cbu

  2. Biasanya di cakram ada tulisan minimum thickness nya berapa.
    Kalo minimum thickness lebih dari 4 mm, berarti aman dipake.
    Berhubung disc nya dua, dan berat Mas Moel enggak sampe 2x berat R25, berarti dua cakram itu kuat menanggung beban pengereman.
    Tapi sebaiknya Mas Moel nya dijalanin dengan max speed tidak melebihi top speed nya R25.

  3. Piringan cakram di sini di maksud tipis dalam artian piringan cakram baru ( bukan tergerus atau terkikis). Cuma beda 1 mm dengan piringan cakram fz6, dan sama sama ori pabrikan.
    In syaa Allah.. Aman mas.. Dan pengunaanx gk extreem.. Apalagi piringan cakram R25 salah satu produk global.

    • mantaaapp! saya juga mikirnya gitu Mas Abu, siaapp, Insya Allah aman yah, so far sih udah 100 km aman-aman aja, pakem banget malah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here