Ubah Warna Velg, Cara Instan Dongkrak Tampilan Motor! Ini Tipsnya!

4

Sobat MMBlog sekalian, mengubah warna velg motor adalah salah satu langkah modifikasi ringan dan relatif mudah agar tampilan motor temen=temen menjadi lebih menarik. Bahkan pabrikan aja sering kan? ngasih update dengan memberikan warna baru di pelek motor-motornya? Mengubah warna velg racing sebenernya tidak terlalu sulit, jadi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan sendiri. Nah, mengecat velg racing tidak serumit mengecat bodi motor, hanya saja tetap butuh tahapan yang dilalui Sob. Seperti misalnya mengamplas, mencuci, mengecat hingga mengeringkan perlu dilakukan untuk hasil yang maksimal. Nih Tipsnya!

Amplas Permukaan Velg

Langkah awal, amplas permukaan velg menggunakan amplas ukuran 800. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan warna sebelumnya dengan baik. Pengamplasan ini dilakukan agar cat baru nanti tidak mudah mengelupas. Setelah diamplas, bisa dicuci dan dikeringkan dengan cara dijemurkan saja.

Menutup Area Yang Tidak Diinginkan

Setelah benar-benar kering, velg siap dicat. Namun sebelum memulainya, tutup dulu bagian-bagian yang tidak ingin terkena cat menggunakan kertas koran atau isolasi kertas. Kebanyakan, menutup dengan isolasi lebih dipilih untuk menutupi bagian-bagian celah yang sempit.

Cat Dasar

Setelah semuanya rapi, lakukan penyemprotan menggunakan Poxy. Ini berfungsi untuk memberi dasar awal sebelum pengecatan dan rata di seluruh permukaan cat nantinnya. Setelah diberi warna cat dasar, warna putih atau silver merupakan langkah selanjutnya sebelum dilakukannya pengecatan warna utama. Lakukan pengecatan warna dasar tersebut sebanyak dua kali lalu jemur di bawah sinar matahari.

Jaga Jarak Saat Pengecatan

Waktu mengecat warna utama, lakukan dari jarak kira-kira 40 cm dari velg. Jarak ini akan menghindari penumpukan di satu titik. Lakukan secara berulang agar seluruh permukaan tertutup dengan cat.

Lindungi Dengan Pernis

Setelah selesai pada warna utama dan dijemur kering, jangan lupa untuk melindunginya dengan menggunakan pernis. Selain melindungi, pernis juga mampu membuat tampilan velg menjadi lebih timbul warnanya dan mengkilap. Penyemprotan pernis juga harus dilakukan dari jarak yang ideal agar pernis tidak turun dan tidak menggumpal.

Yang udah-udah, ngecat velg motor dengan warna yang berbeda, sehingga bikin tampilan motor jadi keren juga bisa bikin  harga motor bekas jenis motor tertentu (yang temen-temen punya) juga bisa terkerek naik! Repaint pelek itu, kalau hasilnya mantap dan keren, pamor motor temen-temen bakalan naek memang!

Gimana? berani coba? MMBlog mau cat pelek mas moel ah mumpung lagi kecopot, wkwkwkwk. semoga berguna yah!

4 COMMENTS

  1. om vandra, saya juga mau ikutan ngecet velg nih, tapi masih bingung, epoxy, cat dan vernis nya pake cat semprot merk apaan yak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here