Status Sparepart Moge : Ada, Langka, Ghoib!

2
Ni motor niscaya ghoib status sparepartnya

Sobat MMBlog sekalian, artikel iseng nih, tapi Insya Allah ngebantu temen-temen yang baru minat untuk punya atau main Moge. Yups, seringkali MMBlog mendapatkan pertanyaan seputar sparepart moge. Sebenernya perkara sparepart moge, MMBlog udah pernah beberapa kali bikin artikelnya. Tapi untuk lebih jelasnya, MMBlog kasih tau status dari sparepart moge di Indonesia. Umumnya itu ada tiga status, Ada, Langka, dan Ghoib!

Ada

Sebuah moge dibilang status sparepartnya ada kalau emang bener-bener (relatif) mudah di temui. Indikatornya adalah fast moving. Macam kampas rem, lampu-lampu, dan paking/gasket. Moge Kawasaki adalah jawaban untuk status sparepart ADA ini! Di beberapa bengkel resmi Kawasaki, paking ER6n ada lengkap, bohlam-bohlam khususnya kayak sein juga ada biar kata sebijinya 57 Ribu 😆 . Tapi dibilang sparepartnya banyak juga gak juga. Gak bisa dicompare sama sparepart motor-motor umum kayak Vixion atau Streetfire yang di tiap bengkel ada. Moge Honda yang dijual AHM juga ada, walaupun butuh waktu, Yamaha juga untuk motor pasarannya macam R6 juga ADA. Pokoknya, moge yang dijual sama ATPM dan laris kacang goreng, Insya Allah partnya ADA, tapi enggak banyak juga.

Langka

Ini biasanya masih langka aja, karena common part

Langka itu biasanya untuk motor-motor besar yang banyak di Indonesia, tapi enggak dijual oleh ATPM. Macam Suzuki Bandit 400, Honda CB400, dan moge pasaran lain. Biasanya, partnya ada di stok sama bengkel-bengkel spesialisnya. Walhasil, banyak juga motoris yang akhirnya nyetok sparepart motornya. Calling bengkel sana, Calling bengkel sini, ya bisa aja ketemu, dengan effort yang lebih ketimbang moge yang status sparepartnya ADA!

Ghoib

Ini adalah status buat moge yang emang sparepartnya gak ada di Indonesia. Macam Mas Moel, dan moge langka lainnya. Lah, nyari baut aja sampe kelojotan, beruntung Koh Welly punya dan itupun stok lama dia, ya kayak berjodoh aja jadinya sama baut itu si Mas Moel, nanti MMBlog ceritain ya. Mau enggak mau, ya sparepartnya kudu beli online dari luar negeri Sob.

Moge Eropa gimana? Itumah lebih lagi, antara Ghoib dan langka, wkwkwwk. Makanya sekali ada yang rusak, kadang itu motor ya lama gak bergeraknya karena nunggu part-nya relatif lama. Gimana? Udah jelas? Kalau belum monggo komen aja di kolom komentar yak!

2 COMMENTS

  1. Motor kecil k,s,p, yg h jg susah alias ghoib lha beres ngk nyetok , ug lucu H mtr baru -/+ 2 thn fassmt moving part susah didapat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here