Honda X11, Muscle Hyper Bike Sebelum B-King!

3

Sobat MMBlog sekalian, enggak banyak jenis Muscle Hyper Bike yang bisa dibahas. Memang, karena gak banyak juga pabrikan yang memproduksi motor tipe ini. Kalau Hyperbike, hampir semua pabrikan punya. Suzuki dan Kawasaki punya sampai sekarang dengan Suzuki Hayabusa dan Kawasaki ZX14. Yamaha sepengetahuan MMBlog gak ada, Honda pernah ada dengan Honda CBR1100 Black Bird, dan motor ini dibuat versi nakednya dengan nama Honda X11 aka Honda CB1100SF!


Honda X11 adalah Hyper NakedBike yang tampil gambot dengan ukuran tangki masif dan dominan. Motor jadi tampil bulky, gede, dan berat di depan. Selain itu, sasis twin spar dari motor ini juga terlihat dan luar biasa terekspose. Mesin yang berkubikasi gede itu malah enggak terlalu kelihatan. Ketutup sama shroud. Tapi output mesinnya, yakni knalpot, terlihat kalau emang mesinnya punya kubikasi gede, yups ada 2 knalpot di kanan kiri motor Sob.

Mesinnya sendiri mengusung mesin empat silinder 1137 CC, radiator, dengan kompresi 11 : 1. Motor ini napas yang bisa dibilang panjang-panjang, karena giginya juga cuman ada lima. Plek lah sama mesinnya Honda CBR1100 Black Bird. Cuma sayang, waktu itu, tahun 1999-2001, nakedbike kencang, besar, berat (230 kg) cepat, dan gagag belum terlalu banyak peminatnya. Padahal, motor ini punya ergonomi yang nyaman, handling yang nimble, serta tangku bbm yang praktikal karena gede banget 22 liter Sob. Belum lagi, mesin 1100 CC-nya ini juga dikenal kencang, reliable, bertenaga, dan FUN. Makanya di berbagai review, mesinnya banyak dibilang mesin yang sempurna.

Suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik, dual cakram di depan, dan satu cakram di belakang. Banyak website luar yang merekomendasikan motor ini sebagau motor bekas terbaik. Nyaman, kencang, bertenaga, nurut, irit, dan punya tampilan beda dari yang lain serta harga yang muraaaaah cuman 40-50 jutaan (Harga di Eropa kalau di kurs-in ke Rupiah sekarang adalah value menarik dari motor ini Sob. Hmm, di Indonesia sih ada aja yang jual CBR1100 BlackBird, dan harganya emang mayan murah 70 Jutaan tapi minus surat, wkwkwkwkwk. Popularitas Honda X11 bekas semakin memuncak waktu Suzuki B-King keluar. Ya biasalah, motor diskontinue kan emang gitu, butuh waktu dulu, abis itu malah dicari-cari. Apalagi kalau ada rival barunya, semakin dibanding-bandingin ya semakin bagus imagenya. B-King dan X11 sama-sama krisis di penjualan. Kayaknya emang Hyper Nakedbike emang enggak terlalu banyak peminat kalau dijual baru dengan harga tinggi.

Oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

3 COMMENTS

  1. Tiba2 saya rindu aerox 125
    Orang indo memang kebanyakan butuh watu memahami design. Sdm masih perlu terus diapgret emang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here