Email Pembaca : Honda Forza 250 atau Yamaha X-Max 250? Ya SYM Maxsym 400 Sekenlah! #TheRealBiker

9

Sobat MMBlog sekalian, Honda Forza baru aja dirilis minggu kemarin, sontak, jagad permotoran roda dua kembali dibikin hangat, tepatnya di segmen maxy scooter 250 CC. Segmen gemuk yang saat ini hanya dihuni oleh Yamaha X-Max 250 sebagai pemain utama (ya ada sih maxy scooter 250 CC lain, tapi Cuma jadi penonton di tribun πŸ˜† ), sekarang mulai menunjukkan warna baru. nah, ada Bro Rifki yang nanya ke MMBlog, β€œOm, mendingan mana nih? enaknya, ambil Yamaha X-Max 250? Atau Honda Forza 250?”, okeh, MMBlog coba jawab.

Yamaha X-Max 250

Yamaha X-Max 250 adalah maxy scooter 250 CC paling mapan saat ini. Statusnya yang merupakan motor produksi dalam negeri dan berasal dari pabrikan Jepang, otomatis membuat Yamaha X-Max 250 menjadi motor yang mengenin. Desain keren, dimensi besar, bahkan dibanding nakedbike 1000 CC aja masih gede Yamaha X-Max 250. Ngomongin mesin, 250 CC, satu silinder, dan bukan mesin jadul, membuat Yamaha X-Max 250 bisa ngacir sampai 120 km/jam tanpa kesulitan. Makanya, ini motor kalau touring bareng moge doang mah masih bisa nempel-nempel.

Suspensi depan menggunakan suspensi panjang laiknya motor sport. Ada traction control yang bikin motor anti selip, ABS? Udah jadi peranti standar. Keyless? Sama, udah jadi peranti standar. Yamaha X-Max 250 juga udah banyak banget variasi aftermarketnya di tanah air, hmm, MMBlog pribadi juga udah pernah jajal ini motor, gak sekali dua kali, lumayan sering! Karena salah satu #TeamMMBlog Bro Dimas emang punya Yamaha X-Max 250 yang digunakan untuk wara-wiri.

Yamaha X-Max 250 punya value tinggi untuk ukuran matik 250 CC, betul, harganya ituloh, VALUE! Yups, motor ini dijual gak sampai 60 juta, sekarang OTR DKI tampaknya manteng di 57 jutaan, di awal launchingnya, motor ini dijual 55 juta, bener-bener sebuah harga yang menarik. Dulu, Yamaha X-Max 250Β  kudu dipesan online di hari khusus, tapi sekarang udah bisa order online kapan aja. Mantap.

Honda Forza 250

Honda Forza 250, adalah Maxy Scooter yang punya desain futuristik ala Honda saat ini. Motor tampak elegan, classy, dan humanis. MMBlog udah lihat langsung unitnya di GIIAS, memang cakep Sob. perkara dimensi, lebih kecil sedikit ketimbang Yamaha X-Max 250. Perkara spek dan lainnya, bener-bener head to head sama Yamaha X-Max masbro, kecuali, suspensi depannya yang menggunakan suspensi ala skutik kecil atau bebek yang pendek. MMBlog pribadi gak berani mengklaim kalau suspensi ini lebih inferior, harus dibuktikan dulu lah dengan dibawa riding.

Perkara harga, Honda Forza 250 bisa dibilang punya positioning yang berbeda dengan Yamaha X-Max 250. Motor ini dijual dengan harga 70 Juta rupiah, sebuah harga yang bahkan, lebih tinggi dari Honda CBR250RR standar, dan Honda CRF250 Rally yang statusnya sama kayak Honda Forza 250 yang Completely Built Up dari negara tetangga Thailand. Sebuah harga yang secara nomina, akan membuat calon buyer berfikir dua kali dan 95% di benaknya, akan langsung membandingkan dengan harga dari Yamaha X-Max 250.

Tentu tetep bisa sukses, caranya? Kuota-in aja, pirit-pirit, jadiin eksklusif. Orang kira kan aneh πŸ˜† . pokoknya jangan dibikin pasaran, jangan dibikin murahan.

Terus gimana Mas? Pilih yang manee nih? sesuai judul, ya pilih SYM Maxsym 400 laaah πŸ˜† .

Lhooo, kok gitu mas? Ya nanyanya ama MMBlog sih, karena jujur aja, kalau MMBlog punya duit 60 jutaan, ya MMBlog ambilnya SYM Maxsym 400 seken lah! Motor ini dijual dengan harga 60 jutaan sekarang sekennya, dan nyarinya gak susah, di situs jual beli banyak yang jual! Emangnya ini motor bagus mas? BAGUS! SYM Maxsym 400 adalah motor standar eropa, SYM yang merupakan pabrikan Taiwan, udah jadi spesialisasinya bikin skutik!

MMBlog sendiri udah pernah jajal, udah pernah coba, dan asliiiii, bikin ketagihan, dan bikin males turun! Enaknya lagi, ini motor 400 CC, bisa melenggang kangkung di parkiran moge mana aja! Naah! Gimana? Wkwkwkwk, makanya MMBlog kasih tagar #TheRealBiker, yang tau motor, gak butuh resale value, dan praktikalitas tinggi, ya SYM Maxsym 400 sekenlah Sob πŸ˜† . gimana? Ada yang mau nambahin gaak? Hehehe, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

Buat bro Rifky, monggo, sesuaikan sama selera, budget, dan keyakinan diri sendiri. Ahsannya, sampeyan jajal dulu aja Bro, tunggu sampai Honda Forza 250 ada unit yang bisa dijajal, baru putuskan, sabar yak!

9 COMMENTS

  1. Xmax 250 value banget, selisih 13 juta itu ga sedikit loh bisa buat beli kebutuhan lainnya, dengan selisih 13 juta (mahalan Forza) kita bisa rayu istri “swami bahagia istri senang beliin matic 110cc”

  2. maxsym 400cc nya twin apa single?
    – yg value : XMAX
    – yg keren : Forza
    – yg ngerti : maxsym

    btw jujur aj, kl liat forza sekilas ky nmax full modif hehehe piss ah

  3. Kalo kelas harga udah diatas 50 juta gw ga yakin selisih 13 juta jd satu2nya pertimbangan..
    Selain soal selisih harga, bisa jd ada orang yg emang pengennya forza. kalaopun ada duit lebih, tp lebih suka xmax ya bakal beli xmax. Sodara gw udh tau bakal ada forza, doi tetep beli xmax, bukan ga sanggup beli forza, emang lebih suka xmax.

  4. Kalo punya duit, saya bakal pilih Forza. Soalnya desainnya kalem, Xmax menurut saya terlalu intimidatif. Faktor tinggi badan juga berpengaruh. Menurut info, Forza lebih bersahabat untuk orang2 yang tingginya di bawah 170cm.
    Kalo Sym, selama domisili di jakarta kayaknya sih oke2 aja, tapi kalo bukan kota besar kayaknya bakal susah servisnya.
    Btw ada juga opsi lain, yaitu Kymco k-xct-200i. Dealernya juga udah tersebar di kota2 besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here