Review Harian Triumph Bonnevile T100, Romantisme Yang Susah Dinafikan!

8

Sobat MMBlog sekalian, kalau beberapa hari yang lalu, MMBlog udah bikin artikel mengenai review harian Triumph Bonnevile T100 dari sudut pandang emosional seorang bikers, nah, sekarang MMBlog akan coba untuk bercerita mengenai impresi berkendara harian dengan Triumph Bonnevile T100 berdasarkan variabel-variabel berkendara, oke deh, MMBlog coba tuangkan beserta dengan rating skalanya yah Sob.

Ergonomi

Triumph Bonnevile T100 adalah motor retro yang punya posisi riding ultra natural, alami pake banget. Tekukan-tekukan engsel di badan sama sekali gak ada yang berlebihan, tekukan dengkul, tekukan pinggang, tekukan sikut, semuanya PAS! Temen-temen bisa lihat di foto, MMBlog riding dengan posisi yang SIT IN! setang enggak terlalu tinggi, tapi juga enggak terlalu rendah. Setang ternyata lumayan lebar Sob, hampir menyamai setang Yamaha FZ6 Fazer aka Mas Moel. Handgrip Triumph Bonnevile T100 diameternya gede, jadi tangan bisa menggenggam handgrip dengan lebih ergonomis dan nyaman, mantep gitu lah. Jok juga empuk banget, nyaman euy, tinggi joknya untuk MMBlog yang tingginya 167 cm BB 82 kg ini masih bikin sedikit jinjit, tapi karena motor ini enteng, ya jadinya sama sekali enggak masalah. Ergonomi kayak begini, terbukti jarak 80 km sekali jalan mah dilahap sempurna tanpa lelah, bahkan buat harian yang macet-macetanpun bikin kontrol dan selap-selipnya jadi mudah.

Nilai : 11 dari 10 Bintang

Suspensi dan Handling

riding manja yuukkk

Motor ini punya suspensi yang amat sangat superb! Untuk nyaman jadi, untuk selap-selip seruntulan pun gesit! Suspensinya ampun ayunannya lembut banget! Nyamannya Keterlaluan kalau kata ane pribadi Sob. ditambah lagi ukuran roda depan yang 18 inci itu membuat riding menjadi lebih sedikit getaran, kalau ada jalan berlubang ya jelas, langkah ring 18 lebih jauh dan lubangnya kelompat. Area belakang juga disupport oleh suspensi stereo yang kinerjanya serius meredam guncangan, intinya sih luar biasa nyaman.

Berkat kinerja suspensi yang begini plus roda depan 18 inci, Triumph Bonnevile T100 punya stabilitas yang bagus di kecepatan tinggi, gak ada yang namanya melengseng atau goyang melayang dsb, wkwkwkwk.

Handling gimana Mas? Herannya, biar kata empuk, tapi handling motor ini luar biasa jinak dan predictable. Mungkin karena ban yang dipakai juga Pirelli kali yah? untuk sekedar zigzag dikeramaian jalanan ibukota sih bisa banget nempel matik-matik seruntulan ๐Ÿ˜† . aahh, juaralah untuk ukuran motor retro bin klasik begini. Suspensinya itu ngajakin ridernya buat lebih lama riding, bukan untuk riding gila-gilaan, walaupun buat gila-gilaan juga bisa.

Nilai : 9 dari 10 Bintang

Performa

Mas, yakin motor retro gini ngomongin performa? Eittss, jangan ngejudge motor ini dari tampilan fisik dan tampilan mesinnya Sob! Triumph Bonnevile ini dibekali oleh mesin 900 CC, Twin, OverBore, dan bisa ngeluarin tenaga hingga 54 bhp, haaahhh? CC beda jauh sama CBR250RR tapi tenaga cuman beda 14 hp Mas? Yaa, itu horsepowernya, torsinya? Triumph Bonnevile T100 punya torsi 80Nm, empat kali lipat dari Honda CBR250RR yang cuman 22 Nm! Dan itupun didapat di Rpm rendah loh Sob, wkwkwkwk, makanya, pernah di lampu merah matraman, ada CBR250RR yang kayaknya iseng, pengen betot-betotan, di awal, jelas jauh tertinggal mutlak dah tuh CBR ๐Ÿ˜† . tapi jangan salah, ini motor tenaganya bener-bener ngikutin bejekan throttle by wire-nya itu Sob, kalau temen-temen gasnya ngurut, niscaya, kenikmatan hakiki bakalan ngikutin dan ngebonceng di belakang, asliiiii enak bangettt!

Buat kepepet dan waktu yang mendesak gimana? Weleehh, ini motor lari 0-120 km/jam doang enggak ada mikir-mikirnya, belum lagi ada hiburan dari suara knalpotnya yang mirip-mirip sama knalpot motor V-Twin! Sedaaaap! MMBlog kalau riding dalam kota doang sih, gigi yang kepake paling sampai gigi 3 doang, gigi 4 dan limanya masih baru ๐Ÿ˜† . napasnya panjang-panjang, dan gak perlu rpm tinggi untuk bisa ngeraih ke keceparan tinggi Sob. overtaking, rolling speed, JJS, semuanya ada dan SIAP dilakuin oleh Triumph Bonnevile T100!

Nilai : 9,5 dari 10 Point

Pengereman

motor menggunakan rem cakram di depan, single, dan rem cakram di belakang, yang pastinya juga single (gila aja ada rem belakang double ๐Ÿ˜† ). Kinerja pengeremannya udah baik, cukup, dan ABS-nya bikin ngerem jadi lebih tenang dan lebih nyaman.

Nilai : 7 dari 10 Point

Riding Quality

Minim getaran, kopling super empuk, shifting ringan, tuas rem empuk baik yang ditangan atau dikaki, throttle juga enteng luar biasa. Speedo gampang kepantau dan kesannya mewah banget. Spion di ujung stang bikin pandangan belakang jadi bener-bener jelas. Motor enggak nyusahin pas dibawa, bener-bener memberikan sesasi berkendara yang lain daripada yang lain Sob. Perfect lah!

Nilai : 12 dari 10 Point

Walah, ini artikel udah sampe 700 kata ajee, padahal masih banyak banget yang bisa diceritain dari Triumph Bonnevile T100. Intinya, ini motor emang โ€œThe Real Bikeโ€, someday, baiknya sih kudu punya yah, hehehe. Oke deh, semoga berguna yah! nanti MMBlog sambung lagi di sekuel selanjutnya, emangnya Avenger doang yang ada sekuelnya, artikel ane juga ada coy!

Many thanks to Om D, Luar Biasa Om!

8 COMMENTS

  1. pasti biker Honda CBR150 tuh tadinya… makanya nantangin moge 900cc. Huehehehe…
    Mirip ama biker Ninja 250 dulu nantangin RG Gamma di Tambun, dibetot sebentar udh gak kliatan. Ninjanya cuma melongo thok…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here