Email Pembaca : Pilih Honda Tiger, Yamaha Scorpio, atau Suzuki Thunder 250?

14

Sobat MMBlog sekalian, adalah Bro Andi yang nanya ke MMBlog mengenai preferensi tiga motor legendaris yang namanya udah MMBlog mention di judul. Yups, pengen motor sport empat tak lawas satu generasi, pilih Honda Tiger, Yamaha Scorpio, atau Suzuki Thunder 250? Pertanyaan yang asli dah, jawabnya gampang-gampang susah! Oke deh, MMBlog coba jeberkan pengalaman-pengalaman MMBlog berinteraksi sama tiga motor legendaris ini yah.

Honda Tiger

Honda Tiger adalah motor sport nakedbike keluaran Honda yang tampil paling memukai di zamannya. Menggunakan mesin 200 CC pendingin udara, memang sih paling basic di kelasnya, tapi auranya paling memukau. Urusan variabel riding, motor yang menggunakan ring roda 18 ini jelas punya karakternya sendiri, buat dalam kota oke, buat turing juga oke. Saran MMBlog sih cari yang masih low mileage atau yang paling muda usianya Sob, kenapa gitu?

Perkara mesin, okelah yakin masih banyak yang jual part-partnya, Honda gituloh, yang kw-nya juga ada. Tapi untuk part-part lain, kayak tangki misalnya, udah taulah kalau makin kesini, makin nambah umur, tangki motor kena penyakit yang namanya bocor, teliti dulu sebelum membeli, intip-intip semua bodynya, jangan ada yang luput. Bengkel spesialis tiger udah banyak, jadi kayaknya gak perlu khawatir lagi, klubnya juga bejibun, jadi informasi mengenai tetek bengeknya juga udah buanyak banget.

Tapi kalau ditanya, apakah MMBlog KLIK dengan Honda Tiger, jawabnya enggak terlalu Sob 😆 . kenapa? Ditanya aftersales, asli gak ada masalah, masalahnya Cuma pada getaran motor pas dibawa riding aja, pernah bawa Tiger tahun 2004 punya sohib pas tahun 2007 dari Jogja ke Ketep Pass, mayan juga tangan jadi kemeng, wkwkwkwk, yang lain-lainnya sih MANTAP!

Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio adalah motor sport dari Yamaha yang kala itu sudah menggunakan suspensi belakang menggunakan link, ya walaupun sering amblas juga, wkwkwk. ini motor punya tenaga yang asyik, top speed yang bagus, dan body ramping yang enteng! Tiga generasi scorpio punya desain yang berbeda-beda karakternya, Scorpio G, punya desain yang Jepang banget, Scorpio Z generasi kedua, punya desain yang LAKI, sedangkan generasi termudanya punya desain ala Klan moge FZ.

Perkara mesin, ini motor juga tangguh mesinnya, simpel dan kuat! Tapi temen-temen kudu concern ke perkara karburator. Dua temen MMBlog yang ambil pio bekas, dua-duanya karbunya udah diganti baru. di setel gak bisa, di ganti karet vakumnya juga enggak bisa, motor mati-mati melulu, ya mau enggak mau ganti karbu, tangki bocor ada, tapi enggak banyak case-nya, asal yang punya sebelumnya enggak jorok sih aman tangkinya.

Ketersediaan part? Dealer Yamaha masih bisa diandalkan lho untuk ketersediaan sparepart, temen MMBlog udah beberapa kali pesen dan beli part di dealer resmi, dan ada! Mantaplah!

MMBlog klik gak sama Scorpio, wah kalau sama Scorpio G sih klik banget! Demen sama desainnya yang masih ala Jepang dan lampu kotaknya itu! Apalagi sekarang harga sekennya juga lumayan tinggi yak, hmm, makjoosss! Bengkel spesialis juga ada dan lumayan banyak di berbagai kota di Indonesia, motor mantaplah!

Suzuki Thunder 250

Kayaknya MMBlog gak perlu terlalu banyak cerita tentang Suzuki Thunder 250, ya mau giman lagi, MMBlog kan rider ini motor, wkwkwkwk. Part? Emang dibengkel Suzuki sih udah kayak harta karun dan barang Ghoib, tapi di beberapa orang kayak Koh Welly dan Kang Arisajalah, part Suzuki Thunder udah kayak part Honda Beat di Bengkel AHASS! Semuanya ada! Mau bangun satu motor utuh juga bisa kok 😆 .

Mas, jadi pilih ape niiihhh? Ye MMBlog mah pasti bilangnye pilih aje Thunder 250, karena ini motor buandel dan tangguh, part juga banyak di dua orang spesial di atas. Tapi kalau ngomongin yang lebih general, kayaknya Honda Tiger patut di jadikan opsi yang lebih bersahabat. Hmm, Scorpio juga menarik sih yang tahun muda yang ala FZ, makin kesini udah makin langka! Nah, monggo diputuskan sendiri.

Scorpio C Polos, Thunder 250 C1?? gimana yah?

Kalau temen-temen, ada saran, opini, atau cerita tambahan gak nih? hehehe, komentar temen-temen bakalan banyak membantu lho! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

 

14 COMMENTS

  1. Vote for Thunder 250 mang
    Motor idaman dari jaman kuliah sampe punya 2 anak blm tersalurkan untuk miara si petir ini, nyesel jaman bujang ga miara ???

  2. Kalo ane disuruh milih, urutannya : 1. Scorpio 2. Thunder 3. Tiger
    Tapi ya balik lagi ke selera dan feel riding seperti apa yang dicari.

  3. Scorpio dan Thunder layak dipertimbangkan. Saya pemakai scorpio tahun 2012, setidaknya permasalahan mesin, karbu, tangki belum saya alami, tp ada keinginan juga pakai thunder 250, hanya saja sepertinya langka banget.

  4. hampir beli t250 waktu masih baru keburu duit kepake yg lain… akhirnya scorpioZ 2008-2015 beli seken 1/2 th
    emang karbu yg sering trebel, vakum robek tapi udah turun harga ori (keknya bukan jepang lagi) sama karet manifold 2x ganti
    buat jalan macet2an ga enak, tapi jangan liat jalan kosong…. wusss

  5. Sudah pernah pake Pio 5 the tiap hari luar kota. Good!!!⚛?
    Tapi kalau sparepart Thunder ada n harganya ga mahal boleh dipilih.

  6. Ane punya scorpio z 2005 , akselerasi dan nafas/gearnya panjang , powernya ngalahin motor baru. Gtr, sonic, fu, mxking pada KO powernya , vixion cb150, cbr150 , R15 berani dijabanin. Pio Z atawa G kudu di reborn nih , desain sama ramping cuma dikasih tambahan shrout tangki yg rada lebar udah keren tuh pio Z/G reborn

    • Pio Z/G kudu di reborn tetap ramping kaya cheetah , buat gantiin byson , now pio Z/G jangan gemuk kaya new scorpio klingon , reborn pio Z/.G , spt mio soul reborn jadi mio S

  7. Scorpio masalah karbu sih gampang tinggal ganti pake ninja ori aja..trus masalah shock belakang amblas bisa di akali dengan ganti konstruksi uni track kaya punya ninja R 2tak…
    di jamin masalah amblas sembuh…
    Ane soalnya rider scorpio om vandra…heheee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here