Yamaha FZ1, Sang Pemberani Yang Sayang Sudah Disuntik Mati

7
Fazer 1000

Sobat MMBlog sekalian, banyak temen-temen pembaca yang request ke MMBlog untuk membuat artikel mengenai Yamaha FZ1 setelah tahu kalau MMBlog ini adalah rider Yamaha FZ6. Emang sob, Yamaha FZ1 bisa dibilang emang motor yang special. Anak motor kebanyakan pada tahu motor ini, karena motor ini eksis sebagai motor paspampres yang warnanya kontras dengan motor patwal lainnya, hitam legam. MMBlog sendiripun, sebenernya penasaran bagaimana rasanya riding menggunakan Yamaha FZ1, aahh, sudahlah, kalau sudah waktunya juga nanti kesampaian, yang penting, kita coba ulas dulu yuk.

Yamaha FZ1 adalah motor yang diciptakan oleh Yamaha dalam rangka permintaan pasar yang kala itu, pengen motor sekenceng Yamaha R1 yang merupakan superbike flagship Yamaha, tapi dengan ergonomi dan agility yang lebih lincah dan lebih friendly user. Di awal masanya, Yamaha FZ1 hanya ada satu varian yakni Yamaha FZ1 yang menggunakan half-fairing. Tahun 2001, sambutan terhadap motor ini amat sangat istimewa. Sebuah angin segar karena gak banyak pilihan motor dengan fairing, tapi ergonominya bersahabat. Di masa pertamanya ini, motor ini lahir dengan menggunakan karburator Sob

Beberapa tahun kemudian, rivalnya muncul, Kawasaki Z1000! Tapi tetep, Yamaha FZ1 terlalu kuat dominasinya.

Generasi pertama Yamaha FZ1 bertahan hingga tahun 2005, setelah di tahun berikutnya, tahun 2006, motor ini mendapatkan update radikal yaitu mesin Genesis Yamaha 1000 CC, yang menggunakan lima katup! Totalnya jadi ada 20 katup! Mungkin bisa dibilang, ini adalah mesin terbaik Yamaha Sob. Nah, digenerasi kedua ini, motor bisa dibilang tampil lebih menawan dan punya desain yang timeless biar kata dihitung selama satu decade lebih. Nyatanya memang demikian, desain generasi kedua Yamaha FZ1 tetep awet sampai masa bakti motor ini diselesaikan pas tahun 2015! Di masa ini pula, hadir Yamaha FZ1N di Eropa yang mana motor ini jadi lebih beken ketimbang versi half-fairingnya yang lebih mirip sama Fulsar, wkwkwkwk.

Setelah generasi kedua, Yamaha FZ1 sempat mendapatkan beberapa update tapi hanya di sector ECU, mapping, profile camshaft, dan bobot. Desainnya, tetep. Power? Dari generasi kedua hingga generasi akhir, ini motor diklaim punya tenaga hingga 150 daya kuda! Hmm, dari yang MMBlog baca di berbagai review, tarikan awal motor ini, peringkatnya kedua di bawah Suzuki GSX-S1000 sebagai juaranya. Ketiganya baru Z1000 dan terakhir Honda CB1000R. dibilangnya, “agak malas” berakselerasi di putaran bawah katanya. Nah, disinilah MMBlog jadi penasaran, apa memang benar begitu yah? Secara 1000 CC rata-rata emang pada buas.

Lastly, Yamaha FZ1 eksistensi sendiri lumayan banyak di Indonesia. Baik yang eksis tanpa surat, maupun yang surat resmi, motor ini biasa hadir di situs jual beli online. Yang tanpa surat, harganya lumayan miring, tapi yang bersurat, bisa dibilang harganya udah kayak Kawasaki Z1000 seken tahun muda, padahal yang dijual itu Yamaha FZ1 yang udah lumayan berumur (2010 – 2011). Oke deh, segitu aja dari MMBlog, kalau temen-temen ada yang mau nambahin, silahkan lho. Semoga bisa jadi tambahan referensi permogean temen-temen yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here