Teknologi VVT di Line-Up Motor Suzuki Ke Depannya, Bakalan Rata, Pengganti TSCC?

2

Sobat MMBlog sekalian, menarik sekali membaca artikel suhu MMBlog, wak haji TMCBlog mengenai pembahasan teknik dari gambar paten mesin motor entry level Suzuki yang menggunakan teknologi VVT. Kalau dilihat dari gambar paten yang terlampir, bisa ditarik hipotesa awal kalau motor yang akan disematkan teknologi ini adalah motor dari India, Suzuki Hayate 125 Sob. hmm, basic banget yah motornya. Hayate 125 adalah motor sport murah Suzuki di India sana Sob. Suzuki Hayate kalau di Indonesia kan motor matik ya, hehehehe.

Di artikel ini, MMBlog tentu enggak membahas teknisnya, lah kagak ngarti πŸ˜† . awam banget sayah, paling ngertinya, teknologi ini adalah teknologi yang diadopsi dari mesin Suzuki GSX-R1000 (yang Gixxer 1000 sih lebih advance). Ya ujung-ujungnya pada peningkatan power, akselerasi, dan efisiensi lah pastinya πŸ˜† . nah, dulu, Suzuki juga punya teknologi yang dipatenkan di line-up sepeda motor sportnya mulai dari yang entry level, hingga flagship, itu adalah TSCC, Twin Swirl Combution Chamber. Sepertinya, teknologi VVT ini juga akan merambat ke motor-motor suzuki yang lain, bukan hanya varian entry levelnya.

Enggak bisa enggak, diferensiasi dan jati diri emang harus dibentuk oleh pabrikan sepeda motor agar lebih punya daya saing di pasaran. Plus, teknologi yang dipatenkan kayak begini, secara enggak langsung juga memberikan added value buat motor yang bersangkutan. Ditambah lagi, dari sini kita juga bisa ambil beberapa hipotesa NOL, kalau nanti varian DOHC 250 CC Twin Suzuki juga akan mengadopsi teknologi serupa. Nah, kalau di varian entry level Yamaha punya VVA, Honda punya V-Tech, Suzuki juga punya teknologi VVT. Ya teknologi yang sangkut pautnya sama bukaan klep lah intinya πŸ˜† .

Buat animasinya, silahkan temen-temen lihat video di bawah. Intinya sih, makin kenceng putaran mesin, kinerja VVT itu akan membuat perubahan sudut pada noken as.

Nah, kalau udah begini, makin menarik dah motor sport Suzuki ke depannya! Kita pantau terus bareng-bareng Sob. bakalan seru nih tahun depan! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here