Viar Vortex VS Suzuki Inazuma, Ini Komparasi Ala MMBlog! Pilihan SULIT!

13

Sobat MMBlog sekalian, artikel test ride dan review Viar Vortex 250 ternyata melebihi expektasi MMBlog. Yang baca ternyata buanyak bener! Tiap hari pasti ada aja yang baca kalau dilihat dari stats. Nah, salah satu sahabat pembaca, Mas Tornado GX, bertanya ke MMBlog, dibandingkan sama Suzuki Inazuma, bagaimana sih Si Viar Vortex ini? Siaap, sebuah masukan dan pertanyaan yang buagus! Nah, silahkan simak artikel ini dah yak!
MMBlog akan coba break down motor satu-satu dengan mengulas berdasarkan variabel motor atau experience berkendaranya. Karena Inazuma juga MMBlog udah familiar.

1. Bobot Motor

Viar Vortex punya bobot yang kerasa lebih ringan daripada Suzuki Inazuma. Kerasa pas mundurin motor, berasa enteng aja mundurin Viat Vortex. Kalau Inazuma butuh effort di jari dan tapak kaki serta betis, wkwkwk πŸ˜† . Disini, kontrol Viar Vortex di kecepatan rendah yang butuh effort badan buat nyeimbangin motor lebih asyik dan lebih mudah ketimbang Inazuma.

2. Secara Dimensi

Keduanya sama-sama punya karakter moge look. Inazuma lebih ke Roadster Touring, Viar Vortex lebih ke Touring Adventure. Sama-sama gede, perkara selera ini.

3. Performa Mesin

Ini adalah point krusial masbro. Motor sama-sama menggunakan mesin SOHC. Bedanya, Viar Vortex menggunakan mesin satu silinder, sedangkan Suzuki Inazuma menggunakan mesin dua Silinder. Kalau ngomongin tenaga dan tarikan, MMBlog ngukur-ngukur pakai feeling, Viar Vortex punya tenaga dan torsi yang lebih di atas angin. Torsi Viar Vortex amat sangat baik di putaran bawah dan tengah, serta punya napas yang bagus diputaran atas. Suzuki Inazuma adalah motor yang punya power delivery super smooth, halus, ya kenceng juga sih, hanya saja kelewat lembut kayak bumbu Siomay, wkwkwkwk, lemot sih enggak, cuma enggak ngejambak aja. Viar Vortex punya basis mesin Viar CROSS X 250 yang torsinya nggilani, beda di Final gear Ratio aja, makanya tenaganya biar kata gearnya udah dibikin berat, tetep kuat dan napas atasnya malah jadi dapet. Inazuma, lagi-lagi, lebih nawarin kehalusan dan kenyamanan power delivery.

4. Suspensi dan handling

Kedua motor sejatinya punya suspensi dan handling yang asik buat touring. Tapi, Viar Vortex lebih berasa lincah dan gesit! Apalagi suspensi depan USD nya itu amat sangat baik untuk menggagahi berbagai kontur jalan. Mulus jadi, rusak hayuk. Inazuma, lebih ke jalanan yang mulus, yaa karena dia kan lebih street atau lebih roadster.

5. Lain-lain

Performa rem bisa dibilang so so lah. MMBlog masih pegang Inazuma, Viar Vortex yang MMBlog jajal mileage nya udah tinggi Sob. Kopling juga sama aja empuknya, shifting masih lebih halus Inazuma. Kenyamanan masih dipegang sama Vortex. Pantauan speedo sama-sama nyaman, ada kombinasi analog dan digital. Hmm apalagi yah? Intinya sih, kalau MMBlog disuruh milih, MMBlog akan pilih Viar Vortex Sob. Apalagi nanti akan ada versi Injeksinya, nah, bisa lebih superb lagi. Lain soal kalau Suzuki udah ngeluarin Suzuki V-Strom 250, bisa lebih head to head lagi komparasinya.

Oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen yah! Maaf kalau MMBlog slow respon nanggepin temen-temen. Kehidupan di Real Life emang kadang suka bikin blog sedikit gak kepantau. Apalagi sekarang MMBlog kan juga udah punya bayi, dan saya jadi Ayah ASI. Sama sayang momennya Sob, saya gak mau kekurangan momen denganΒ  anak saya yang masih bayi ini. Priceless dan gak bisa diulang lagi, hehehe. Tengkyu buat support, masukan, dan kritiknya yah!

Btw, ane ini fansboy Suzuki, dan bekerja sama dengan Suzuki. tapi di artikel ini ane pilih Viar Vortex, nah, kurang objektif dan netral apalagi guwah? wkwkwkwk.

13 COMMENTS

  1. Tengkyu banget responnya om, hehe
    Semoga blognya makin rame dan kolom komen juga rame

    Berhubung Viar Vortex second masih belum ada di OLX, kayaknya ntar saya touring Sabang masih pake Inazuma.. wkwkwk

    • Siaaap, sama-sama Mas. Wkwkwk, iya yak sekennya belom ada πŸ˜‚ . Inazuma juga enak kalo ganti setang yg gw250f mas. Pernah jajal dudukin yang police edition.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here