Trilogi Bigfoot : Suzuki Van Van Yang Eksotis! HOT PROSPECT Suzuki Bike!

18

Sobat MMBlog sekalian, ketika membahas mengenai patent Suzuki GSX-R250, di kolom komentar ternyata ada lumayan banyak temen-temen pembaca yang nyambung-nyambungin ke kehadiran motor baru Suzuki yaitu Suzuki Van Van. Hmm, jujur, Suzuki Van Van emang motor yang menarik banget Sob. MMBlog pertama kali melihat unit Suzuki Van Van ketika motor ini diproduksi di Pabrik Suzuki di Hamamatsu. begitu lihat, langsung naksir!

Suzuki Van Van adalah motor Suzuki yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1972 hingga tahun 1982. Motor ini punya kode Suzuki RV125. Di awal kemunculannya, Suzuki Van Van tampil dengan mesin 123 CC dua tak yang bisa menghasilkan tenaga hingga 11 daya kuda. Di Indonesia sendiri, unit ini masuk dan beredar. Zaman bokap MMBlog kuliah, katanya ada yang bawa dulu. Hmm, sambutannya luar biasa.

Pada akhirnya, di tahun 2003, Suzuki Van Van kembali hadir dengan mesin empat tak. Tapi tetep, motor ini mengusung motor dengan tema bigfoot, berkaki atau berban besar, trademarknya emang udah kaya gitu ini motor.125 CC empat tak, bisa dibilang mesinnya ada kemiripan sama mesin Suzuki Thunder 125 mesin yang berperforma cukup aja Sob, ya buat joy ride lah. Nah, guna bersaing dengan Bigfoot lainnya, akhirnya hadir juga Suzuki Van Van 200, hmm, kayaknya menggunakan mesin Suzuki DR200 nih yang lebih torqy dan lebih ngejambak. Mulai tahun 2007, Suzuki Van Van hadir dengan teknologi Injeksi, versi karburator di lengserkan.

Ngelihat aslinya, motor ini ternyata enggak kecil lho. Detailnya luar biasa bagus dan rapih. Motor bener-bener kelihatan fun untuk dikendarai. Ada hal yang unik Sob, ternyata di Jepang sana, Native Speaker alias orang Jepang Asli, kalau ngomong Suzuki Van Van itu adalah Suzuki Bang-Bang. Pak Itayama dan segenap Pejabat SMC ngomongnya gitu, lucu juga ya jadinya. MMBlog nyari vlog bahasa jepang, sayangnya kebanyakan pada enggak ngomong 😆 . udah gitu, kombinasi ban depan lebar 130 dan ban belakang gemuk 180 dengan aspek rasio tebal, bener-bener bikin mengenin.

Yang paling penting lagi, waktu meeting bersama Ohta-San dan Watanabe-San, kita semua, 6 blogger yang dibawa oleh PT SIS ke Jepang, udah menyampaikan ini berkali-kali agar Suzuki Van-Van dihadirkan di Indonesia dengan harga yang kompetitif! At least bisa kayak Kawasaki W175, atau bahkan kalau bisa lebih murah lagi, ya lebih bagus! So far, masukan kita semua dicatat Sob.

Apalagi Wak Haji TMCBLOG, ampun dah, dia sampai bilang ke Pak Itayama kalau motor ini masuk Indonesia, dia bakalan beli. Abis emang kesan pertamanya amat sangat menggoda Sob. asyik motor ini! Oke deh, next artikel, kita bahas Yamaha TW200 yah!

18 COMMENTS

  1. Kalau boleh usul, baiknya Suzuki keluarin model macam si TW200 daripada model van-van. Ini bukan soal mencontek pabrikan lain, tapi ini soal pasar dan kepercayaan publik yang harus diraih.
    Pake mesin GSX series dah lebih dari cukup. Tinggal rubah rangka.
    Kenapa lebih pilih model TW, karena bagi konsumen yang pengen ngerubah agak ke supermoto bisa, ke semi garuk tanah bisa, diubah ke motor adventure dengan pasang rak belakang atau pasang box atau jeriken ala motor perang juga bisa, mo diubah ke model alan van-van juga bisa. Jadi dengan 1 produk, bisa mengakomodir banyak pilihan.
    Suzuki harus berani ambil pilihan dengan membuka pasar baru daripada harus bersaingin di pasar yang sudah jenuh dan dimana dari segi desain sulit mengalahkan Honda yang dengan mudah begitu diterima pasar.
    Ciptakan produk baru, buat cap, dan tanamkan mindset ke konsumen produk Suzuki bahwa motor costumable itu Suzuki. Contohnya Kawasaki, sport 250cc itu ninja, motor garuk tanah itu KLX, matic itu vario, dsb.

    • Ternyata Suzuki punya model macam ini. Namanya Suzuki DR 650SE. Baiknya Suzuki bikin motor model macam ini, buat pasar baru yang belum ada, dengan mesin GSX, biar gak perlu riset lama dan brojol cukup bentar.
      Kalau perlu, tangki BBM di bawah jok, tapi pengisian tetap lewat depan bagian samping,kapasitas tangki minimal 16 liter, kalau perlu sampai 20 liter. Ditempat kami, motor Thunder tetap dipertahankan buat beli BBM karena pasitas tanki bbmnya yang paling besar. Kemudian, di bagian depan yang lazimnya sebagai tangki BBM, di bawah, tepat di atas mesin adalah air filter. Diatasnya, ada mini compartment kecil buat naruh HP yang sudah dilengkapi port charger.
      Dijamin terjadi shifting demand.

    • Mesin gsx series mah ngga cocok karena ini ngejar torsi bukan tenaga. Lagian motor big foot gin cenderung commuter bike

  2. Hmm, mungkin karena efek bahasa jepang yg gak punya huruf v jadi dibaca b sama huruf n yg bisa dibaca n aja atau ng jadilah…
    Bang bang bang… :v

  3. Temen ane ada yg udah nunggu lama van van sejak bocoran njkb gsx dkk termasuk si van-van,,,,karena terlalu lama akhirnya minang si Thunder new saza,,,,,,eh coba pinjem lah kok asyik jebule,,,,

  4. Kange Monkey, kalau jepang ngmong Va / Fa emang gak bisa
    f cuma jadi FU. ( contoh : Futari/Fujitsu/Fuji)

    Paling dekat adalah Ba.
    Dan gak bisa matiin hurup N alias jadi bengung ke arah NG.

    Jadinya ya Bamng Bamng.. Menggema dikit.

    Thankyou bang monkey. From sukoharjo

  5. Comment:
    bahas intruder 150 dong, yg lagi dipajang di prj.
    mudah”an suzuki mau menjualnya disini dengan harga ga jauh beda dengan di india.

    versi mmblog pasti seru
    bikin pengin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here