Test Ride Viar Vortex, Diluar Dugaan NYAMAN POL! Napas Panjang!

18

Sobat MMBlog sekalian, artikel mengenai motor Viar lagi nih, hehehe. Mumpung masih inget dengan baik di kepala gimana impresinya ya MMBlog keluarin aja di artikel dah. Nah, kali ini, MMBlog akan cerita pengalaman MMBlog riding dengan menggunakan Viar Vortex. Alhamdulillah Sob, rasa penasaran terjawab juga euy, hehe. temen-temen pembaca juga udah lumayan banyak yang request soalnya nih. nah, terus gimana? Impresinya? Handlingnya? Suspensinya? Tenaganya? Yuk lanjut Sob.

Viar Vortex bisa dibilang sebagai motor enduro tourer yang “murni”. Dari segi visual, gagahnya dapet, gedenya dapet. Suspensi juga menggunakan suspensi Up-Side Down di depan dan suspensi monoshock dibelakang. Instrument menggunakan digital, setang berasa eksklusif dengan menggunakan setang pipa chrome. Jok panjang dan empuk, asyiknya, enggak terlalu tinggi pula. Untuk ergonomi bisa temen-temen KLIK di sini yah.

Ah, kebanyakan cingcong elu Mas, mana artikel test ridenya? NIH!

Oke, naikin motor, mundurin. Lho, enggak terlalu berat ternyata. Masih lebih berat Kawasaki Versys X 250. Setang gampang diraih, posisinya tinggi dan dekat sama badan. Setangnya agak nekuk gitu karakternya, ala-ala setang semi kumis, hmm, berasa rileks banget tangan euy. Grip setang diameternya besar, karetnya empuk, handy banget ditangan euy. Throttle enteng, kopling juga empuk, okelaah!

Nyalain mesin.. ngek..ngek..ngek.. broommm!! Wuihh! Suaranya gede juga nih motor! Ngebass besar agak serak! Makin penasaran, masukin gigi 1, cklik aja. Lepas kopling, hmm, agak jauh nih setelan tuas koplingnya, biasanya sih motor adventure emang gini, versys juga gini soalnya. Ngomongin mesin, motor ini menggunakan mesin Viar Cross X 250 yang mendapatkan ubahan settingan di final gear, kata Mas Frengky Osmond, motor ini punya napas yang panjang, hmm, jadi penasaran. Oke jalanin motor, hmm, power deliverynya seiring dengan tarikan throttle nih. di awal, MMBlog ngegasnya juga halus, motorpun melaju perlahan.

Gokil, asli nyaman bener ini motor pas dibawa jalan. Ergonominya bikin males turun dari motor!

Kalau diajak pelan sih tenaganya ya mirip-mirip lah sama Thunder 250, halus aja! Tapi coba pelintir gasnya dengan lebih kasar dan dalam!

Bruoooomm!!! Wuiihh! Suaranya knalpotnya ternyata emang beneran kenceng ini motor! Dan torsinya, berasa nendang! Bejek lagi dan lagi, gigi satu ternyata beneran bisa sampai 58 km/jam belum kena limiter! Kalau kena limiter sih romannya bisa 60 km/jam! Shifting ke gigi 2, kecepatan naik ke 80 km/jam dengan mudah dan efforless, ajiibb! Kata Mas Frengky, ini motor bisa melaju hingga 160 km/jam pas dibawa ke Surabaya, redline, hmm.

Di jalanan area gunung pancar itu jalanannya nanjak, coba ditanjakan, gigi 2 dari bawah aja ini motor masih ngangkat dan enggak ngeden, wah, bener-bener motor touring nih! terus gimana performa pengereman, so so lah Sob, ini motor juga udah lumayan odometer atau jarak tempuhnya, cukup lah untuk berdeselerasi atau menghentikan laju motor secara terencana.

Itu baru dari sektor performa mesin, ini motor ternyata kinerja suspensinya juga luar biasa bikin rider nyaman riding plus riding kelok-kelok dengan sedikit melibas jalanan rusak! Redamannya amat sangat baik, motor jauh dari kesan mentul-mentul khas sok yang terlalu empuk, jadi juga jauh dari rasa mulas khas motor bersuspensi keras!  Rasanya kayak motor yang menggunakan suspensi travel panjang, yang redamannya minim terasa di badan dan stabil. Kelokan juga bisa dilewatin dengan enteng, presisi, dan lincah, WOW banget!

Lastly, MMBlog gak pernah nyangka Viar Vortex yang versi Globalnya bernama Cyclone RX3 ini bisa senyaman dan sebertenaga itu. Hmm, untuk harga 40 jutaan plus full box, gak heran ini motor udah sold out! Kalau udah jajal, emang beneran enak masbro. Gimana? Udah jelas reviewnya? 8.5 dari 10 point lah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

18 COMMENTS

  1. boleh tanya bagaimana build quality motor viar ini?
    apakah re-abilitynya sudah layak disandingkan dengan motor2 jepang?

  2. Joss.. Klo liat review2 luar ttg RX3, ini motor emg not bad, but not perfect jg lah utk sekelas motor cina, cukup populer d amrik malah..
    Yah disini di bikin sama Viar mah yakin dah bs bagus.. Pengenin sih emg motor ini.. Hehe
    Semoga kebeli, motor adventure murmer..hihi
    Cuma headlamp aja yg kurang agresif

    • @ Johanes :
      susah bro ngarep jawaban dari blogger nya, udah sering saya dan pengunjung lain nanya macem2 sedikit bgt yg ditanggap.
      IMHO ini termasuk blog yg asal lempar artikel aja…
      padahal mmblog salah satu dari bbrp blog motor yg saya bookmark 🙁

    • oh gitu ya.. gpp lah.. kadang kesibukan di RL juga menyita waktu.. dimaklumin aja..
      Peace All..

    • Iya skrg doi sibuk nya sama baby nya sperti nya, hehe.. kan blm lama punya momongan broo..
      keep positive ajah

    • Mas, perkara enakan mana sama inazuma, rencananya juga udah saya bookmark buat jadi artikel. Mohon maaf kalau slow respon, kayak Mas Johanes bilang, kehidupan di RL emang lumayan bikin blog jadi gak terlalu kepantau. Kalau bisa saya balas, ya saya balas. Gak ada maksud buat gak respon komen temen-temen. Bener kata mas Jacob juga, sekarang kan saya juga punya Baby, jadi ayah ASI mas. Saya gak mau kehilangan momen sama anak saya ketika anak saya masih bayi, momennya priceless sama gak tergantikan. Btw, makasih udah sering jadi pengunjung MMBlog dan maaf sekali lagi buat slow response nya.

  3. Bro vandra Ada yg koment Minta jawaban tuh , hehheheheheheh katanya di cuekin sama tuan rumah nya ,hahhahahaha

    • Yah, jangan terlaru berharap dengan barang chinna, dapet harga segitu dengan fitur yg cukup komplit, sudah value for money yg bagus

  4. Saya ket8nggalan berita nih… kmaren juga ga sempet dateng ke kemayoran, katanya vortex mejeng disana hu hu hu… tapi sbelom lupa, selamat buat baby nya ya bro vandra #jempol , ok… ini motor kondisi standartnya memang sama box kan? 44,6 jtaan? Pengen nyoba test ride di jakarta dimana ya? Karena beneran pengen maharin banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here