Test Ride Viar E-Cross D-Lite & Advance, FUN ABIS!

36

Sobat MMBlog sekalian, pasca merilis artikel mengenai galeri dari Viar E-Cross, gak sedikit temen-temen yang nanya ke MMBlog perkara harga dan impresi berkendara menggunakan motor listrik ini. Kalau harga, jujur, ditanyain ke pihak Viar Indonesia-pun, mereka masih menggodok harganya, kemungkinan nanti pas di GIIAS baru harganya dikasih tau, itupun baru ancer-ancer, karena motor ini baru akan dijual paling cepat akhir tahun ini. Tapi kalau impresi berkendaranya, silahkan temen-temen lanjut baca artikel ini, yuk!

Viar E-Cross Lite

Begitu sesi test ride dimulai, tentu saja, MMBlog gak mau langsung jajal Viar E-Cross Advance. Karena apa? Karena yang versi Advance adalah versi tertinggi dengan power serta torsi yang juga lebih besar. Oke jalan pake yang standar dulu deh Viar E-Cross Lite, hehe. impresi ergonominya bisa dibilang udah kayak naek sepedah downhill. Motor enggak terlalu tinggi, tapi MMBlog juga enggak napak sih. Setang posisinya rendah dengan karakter pipa lurus. Motor ini punya dua mode, mode standar dan sport, hmm, disaranin menggunakan mode sport aja di trek Gunung Pancar, oke siap!

Ini motor joknya empuk juga yeh. Kecil sih, tapi empuk, dipaksa boncengan? Bisa kok, tuh sahabat wartawan jajalin duduk berboncengan, wkwkwk. motor berasa enteng banget, lebih kayak sepedah sih ketimbang motor, tapi bedanya enggak ada gowesannyah, wkwkwk. area kaki clean, bersih, gak ada tuas kopling dan tuas rem. Rem depan belakang, dioperasikan di atas oleh jemari tangan kanan, dan tangan kiri.

Feel bejekan throttle motor listrik, tentu beda sama bejekan throttle motor berbahan bakar minyak (combution chamber), berasa β€œkosong”, tapi motor meluncur, hmm. Di awal emang belum terbiasa, tapi lama-lama, jadi tahu juga gimana selahnya agar enak dipelintir itu throttlenya Sob. impresi tenaganya tuh kalau dibandingin sama motor, udah kayak motor 150-200 CC pendingin udara yang gear belakangnya dikasih mata dua biji lebih banyak!

JENGAT!

MMBlog biasanya agak-agak keder kalau ketemu trek offroad tanah, karena gimana yah? otak selalu mikir negatif, jatuhlah, inilah, itulah. Tapi pas berkendara dengan Viar E-Cross kok jadi kepengen dan kepengen terus yah? jalanan tanah merah kering, dengan kontur khas terabasan, bisa dilalui oleh Viar E-Cross bersama MMBlog yang punya bobot 82 kg ini tanpa kesulitan dan tanpa ngos-ngosan. Torsi motor ini amat sangat nendang di bawah, seiring dengan bejekan throttle, speednya terus nambah, berasa makin enak ngelewatin jalanan off-road tersebut.

Setibanya di tanjakan, MMBlog sempetin buat ngerem dibawah. Coba, ngetest motor, kuat apa enggak nanjak ekstrim tapi momentumnya enggak oke alias pelan-pelan, dan ternyata, motor ini kuat sodara-sodara! Padahal, MMBlog udah nyiapin tenaga, buat nahan motor biar enggak melorot, toh motor juga enteng soalnya, hehe. btw, ada suara kayak suara mesin bor gitu, jadi enggak silent-silent amat.

Performa rem bisa dibilang oke punya lho Sob. pas turunan curam MMBlog ngerem, laju dan daya dorongnya bisa dihentikan dan diperlambat dengan presisi! Intinya sih, controlingnya luar biasa. Lihat baterai, weleh, ini motor padahal udah digas lebih dari 3 temen-temen wartawan, tapi kok baterainya masih 85%, treknya itu lumayan panjang dan konturnya lumayan ekstrim loh Sob. suspensi bisa dibilang oke, walaupun gak oke-oke banget, enaklah. Pas mau nyebrang sungai kecil, MMBlog agak ragu dan pelan-pelan, walhasil, sempet stuck, wkwkwkwk, polemik banget ngelewatin kubangan dah πŸ˜† . beruntung, motor enteng, jadi bisa dikocok sambil di dorong sembari diangkat dikit πŸ˜† . Intinya, Viar E-Cross Lite, asik buat downhillan atau terabasan!

Viar E-Cross Advance

Viar E-Cross Advance ini adalah motor trial listrik yang secara tampilan, asli keren dan gagah! Kelihatan lah dari fisiknya kalau motor ini tangguh plus bertenaga! Dan bener aja, tenaga motor ini GOKIL! Torsi yang diklaim mirip sama torsi Ninja 250 ternyata emang bukan omong kosong! Jajal motor ini di trek Gunung Pancar, bener-bener gak ada susahnya! Selain power, suspensi motor ini juga lebih advance, oke pake banget! Redamannya yahud! Berasa euy, gak ada melesetnya ini motor di jalanan off-road! Bahkan, di kubangan yang sebelumnya MMBlog stuck, pake Viar E-Cross Advance, bisa dilalui dengan mudah, byuuhhh!

Ground clearance 22 cm, pelek ring 19, ban pacul, suspensi super, gila, ini motor bakalan jadi favorit temen-temen yang demen main off-road! Apalagi buat yang baru belajar atau newbie, pas banget! Gimana Sob? kalau ada yang kurang jelas, silahkan taro aja pertanyaannya di kolom komentar yah! Insya Allah MMBlog balesin. Kesimpulannya, Viar E-Cross adalah trial listrik yang FUN! Buat dioff-road aja enak, gimana kalau diganti bas aspal dan digas dijalan raya? Kecepatan 70-80 km/jam aja sih MMBlog rasa enggak mikir ini motor!

Oke deh, kita pantau aja akhir tahun yah! sekali lagi, kalau ada yang ditanyain, taro aja di komentar yah!

36 COMMENTS

  1. nah ini udah ada basis utk motor naked, mdh2an aja setelah ini keluar motor listrik naked/fairing viar

    btw, kyknya gak ada tempat buat plat nomer itu? berarti ini bener2 khusus buat trail aja ya gak road legal?

    • dilihat dari ga adanya atribut macam, spion, lampu sein, dudukan plat nomer, head lamp, spertinya dikhususkan untuk hobby / off the road, semacam KX nya kawasaki

  2. Harga berapa kang ?
    ban udah tubeless ?
    garansi mesin listrik berapa lama?
    Ada lampu depan,belakang,rem,klakson ?
    Kalo kena hujan korslet ngga ?
    Nge charge berapa lama ?
    Di pake jalan kuat berapa lama sampe baterai sisa 20-30% ?

    • harga belum tahu berapa, ban dalam, merek cst, garansi juga belum tahu, bbelum dijual mas, lampu2 ada depan belakang, kena hujan aman sentosa, cas 3 jam aja, kuat 80 km mas

    • jujur mas, saya belum tahu sama sekali, tapi kalau lihat Q1 yang 15 jutaan, ini bisa lebih sih mas. ya mungkin 23-27 kali ya

  3. Buat ngebut 80 km/jam apa juga masih stabil ? Gak take off ? Trus remnya gimana ? Saya pengin make di jalanan jakarta.

    • saya sih jajal 60 km/jam masih enak mas, remnya pakem kok, nanti ya kalau udah rilis

  4. Liat bajaj listrik merk selis aza masuk kategori sepeda mosok ini yg bner2 mirip sepeda masuk kategori motor…tp harapannya sih road legal nih…

  5. Mang apa ini SUR-RON electric MX Luna cycle ?? Yg harganya U$3.400an itu?? Waduh nyampe sini jd berapa yak? Review di u tube sih mantabbb

  6. Jika dijual di range angka 12smpai 15 juta masih masuk kantong,dan pasti laris nanti.
    Jika lbh dr itu,mikir 2 kali ambil klx seken pasti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here