Nick Sanders, Ketika Touring Keliling Dunia Pakai Yamaha R1 Itu Nikmat!

14

Sobat MMBlog sekalian, biasanya, orang yang touring atau riding jauh itu genre pemilihan sepeda motornya adalah motor model adventure. Contoh kayak Om Stephen Langitan deh yang menggunakan Kawasaki Versys 250 yang sekarang lagi di India dan akan menuntaskan perjalanannya di Inggris nanti tanggal 17 Agustus. Atau Kang Jeffrey yang udah keliling dunia dengan BMW GS, kan mantep tuh. Nah, ternyata, ada orang yang bilang bahwa superbike adalah motor terbaik untuk touring, Nick Sanders, orang β€œgila” ini udah touring keliling dunia dengan menggunakan Yamaha R1 keluaran tahun 2005!

Nick Sanders adalah riders berkebangsaan Inggris. Dia tercatat sebagai biker yang emang demen dan spesialisasi riding jarak jauh dengan waktu tempuh singkat. Istilahnya jadi fast touring lah. Di beberapa interview, Sanders mengatakan kalau ia bisa riding selama 18 jam, dan istirahat hanya 6 jam dalam sehari riding, sebuah ide yang nampaknya kurang bagus yah Sob. ia juga mengatakan kalau motor favoritnya untuk touring adalah Yamaha R1 2005 miliknya, bahkan ia lebih prefer menggunakan Yamaha R1 ketimbang Yamaha Tenere atau motor adventure. Gebleq πŸ˜†

Yamaha R1 tahun 2005 adalah generasi Yamaha R1 yang menggunakan layout mesin empat silinder khas ala Yamaha yakni GENESIS yang menggunakan 5 klep untuk satu silindernya, jadi totalnya 20 klep Sob. Sanders mengatakan kalau mesin ini amat sangat tangguh, kuat, dan dapat diandalkan! Riding position dari Yamaha R1 ini juga amat sangat nyaman! yang paling penting itu adalah distribusi bobot rider di atas motor, harus ngepas semuanya, jangan ngebeban di satu titik, kalau udah pas semuanya, asli nyaman. bagimane ceritenye pak? πŸ˜† . malah di beberapa titik, beliau riding menggunakan backpack, bujug dah, itu kuat bener bahu ama punggungnye yak.

Sanders menyelesaikan touring dunia (beberapa negara aja sih) dengan Yamaha R1 selama 19 hari. India adalah tempat favorit ia riding, katanya disana dinamika lalu lintasnya luar biasa dan memaksa dia untuk sering overtaking, hmm, si Bapak belum ngerasain jalanan jakarta sih. Coba bawa itu R1 dari Depok ke Kota jam 7 pagi, pake full riding gear pak, enak dah πŸ˜† . Tapi tetep Sob, opini MMBlog pribadi, fisik orang satu dengan orang yang lainnya enggak bisa disamain, bedalah. Ada yang kuat kayak Sanders, atau ada yang biasa-biasa aja, gak bisa dipukul rata.

Oke deh, semoga bisa nambah cakrawala temen-temen tentang dunia permotoran yah! ada yang mau nambahin? Silahkan di kolom komentar ya Sob. sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

14 COMMENTS

  1. ini kayak yg sebelah, sepuh berumur tapi lebih suka naik motor bongkok inisial “Leo v”

    orang2 tangguh, jempol…..

    • Ya Alloh wujudkan mimpi hambamu ini untuk memiliki Yamaha R1M,
      Bero semua, di bulan ramadhan ini alangkah baiknya untuk bantu mendoakan sy agar bisa memiliki Yamaha R1M
      Amiinn

  2. “….dari Depok ke Kota jam 7 pagi, pake full riding gear pak, enak dah πŸ˜† …” gobyoss maksimal. blm ngomongin bijiy yg udah ky korma kali , mateng + kisut πŸ˜€

  3. Tetep dia lebih kuat secara fisik drpd orang kita. Kita mgkn terbiasa macet, tp dia touring 18 jam sehari naek Moge lg bukan matic.
    Klo disni ngepbeha pake matic lagaknya kayak pembalap motoGP, kenceng kagak lemot iya overtaking nanggung, miring gak jelas,… entah lah ama komunitas ngepbeha yg emang gak jelas

    hahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here