Lebih Dekat Dengan Suzuki Intruder 150, Cruiser Eksentrik!

10

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya pada hari minggu kemarin, ketika grand launching Suzuki NEX II di Jakarta Fair 2018 Kemayoran, MMBlog bisa langsung melihat wujud dari Cruiser Eksentrik Suzuki yakni Suzuki Intruder 150. Motor yang dibuat oleh Suzuki India ini, berdiri dengan gagah dan jelas di booth Suzuki dengan ditemani rekan matik Suzuki India juga, Suzuki Access 125. Waktu MMBlog coba β€œmengintimi” motor ini, kondisi tempat motor ini dipajang enggak terlalu cozy untuk difoto, jadi mohon maaf kalau fotonya agak kurang oke. Tapi yang jelas, ini motor kalau MMBlog pribadi lihat langsung sih kesannya oke punya dan berani!

Suzuki Intruder 150 adalah cruiser entry level yang bisa dibilang, panel bodynya hampir semuanya menggunakan plastik. Untuk kualitas plastiknya sendiri bisa dibilang khas Suzuki yang tebel dan solid. Gak kebayang kalau pake pelat, ini motor beratnya bakalan kayak apa, wkwkwkwk πŸ˜† . secara dimensi, ukurannya ternyata lumayan gede, lebih gede ini jauh ketimbang Kawasaki Eliminator 175 MMBlog dulu. Ya pasar India, sepertinya emang orangnya banyak yang gede-gede juga sih ya.

Dari desain, kayaknya Suzuki India ingin menciptakan sebuah breed cruiser baru, klasik enggak, moderen juga enggak πŸ˜† . dibilang klasik, headlamp motor ini lumayan antik, dengan bentuk trioval yang unik tapi bentrok sama shroud yang ada di depan tanki (biasanya cruiser klasik enggak ada shroudnya). Dibilang moderen, motor ini menggunakan speedometer full digital, tapi ya jangan pake punya model Satria FU atau GSX150 juga deh kayaknya, tapi ya mau gimana lagi, emang paling gampang ya begini ini sih yah, mangkas biaya produksi juga.

Overall sih, di mata objektif, desain motor ini oke punya dan berani Sob. lain soal kalau udah mulai ngebandingin sama moge, atau ada sisi baper dikit πŸ˜† .

Balik lagi bahas motor, nah, di area jok, bisa dibilang udah superb dan cruiser banget nih. joknya lebar, empuk, dan pendek. Nyaman banget kalau didudukin. MMBlog coba enjot-enjotin motor, lho kok empuk bener yah? serius ini suspensinya begini? Apa karena ini motor juga ditaruh di atas stage yang menggunakan papan kayu jadinya agak-agak lentur? Hmm, untuk hal ini perlu pembuktian untuk dikendarai. Area tangki yang di cover (bahasa alus di k0nd0m) juga terkesan panjang, dengan sedikit agak-agak kedodoran.

Kayaknya Suzuki India ingin sedikit mengkamuflasekan mesin dengan area body tengah motor. Makanya di area ini, Suzuki Intruder terkesan agak gemuk. Kunci kontak, ada di atas headlamp. Kalau yang enggak biasa sih mungkin bakalan aneh, tapi motor-motor jadul dalam artian jadul banget, kuncinya ya emang di situ, cek aja norton atau bsa lawas, biasanya ada di atas lampu itu kunci kontak. Sebenernya sih, di samping kiri motor juga bagus Sob, tapi ya space-nya kayaknya agak susah karena motor ini ada shroudnya.

Area belakang, ini dia sebenernya yang lebih menarik. Suzuki Intruder 150 ini punya area belakang yang bohay seandainya saja, ini motor dikasih ban dengan profil yang gemuk! Katakanlah ban ring 15 dengan lebar 150 misalnya? Ya kayak ban intruder 250 gitu lah, soalnya area body belakang atasnya sendiri juga udah lumayan gemuk, ini yang sebenernya bisa dieksplorasi. Belum lagi, ternyata desain knalpot double barrel trioval-nya juga menawan dan out of the box.

Ngomongin mesin, MMBlog agak kaget begitu lihat ada angka 850 ml di blok crankcase kanannya. Yang bener? Olinya gak sampai satu liter? Irit nih olinya. Mesinnya, identik dengan mesin yang digunakan di Gixxer 150, bukan mesin yang heboh macam mesin GSX-R150, tapi udah cukup untuk menghasilkan torsi mantap serta minim perawatan. Oia satu lagi, motor ini menggunakan suspensi yang ukurannya sama kayak suspensi ER6n, 41 mm, secara visual, dapet banget besarnya. Nah, kalau dilihat difoto yang beredar di internet, Suzuki Intruder 150 tampak β€œcingkrang” tapi aslinya, ini motor gagah loh.

Perkara Ergonomi, persis kayak ergonomi Harley Davidson V-Rod! Kaki selonjoran ke depan, tapi setang sporty model fatbar, bukan model setang kumis.

Terus, gimana Mas kalau dijual di Indonesia? Kalau MMBlog saran sih ya, mending jangan jual model begini, Suzuki Intruder 150 adalah motor yang secara desain, bener-bener sesuai sama selera bikers di kawasan Asia Barat (TimTeng) dan India (pas umroh, MMBlog sering banget lihat Intruder 1800 di Jeddah dan Madinah). Kalau mau, untuk Indonesia, mending sekalian klasik aja. Ya macam kayak GZ150-A yang dijual di Vietnam atau Intruder 250 yang udah pernah MMBlog test ride. Emang sih, Intruder 150 punya garis desain yang senada dengan flagship intruder 1800, tapi yaa 1800 CC mah jangan ditanya, mata orang udah kebius duluan sama CC dan bentuk mesinnya yang pasti, bikin semuanya jadi bagus (walaupun emang beneran udah bagus sih πŸ˜† ).

Nah, gimana? Kalau menurut temen-temen gimana? Kudu masuk mentah-mentah gak nih? toh ini motor dipajang untuk kebutuhan survey loh. Jadi gak kecil kemungkinan Suzuki masarin motor cruiser nantinya. Oke deh, semoga berguna yah Sob!

10 COMMENTS

  1. Mending gk usah dijual dimari dan klo emng nekad mau coba jual di indonesia lebih baik rombak bbrp bagian pada intruder ini minimal ya kaki2 nya harus gambot membulat kek kue donat yg super montok πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ jgn kya yg skrg pke ban dan pelk cungkring

  2. Ya jgn mentah-mentah jg mas Van perlu sedikit sentuhan co velg saya rasa terlalu sporty perlu di rubah , stang jg ganti model pipa, spidometer pake analog + rpm biar pelanggan puas kasih sedikit lebih sentuhan chrome hehee πŸ˜ƒ

  3. Mending van van 200 deh.. hidup van van 200!
    Kalo emang pengen ngotot nyemplung ke kelas mini cruiser, desainnya diubah dikit, minimal kayak kanzen v star.

  4. Kalo mo bikin cruiser mbok yang modelnya kayak honda phantom, kaoskaki eliminator, bajaj avenger, benelli motobi, regal raptor, kanzen v star, gitu lho….

    • Comment:
      coba saja maukin dengan ckd dulu, lihat respon masyarakat.
      asal harganya ga jauh dari india, saya yakin ada peminatnya.
      kalau harganya tinggi ya sulit lakunya.
      motor nyaman impian banyak orang, tapi di level masing”.

  5. mesin kalo tetep 150, pake punya satria/gsx series, kalo mau 250 cocok pake inazuma. Ban dibikin lebih bantet, beuh cakep dah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here