Intermezzo : Kenapa Kalau Ban Kempes, Sering Kenanya Ban Belakang?

10
ban belakang gambot juga yak

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog sempat dikerjain sama Mang Hajo aka Suzuki Hayate 125 lansiran 2015. Sebenernya sih, perkara mesin, ini motor enggak ada masalah sama sekali, tapi ketika lagi riding, tiba-tiba motor jauh dari kata stabil. Ban belakang luar biasa ekspresif, bergoyang dinamis kesana-kemari. “wah, bocor pula nih”, bener aja Sob, kena paku. Beberapa bulan yang lalu, Mas Moel juga ngalamin hal demikian, ban belakangnya kena tusuk kunci, hadeuh. Pertanyaannya, kenapa ban belakang melulu yah?

Selama MMBlog riding ratusan ribu kilometer pakai motor, MMBlog baru sekali kena kempes ban depan. Waktu itu, yang kena imbasnya adalah ban depan Thunder 250. Selebihnya pasti ban belakang yang kena sentuhan keintiman dari paku, pelat, kunci, dan benda tajam lainnya. Hmm, lagi-lagi sebabnya kenapa yah Sob? apa mungkin karena ban belakang lebih besar? Jadi ruang buat ketusuknya lebih banyak? Kalau gitu di kasus Hayate, yaa ukuran ban depan dan ban belakang gak jauh beda, hanya satu step aja.

belakangnya oke juga yah

Di salah satu trit di forum ternama tanah air, ada yang mencoba mendeskripsikan hal ini. Kenapa ban belakang lebih sering kena, karena sebelumnya, objek atau benda tajam itu sebenernya udah kena ban depan, tapi dia enggak nancep, melainkan malah “dipersiapkan” oleh ban depan, untuk nusuk ban belakang, seperti gambar di bawah ini Sob. hmm, gimana tuh? Teoritis banget yah? ada juga yang berpendapat karena ban belakang itu beban dan traksinya lebih besar, makanya objek bakalan lebih gampang nancep.

Gimana Sob? ada opini berbeda? Bahkan di jalan-jalan aja, kalau lihat ada yang bannya bocor, kebanyakan emang ban belakang yah yang kena. Oke deh, artikel Intermezzo sekaligus mikir-mikir lah dikit, huehehehe. Sekian, terima kasih, dan selamat berbuka puasa yah!

10 COMMENTS

  1. setuju dg pendapat pertama.
    benda diam/tidur jika dilindas maka akan bergerak random yg kemudian dilindas ban berikutnya(belakang) karena jaraknya paling dekat.

  2. nah bisa jadi artikel next nih, ujicoba… pasang kamera samping ban belakang/ depan, ban motor yg dikorbanin, sama paku2 buat dilindes hehe….

  3. kyknya tergantung kompon bannya jg… pengalaman pk ban bawaan z250 irc… 3 thn tidak pernah nancap apapun… performa bannya keras n licin…
    z250sl dgn ban standar dunlop, hanya dlm 6 bln nancap 2x… kena baut n kunci lemari… performa ban memang lbh gigit dibanding irc…

    • Nahh ini dia mpok @Roy nangkringnya disini wkwk
      pulang atuh neng, update dulu berita gosipnya biar makin rempong wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here