Bedah Teknologi Honda PCX150 dan PCX Hybrid, Intinya Sih Canggih! Ini Jawaban Tentang Sok Bengkok!

3

Sobat MMBlog sekalian, pada tanggal 16 Mei 2018, MMBlog bersama dengan teman-teman blogger yang lain, diundang oleh PT AHM untuk menghadiri Bedah Teknologi Honda PCX150 dan PCX150 Hybrid. Wah, bakalan menarik nih. Oke deh, kita langsung masuk ke pembahasan yuk.
Bedah Teknologi Honda PCX150 dan PCX Hybrid ini dikomandani oleh Mas Winar yang merupakan Instruktur handal mekanik dari PT AHM. Di penjelasan dan presentasinya, beliau membagi Honda PCX 150 dan PCX 150 Hybrid menjadi beberapa bagian. Antara lain Engine, Fuel System, Frame, dan Electrical. Pembahasan diawali dengan Model PCX itu sendiri, motor yang punya kepanjangan Personal Comfort Xaloon ini ada tiga varian Sob. WW150 adalah PCX CBS, WW150A adalah PCX ABS dan WW150HV adalah PCX Hybrid. Untuk model, MMBlog rasa disini MMBlog gak usah panjang lebar yah, temen-temen udah pada mahir lah! Hehe, bisa dilihat di foto juga tuh. Untuk PCX Hybrid, warnanya hanya ada 1, yaitu ungu Sob.

Spek mesin, ternyata motor ini walaupun bore x strokenya sama kayak Vario, ternyata beda juga lho. PCX adalah motor yang performanya dibuat smooth walaupun kalau dicek speedo, motor udah melaju kencang. Sesuai sama namanya Personal Comfort Xaloon, nyaman ala ala Saloon itu, udah kenceng tapi enggak berasa. Motor juga didukung oleh ACG Stater dan mesin ESP generasi terbaru. Hmm, pantes. Terus yang hybrid gimana Mas?

Waktu launching PCX Hybrid, MMBlog lagi di Jepang Sob. Jadi enggak tahu banyak, ternyata, Hybrid di PCX Hybrid adalah kombinasi dan simbiosis sempurna antara mesin bensin dan baterai litium. Secara sederhana (karena kalau dijelasin detail bakalan 20.000 kata artikelnya) Baterai akan memberikan output daya ke Assist Motor untuk memberikan tambahan tonjokan di akselerasi dan hentakan awal motor. Daya ini tersalur selama tiga detik, jadi akselerasi selana tiga detik pas motor dibejek itu bakalan nampol! Setelah itu, baru mesin konvensional akan bekerja secara independen. Nah, gimana kalau di bejek diawal, terus dihentak lagi, terus dihentak lagi pas jalan? Pastinya akan nampol sob, dengan konsekuensi baterai cepat habis.

Kalau abis gimana Mas? Kudu bawa powerbank gak nih? Iye kali, nyolok powerbank bukan baterai motor yang ke cas malah powerbanknya yang ke cas, wkwkwkwk. Nah, baterai ini punya sistem pengisian yang bagus, pas motor idle dia ngisi, pas riding santai dan konstan rpm 3000 dia juga ngisi. Paling lama 30 menitan, udah full! Bisa juga 10 menit. Jadi gak usah cas colak colok. Perawatan? Free maintenance, tapi motor ini hanya bisa di service di dealer Wing yah. Inget baterai sama aki beda yah. Baterai ini menggunakan litium. Umur baterai berapa lama Mas? Kurang lebih 8 tahun Sob. Kalau beli yaaa harganya udah kayak Scoopy seken lah, mayaaan. Tapi biasanye, motor 5 tahun paling lama juga udah dijual 😆 . PCX Hybrid, gak punya bagasi seluas PCX biasa, ya buat baterainya itu. Mas, kalau baterainya udah abis nih, kagak dibeliin, dipake aja tuh motor bisa gak? BISA, jadi kayak PCX standar ajah.

Intinya PCX Hybrid punya tenaga dan torsi serta akselerasi yang lebih SIP ketimbang versi standarnya masbro. Perkara konsumsi bensin sih gak berbeda secara signifikan. Makanya di PCX Hybrid ada mode berkendaranya, mulai dari Drive, Sport, dan Idling Mode.

Mas, PCX kan ada isu sok bengkok tuh? Ditanyain kagak? Nah, Mas Didik nanya nih, Jawabnya?

Sebenernya sok PCX itu enggak bengkok, cumaaan, panjang per soknya itu panjang. Nah, per itu, makin panjang, terus kena tekanan, secara visual biasanya akan keliatan melenyot. Coba aje tuh per maenan yang panjang di teken, biasanye meletot kan? Hal ini sama sekali enggak masalah kalau diajakin riding Sob. Uda pake ajah, wkwkwkwk. Karena RnD dari PCX ini udah lama dan pengetesannya udah komprehensif. Kalau masih gak puas dan nemuin unit begini, soklah dibawa ke dealer aja, minta klaim, huehehe.

Sebenernya sih banyak banget yang bisa dijelasin. Ya intinya Honda PCX adalah skuter yang kelewatan dan keterlaluan canggihnya untuk motor seharga 27 juta. Apalagi udah Keyless, ada anti theft alarm, dll. Oke daaah, nanti MMBlog sambung lagi di artikel yang lain ya! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

3 COMMENTS

  1. Jika di bilang normal kenapa yg beli PCX Lokal dpt surat untuk ke dealer Honda untuk perbaikan dan dpt souvenir? Kenapa di ukur juga terdapat selisih antara dudukan kiri dan kanan? Kenapa ganti shock aftermarket ada jg yg tetep mleyot?

    eniwei kenapa recall nya diem2 yak?

    wkwkwkwkwk

  2. Visual Arts tepatnya masbro. Overall design pcx itu lengkung atau curvy. Stoplamp jelas doble lengkung. Headlamp juga begitu indah curva/lengkung nya. Itulah pengulangan atau repetisi. The center of interest pasti area headlamp. Yg sangat kuat. Maka di belakang yaitu shock absorber kudu dikasih lengkung sebagai penyeimbang atau istilah graphic designnya yaitu balance. Nahh… PCX lokal itu karya teknologi as well as karya seni visual

  3. Visual Arts tepatnya masbro. Overall design pcx itu lengkung atau curvy. Stoplamp jelas doble lengkung. Headlamp juga begitu indah curva/lengkung nya. Itulah pengulangan atau repetisi. The center of interest pasti area headlamp. Yg sangat kuat. Maka di belakang yaitu shock absorber kudu dikasih lengkung sebagai penyeimbang atau istilah graphic designnya yaitu balance. Nahh… PCX lokal itu karya teknologi as well as karya seni visual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here