Yamaha TDM, Ketika Tracer Belum Ada, Ya TDM Dulu Dong!

4

Sobat MMBlog sekalian, seperti biasa, Akun IG monkeymotoblog, biasanya ada aja yang mention atau nge-tag ketika ada motor gede langka atau ngejogrok enggak bertuan. Nah, beberapa hari yang lalu, MMBlog sempat dimention ketika ada gambar Yamaha TDM yang udah menjadi bangkai di parkiran sebuah hotel. Hmm, menarik juga nih untuk dibahas Yamaha TDM. Boleh lah, yuk kita bedah bareng-bareng Sob.

Yamaha TDM adalah motor Yamaha yang dijatidirikan sebagai motor tourer. Sebenernya, kalau melihat spek, bentuk, dan beratnya, motor ini pastinya susyeh diajakin off-road, kalau dibilang sport touring, nah, itu baru chakep! Tapi, motor ini punya travel suspensi yang panjang, jadi yaaa, untuk ngelibas jalanan gravel sih harusnya eces yah Sob. bisa dibilang, genrenya mirip-mirip lah sama Multi Strada, atau Kawasaki Versys. Tapi TDM berasa lebih berotot, besar, dan gagah Sob.

Yamaha TDM, eksis dengan meninggalkan sejarahnya yang nyata, ada tiga generasi. Yamaha TDM generasi awal, punya mesin 850 CC, yang diambil dari mesin tenere 750 (dengan beberapa modifikasi) yang diyakini, mampu, kuat, tangguh, serta reliable di segala medan jalan. TDM generasi pertama ini menggunakan lampu bulat dua biji, kerasa yah jadulnya Sob. btw, mesinnya menggunakan platform mesin dua silinder segaris, tapi pistonnya naik turun bareng-bareng aka 360 derajat, jadilah suara mesinnya kayak suara mesin Benelli TNT 320/250 yang mirip-mirip dengan motor empat silinder, hmm.

Yamaha TDM Generasi kedua, terasa lebih moderen Sob! lampu enggak lagi bulat bundar, melainkan lebih berbentuk! Bobot motorpun dibuat lebih ringan, ditambah lagi, mesin juga berubah total! CC sih masih sama, masih 850 CC, tapi ini dibikin crossplane, atau 270 derajat yang mana, suaranya jadi berasa lebih V-Twin! Powerpun jadi luar biasa serius bisa tembus 85 daya kuda dengan torsi 88 Nm! Gak heran, TDM generasi kedua adalah motor best seller di Eropa saat itu Sob!

Generasi terakhir dari Yamaha TDM yang diproduksi hingga tahun 2011, sudah berubah total! Menggunakan injeksi, mesin juga bengkak kubikasinya menjadi 900 CC, motor juga lebih nyaman, lebih powerfull, bener-bener jadi motor favorit saat itu! Total Yamaha TDM eksis adalah 20 tahun, hingga akhirnya di suntik mati, dan digantikan oleh motor spesial Yamaha, Yamaha MT-09. Memang gak ada pernyataan resmi dari Yamaha kalau Yamaha MT-09 adalah suksesor dari Yamaha TDM. Tapi melihat bentuk, model, dan sisi praktikalitas, Tracer adalah penerus TDM yang memang, hingga kini amat sangat sukses!

Gimana Sob? gagah nih Yamaha TDM! Btw, ini motor ada lho di situs NJKB online, berarti ada unit resminya yang memang masuk tanah air! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

4 COMMENTS

  1. hmm asik sih kang, coba kalau mt25 dibikin alter egonya kayak kawasaki versys 250, jadinya tracer 250.. khayalan tingkat dewa jadinya kang..

  2. Aseli.. bang vandra dari dulu bahas moge.. baru kali ini aku jatuh hati ma bahasan moge ini… Desainnya… WAH… Apalagi yang generasi awal lampu bulat double… banyakin lagi mas bahas moge jadulnya… Top..!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here