Yamaha SRV250S Renaissa, Retro V-Twin dari Yamaha Yang Langka dan SEDAP!

5

Sobat MMBlog sekalian, lagi iseng-iseng browsing untuk mencari informasi sepeda motor, MMBlog akhirnya membaca artikel dari Kang Eno Anderson mengenai motor unik dari Yamaha. Motor ini punya kubikasi 250 CC, dua silinder, tapi bukan inline melainkan V-Twin! Tampilan motor juga lumayan ngeretro, khas motor UJM (Universal Japanese Motorcycle). Motor ini punya nama resmi Yamaha SRV250S, tapi lebih dikenal dengan nama Yamaha Renaissa! Hmm, namanya unik juga yah Sob, mungkin diambil dari sebuah nama era/waktu/masa suatu peradaban di Eropa.

Secara tampilan, motor ini bisa MMBlog katakan keren. Keluar tahun 1982-1993, Yamaha Renaissa dibilang udah punya “gaya”. Retro bike ini punya styling gabungan antara motor japstyle dan motor caferacer yang gagah. Dimulai dari lampu depan bulat yang dikasih kelir senada dengan motornya di area cover, tangki yang stremline dengan dikasih tempat untuk “paha mengepit”. Jok yang rata dengan aksen lonjong-lonjong panjang (tapi tipis), tapi gak kayak motor full-retro yang minus cover body belakang, Yamaha SRV250S ini ada covernya Sob.

Sekilas mengingatkan sama Suzuki Impulse atau Kawasaki Zephyr, tapi menurut MMBlog pribadi mah lebih enak Yamaha Renaissa dilihatnya Sob.

Bahas speknya yuk ah. Ngomongin mesin, Yamaha SRV250S ternyata punya basis mesin yang senada dengan Yamaha Virago 250 Sob. bermodalkan mesin berpendingin udara, 4 tak, 60 Derajat V-Twin, SOHC 4 Valve, dengan bore x stroke di satu silindernya yaitu 49 x 66 mm, Yamaha SRV250S bisa mengeluarkan tenaga hingga 27 Daya Kuda pada 8500 rpm, lumayan banget tenaganya yah! Mesin motor juga punya kompresi lumayan yaitu 9,8 : 1. Oia, jaman dulu, pasokan bahan bakar masih disupplay sama karburator, untuk Yamaha SRV250S ini, menggunakan dua buah karburator Mikuni BDS 26. Mesin ditempelin di rangka Double Cradle yang gagah. Perkara kaki-kaki, menggunakan ban ring 18, rem depan discbrake, dan belakang tromol.

Ngelihat tampilan motor secara keseluruhan, Yamaha Renaissa ini bener-bener KEREN kalau kata MMBlog Sob. bahkan dibandingkan sama Honda VTR250, atau rival Suzuki-nya Suzuki TU250X. Apalagi, secara visual, mesinnya terlihat GAGAH banget! Sayangnya, motor ini udah gak diproduksi lagi sejak lama, padahal saudaranya, Yamaha Virago 250 masih diproduksi sampai sekarang, dan menjadi motor dinas polisi di timur tengah. Padahal, kalau dikasih sentuhan fuel injection, dikasih teknologi canggih sedikit, ini motor bisa jadi ladang duit bagi Yamaha. Jual aja di Negara Asia atau Amerika, pasti jadi best seller learner bike!

Gimana Sob? cakep yak? Oke deh, semoga bisa nambah inspirasi temen-temen yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

5 COMMENTS

  1. Harusnya yimm berani jual ni motor buat pasar indonesia…pk nama raisa…beuuuh yakin bkln laris sambil ngebayangin hamish nunggangin raisa

  2. aduhhh konfigurasi mesinnya v twin…. laris manis ini kalo dijual di indo, pada ganti knalpotnya biar orang orang ngira motor HD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here