Suzuki VX 800 Highlander, Perusuh Harley-Davidson di Masa-nya!

3

Sobat MMBlog sekalian, ketika MMBlog lagi berselancar di facebook, di forum jual beli moge, ada yang mencoba untuk menjual motor yang jujur, MMBlog pribadi baru lihat kalau ada motor kayak gitu. berasal dari merek Suzuki, motor ini bernama Suzuki Highlander, atau Suzuki VX800 Highlander. Hmm, motor apakah gerangan? Yang jelas, ini motor lumayan menarik untuk dibahas, apalagi, eksis juga di tanah air, oke deh, kita lanjut lagi yuk Sob.

Suzuki VX800 Highlander, sesuai dengan namanya, ada huruf V yang mana hal ini sedikit banyak mengindikasikan kalau mesin yang dianutnya menggunakan mesin V-Engine! 800, mendeskripsikan kalau mesinnya punya kubikasi 800 CC, byuhh, gede juga nih berarti torsinya, 800 CC, dua silinder, V-Twin pula! Asal muasal motor, ternyata Suzuki di tahun 1980-1990, pengen bikin sesuatu yang “beda”, setelah sukses dengan perusuh Suzuki Intruder 750, kenapa mesinnya enggak dipasang di Nakedbike yang notabene, bisa lebih sporty lagi dari posisi riding?

Walhasil, segmen motor V-Twin saat itu saat kuat basisnya di Amerika, jadilah Suzuki VX800 Highlander, di desain di Amerika Sob, tepatnya di California. Namun demikian, pengerjaan dan perakitan sepeda motor dilakukan di Jepang, di pabrik Suzuki di Hamamatsu, yang tetap bersinergi dengan team dari Suzuki Amerika.

Ngomongin motornya sendiri, Suzuki Highlander, punya mesin V-Twin yang kuat! Biasanya mesin V-Twin jadul identik dengan mesin yang overstroke, tapi lain dengan Highlander, mesinnya Overbore absolute! 83 x 74,4 mm ! belum lagi kompresi rasionya lumayan tinggi 10 : 1 ! karbunya ada 2, mikuni BSD 36 series! Area ruang bakar juga menggunakan teknologi TSCC yang unik! Motor ini menggunakan lima tingkat percepatan, dengan penyaluran tenaga menggunakan kopel atau shaft!

Powernya bisa tembus 63 daya kuda, sedangkan torsinya, ngebadak dengan 72 Nm!

Kalau MMBlog baca-baca, motor ini punya segudang review yang luar biasa positif! Throttle respon amat sangat baik, tenaga tidak intimidatif melainkan smooth, padahal torsinya gila. Riding position juga netral dan natural, ditambah lagi, suara khas V-Twin besar yang humanis dan harmonis! Hmm! Layak banget dijadiin kolektor item ini motor Sob! di luar negeri, masih banyak Suzuki Highlander yang diperlihara dan dirawat dengan baik sama ownernya. Temen-temen bisa lihat diyoutune, video motor ini ada lumayan banyak lho.

Gimana? Suzuki Highlander? Unik dan atraktif yak?! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

3 COMMENTS

  1. Seingat saya, 4 samurai Jepang semua pernah nyoba mengganggu harley davidson, bikin cruiser v twin berkarakter mirip2 HD. Tapi HD tetaplah HD. Tak tergantikan.

    • Honda pernah kok njungkalkan HD dengan Honda Magna, sampe Amerika ngeluarin aturan yg nguntungin HD

  2. panjang jg keknya ni motor. bodynya mirip2 bandit yg dipanjangin hahaha. Lihat yg ungu awalnya agak ilfil eh ternyata ada yg hitam baru pas bgt deh sm karakter desainnya. setuju sm atas, banyak brand jpn yg coba buat cruise ala HD. Tapi HD ya HD motor ban depan lebih gede dari ban belakang + stang njengat seluruh dunia pasti nebaknya HD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here