Lucu-nya Bahasa “Montir Jadul” Untuk Sparepart Motor, Ada Yang Mau Nambahin?

57

Sobat MMBlog sekalian, semenjak punya Mas Winarso aka Honda Win 100, MMBlog jadi lumayan sering mampir ke forum yang membahas motor ini, atau forum yang membahas mengenai motor-motor tua. Seru aja sih, dan sebenernya, forum model begini lebih kuat perseduluran dan sarat serta kental dengan nuansa keilmuan teknik yang tinggi dan bersahaja. Tapi, beberapa kata untuk sparepart, ada yang bikin MMBlog garuk-garuk kepala, apa aja itu?

Slebor = Fender/Spakbor

Riting = Sein

Pancalan = Kick Stater

Selahan = Kick Stater

Skok = Shock Arbsorber, suspensi

Garpu = Suspensi depan

Seker = Piston (kalau seher MMBlog tahu)

Metal Duduk = Main bearing

Sebenernya yang lucu sih SKOK, itu bener-bener gak ngira MMBlog bahwa part itu adalah suspensi 😆 . sama riting juga mbingungi 😆 , kalau slebor masih mirip-mirip lah sama spakbor, beda tipis di fonologis :mrgreen: biasanya slebor dipakai buat trail fender. ya, itu aja sih yang suka MMBlog temuin, kalau temen-temen gimana? Ada yang mau nambahin? Atau mungkin bahasa di daerah temen-temen ada sendiri yang mendeskripsikan sebuah sparepart dan menjadi ciri khas?

Silahkan dah dituangkan di kolom komentar, hehehe. Oke dah, artikel intermezzo tengah malam nih Sob. sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah! besok mau bahas review jaket aaah. Juooz!

57 COMMENTS

  1. Itu bahasa wis umum di sidoarjo bang,jawa timuran kyoke gt smua nyebutnya. Gk cuma orang bengkel,orang2 umum/awam nyebute juga gt. Riting,skok,slebor,seker. Trus rocker arm yg buat neken klep itu nyebutnya manukan,soale bentuke kyak burung. Bodi samping motor nyebutnya kempolan. Alat2nya jg pke bahasa pasar kayak obeng blimbing,tang betet,tang cepret,tang bajul,dll

  2. Itu masih sering digunakan dan umum di bahasa jawa. Sekok, slebor, riting, seker, sudah biasa diucapkan di bengkel2 sini.

    Kampas rem = kanvas rem
    Setopan = stoplamp
    Pelek bintang = velg racing
    Kabulator = karburator

    Ada lagi tuh, dabel stater (double starter) itu istilah untuk Electric starter. Mungkin karena starternya ada 2.

  3. bro vandra, itu istilah biasa aja mas, kalo anda dari kecil di jateng, jatim, ga ada yg aneh. slebor, riting, skok, hehehee…kl orang jkt ya…..beda lagi kan bhs nya.

  4. Kepala babi = master rem cakram
    Pirodo = kanvas rem
    Halu halu = as roda
    Sobleker = shock breaker
    Garpu depan/belakang = shock unit depan/arm belakang

  5. Slebor – sepakbor
    Laker – bearing
    Bos-bosan – spacer tromol dgn sokbreker
    Garpu – Shock depan
    Slah – kickstarter
    Kom – komstir
    Kain klos – seal knalpot
    Ndas babi – master kaliper cakram
    Gulu banyak – leher angsa
    Sindik oli – tutup isi ulang oli
    Sapit Urang – lengan ayun
    Kamprat – rantai Cam
    Katengkas – cover rantai
    Riting – sein
    Kiprok – ?
    Pulser – ?

    Tanya Kang Taufik & IWB afdol mas..

  6. Bahasa daerahq semua itu.. hahaha..
    Bureng = blok silinder
    Areng = carbon dinamo
    Tusuk sate = besi dudukan blok silinder
    Templar = pelatuk klep

  7. Yang bikin saya ketawa dan aneh itu kaliper rem dibilang kepala babi bang van. Dari tau otomotif sekitar taun 2005 sampe sekarang msh gk ngerti hubungan antara keduanya, hehehe

  8. Di Balikpapan bahasanya sen (lampu sign) memang riting (terdengar reting). Terus velg itu bahasanya peleng, mungkin asalnya dari velg palang bintang atau palang 8. Jadi diambil peleng istilahnya.

  9. Ekekek…itu emg udah dari sono nya lidah jawa bosku…
    Tambahin nih:
    Swing arm : supitan
    Case well: resing
    Kick starter: engkol
    Stoplamp: stopan
    Fostep: bancikan
    Velg jari2: pelek ruji
    Behel: begel
    Jok: sedel
    Kunci: kontak
    Dah kgk mau nerusin…ngekek gua!!! 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

  10. laher bambu
    slenser
    knalpot kolong
    knalpot blombongan
    streng (matik)
    klem
    pala barong
    sikring
    pelampung (emang mau renang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here