Ketika Motor Lawasmu Bermasalah, Enaknya Diapain Sob?

35
ban depan sport xr evo

Sobat MMBlog sekalian, MMBlog yakin, sahabat pembaca MMBlog gak sedikit yang seneng dan suka ngerawat motor pribadinya hingga waktu yang lama. Dari berbagai macam komentar dan testimoni, gak sedikit yang punya motor hingga lama, di atas lima tahun, dan lain sebagainya. Nah, belakangan ini, nampaknya Suzuki Thunder 250 yang udah jadi partner MMBlog selama 12 tahun sekarang sudah semakin ada aja penyakitnya, ya wajar juga sih, kilometer udah mau masuk ke angka 100.000 km, terus enaknya diapain nih kalau temen-temen?

foto lama MMBlog dengan Thunder

MMBlog pribadi, nampaknya akan selalu mencoba untuk memberikan Thunder service yang menarik dan maksimal. Kalau udah begini, nampaknya mau enggak mau bakalan banyak dana keluar. Jeroan mesin macam area head, udah banyak part hausnya, terbukti dari suara mesin yang suka kasar, suka enggak. Belum lagi, bagian kopling, kalau boncengan sama Soulmate di tanjakan, lah itu matik-matik anyar pada gampang banget nyalipnya. Kemarin udah ganti sepul, kena 1 juta rupiah, untungnya di bengkel Koh Welly, Kharisma Motor, semua part tersedia dan melimpah ruah!

Dari beberapa temen yang MMBlog jumpai dan berbincang-bincang, mereka kalau nemuin motornya udah begini, biasanya sih, kebanyakan, dibenerin dulu sedikit, abis itu dijual. Ada juga yang terus dipakai tanpa dibenerin, padahal itu motor udah ngebul loh, wkwkwk. olinya yang berkurang karena terbakar bersama bensin di ruang bakar, di top-up lagi 😆 . ada juga yang kayak MMBlog gini, yaa udah kadung lama, udah kadung sayang ama ini motor, biar bermasalah, akan terus diperbaiki dan dipakai terus.

Kalau temen-temen gimana? Ada pengalaman dengan motor lawas yang bermasalah? Terus temen-temen apain tuh motor? Di pakai terus biar kata rusak, dibenerin, di jual, atau disimpen terus beli motor baru? atau dikasih ke kerabat? Opinimu Sob.

*Siap rogoh 2 jetian nih buat ngereparasi thunder, wkwkwkwk.

instagram

Villa Kanaya

35 COMMENTS

  1. saya juga mas.. punya jupiter z udah 10thun.
    kilometer udah balik jadi nol lagi.. sehari minimal jln 60kilo
    belum lama abis 3jutaan buat ganti jeroan mesin
    merasa dah cukup eh sekarang kaki2 nya yg bermasalah
    mau jual gak tega dah nemenin dari dulu, mau make gak nyaman
    ahir nya saya beli vario.. jupiter nya tar aja di restorasi semua klo ada rejeki lebih
    cape bolak balik bengkel

    Doni Tata.. Pembalap Indonesia Pertama di GP250
    https://yuuoto.wordpress.com/2018/04/05/doni-tata-pembalap-indonesia-pertama-di-gp250/

  2. risiko punya motor lawas yak..hi.hi..
    shogun 110 masih tak coba dirawat sendiri, seneng sih kalau lihat motor lawas tp terawat..
    sekarang sudah mulai terdengar ky rantai mesin’nya kasar…

  3. Kasih saya aja he..he… btw kalau masih sayang dgn motornya kenapa nggak dirombak jadi cafe racer aja sekalian?
    Saya dulu punya mio karbu masih generasi pertama, sdh bertahun2 cuma sekali ganti shock belakang, lainnya ga ada masalah, cuma borosnya itu yg nggak kuat. Akhirnya dibeli sama tetangga, yang akhirnya malah diprotes bapak saya karena beliau merasa enak naik mio.

  4. karisma sy 2005 sudah menemani 10 tahun lebih kang, mesin masih bagus walapun pernah turun mesin sekali…dipake nanjak di tanjakan emen masih JOSSS namun penyakit khas honda yaitu bodi getarrrrrr…membuat gak nyaman. Shock breaker juga sudah mati..wkwk….akhirnya dengan berat hati sy jual 5 juta. Tadinya mau ambil motor matik H, namun kurang sregg sama riding positionnya yang kayak ambles..akhirnya beli revo cash. Sudah datang ke dealer Y buat minang Jupiter mx, namun karena ada keperluan lain yang urgen, beli dulu revo….tahun 3 ada masalah nih motor. Kata mekanik langganan karisma (bengkel tidak resmi), ada kesalahan waktu servis motor di bengkel ahas…yah kesalahan yang sama pada karisma terulang di revo gara-gara mekanik ahas,saking keselnya saya kirim email ke costomer servis pusat, dan langusng di telepon balik minta disebutin bengkel yang gak bener tersebut hi..hi.. …abis servis malah motor susah nyala..wkwkw….karena kesel…akhirnya revo saya jual lagi. Dan sekarang lagi nyoba matik Y…alhamdulillah trauma bengkel resmi H, belum terulang di bengkel resmi Y….liat Lexy malah jadi pengen minang….

  5. Pengalaman pribadi : 1. Binter merzy…langsung jual…nambah dikit beli yg sehat(pertimbangan ongkos perbaikan mahal belum tentu maksimal, di luar banyak yg jual kondisi baik).2. Eliminator 250…perbaiki sejadi jadinya(langka)3. Shogun lama ( pelihara dan perbaiki terus karena harga jual rendah dan enak buat kaki harian)

  6. Saya ada Motor Satria 2 tak 2002 sekarang cuma di panasin seminggu sekali, Shogun 125 R 2004 tiap hari masih setia nganterin kemana aja 25 km pp kerja, & Satria Fu 150 2012 ini jarang di pakai paling cuma jalan2 dekat aja

  7. Motor sy megapro 2006.
    Uda kadung sayang klo dijual, bini juga ga setuju..motor bersejarah, waktu pacaran. 😀
    Penyakit yg paling parah gigi rasio yg no 3 patah 1 biji.
    Asal Honda GL series. Mau dirawat sampe kapan jg aman…copotannya pada mgampar di online. Spartpart jg msh banyak…hehehe

  8. Kami masih ada bebek Jia Ling JL-100 tahun 2000, Kawasaki Kaze VR tahun 2003, ama Scorpio-Z tahun 2006.
    Selama masih ada cukup rezeki, niatnya mau kami pelihara terus.
    Alhamdulillaah sejauh ini ketiga motor tsb tidak ada yg bermasalah.

  9. Motor saya vega zr tahun 2011.. meski lum tua2 banget tpi udah banyak jalan yg dilalui bersama.. dri kepanasan bareng, kehujanan bareng, sampe jungkir balik d jalan bareng.. terlanjur sayang kalo mau di jual.. mau modif aneh2 pun sayang.. meski pernah ampe jungkir balik parah akhir.y juga ane restorasi standaran lagi.. soal.y ni motor yg nemenin ane menjemput rejeki.

  10. Motor saya CB tahun 2013. dari awal setelah masuk ahass banyak masalah muncul, dari klotok-klotok kelisrikan sering konslet sampe ganti 3x ecu juga ga waras2. mau beli baru masi milih-milih. dijual juga motor perjuangan cari kerja sampe keterima kerja. ingin mutasi dari h ke y saja.

    • Gila ganti ecu, saya punya d tahun yg sama cuma ganti aki aja ama pernah sepul sekali. Klo sampe ecu yg ganti ente kali makenya g bener

    • Di ahass pernah konslet sekali karena mekanik ngerapetin massa body motor yg longgar, tapi lupa kontak posisi on. alhasil keluar percikan api sampe ngebul asap tipis kang. sampe akhirnya 3x ganti itu. shbis konslet itu kabel banyak yg rusak, mulai getas sampe kiwir2. akhirnya dijual motornya

  11. Blm ada pengalaman sih…tp sy punya inazuma 2014…sayang banget sm ini motor.mau sy rawat n gk akan dijual sampai retro nanti…?

  12. supra v tahun 2002,
    jaman kuliah sampai pumya anak 2.
    dipakai harian antar anak sekolah lanjut kerja.
    paling tiap tahun ganti kabel kopling

  13. Pengalaman dibeliin kalajengking tahun 2004 pas masuk sma.
    Rusak” pas mau beres kuliah tahun 2011.
    Ya lumayan bang nemenin selama hampir 8 tahun..
    Maklum bang ane pas zaman sekolah tipikal suka make doang, ngurus kagak..
    Makannya jeroan mesin kena tuh pas tahun ke 6, keluar asep putih..
    Jadinya sama babeh di benerin dikit langsung minta dijual aje, sebenernya gk rela jg bang..
    Tp gimana lagi klo udah rewel gitu jadi males k kitanya klo lagi jalan ada rasa was was.
    Akhirnya tuh motor kejual n jadi modal buat beli macan tahun terakhir.
    Oh ia babeh ane jg punya bang petir 250 th 99, tp ujung”nya d jual karema faktor sparepart maklum orang kabupaten..

  14. Kalau bisa dipiara aja mas vandra, uang kadang gak terlalu bernilai dibandingin sejarah motor itu sendiri (ini pendapat subyektif ya), lagipula mas vandra punya banyak motor, dr matic entri level sampai moge kan? Tapi aku yakin thundie jd yg paling bersejarah. Toh saat diinepin di bengkel beberapa hari gak akan mengganggu aktivitas Krn masih ada pilihan motor lainnya di garasi.

  15. Ane punya Honda CS One 2008, KM udah 100.000 lebih, tapi Alhamdulillah Mesin masih joss gandos belum pernah turun mesin, cuma gantai rantai keteng, jungkir balik berkali2, tapi bodi nya utuh, cuma stang bengkok, kaki2 udah ga nyaman, bergeterrrr.. mau dijual sayang banget, lagian pasti murah harga nya..

  16. nostalgila sayang emosional n pas doku bu, jual honda cb125 ,binter mercy 1986 ,pulsar200 2008, mio 2007,shogun 2002 di simpen lowprofile astrea1995, glpro1996, n kawak 2005 , byson 2010, skywave 2008, ok skrg naksir lexy, bandit klw jd ?

  17. Punya jupiter mx thn 2009, udah hampir 10 tahun, km dah skitar 60rb km, motor hasil kerja keras sendiri tanpa minta ortu, masih dipake harian sampe skr, buat kerja, buat jalan2, mau sampe rusak gak bisa jalan, motor gak bakalan di jual, biar jadi kenangan berjalan sampe kapan pun ??? biar pun motor bebek tua, tapi terawat itu punya rasa yg gak bisa di ganti kan sama motor baru dan lebih keren

  18. Supra 125 2005 (lawas gak sih nih?) punya alm bokap, tahun lalu kena hampir 2 jt.. ganti blok+seher, stang seher, benerin kelistrikan, dll..

  19. ada yg restorasi Astrea grand tembus 35jt. gw sebagai pengguna Tornado GS yg notabene part motornya lebih mahal dr part motor batangan kok gak percaya ya? tp anehnya para ngepbeha angguk2 percaya, tp klo dibilang partnya mahal selalu ngelak dan selalu koar2 part Honda itu paling murah.

    aneh…

  20. kl thunder mah masih enak restorasinya. mau ngeteng atau sekaligus pasti ada aja partnya dan harganya masih rasional. nah kalo mas mul yg udah penyakitan? siap2 deh 😀

    • tambahan, buat si thunder kudu turun mesin nih. general check up ntar biasanya di list part2 yg sudah habis masa baktinya sama montirnya. tinggal pilih aja mau restorasi yg penting dulu atau sekaligus. semoga lekas sehat motornya bang

  21. Pengalaman pribadi. Gw pernah punya honda gl pro lupa langsiran th berapa. Tp dikit” masuk bengkel..ada” aja penyakitnya. Klu di totalin dari harga motornya ma servisnya mlhan bnyakan servisnya. Pada akirnya saya jual tambahin dikit buat beli yg agak muda. Tu pngalaman dari saya bosku..?? mndingan dijual ja!! Sebekum ngerepotin…???

  22. Tirev 2007 kilometer mencapai 300k, maklum harian iya, touring juga iya…odo nambah 50km-100km per hari udah biasa…udah ganti seker 4x, sepul udah 3x(ga ada yang ori kalo ini sih), aki? Jangan tanya deh…motor pake led 20w sama 6w ya ga boleh bosen urus aki. Hahaha….
    Biasanya sih ya ke bengkel aja, ini baru aja 2minggu yg lalu ganti seker+buring, balik standard aja…
    Mau naik cc ke 250 blm ada dana nih…ngincernya mt25.
    300rb km tu perkiraan kasar soalnya udah 2x 0 dan odo sempet mati 2tahun an…itu juga tetep dipake jogja-semarang pp, jogja-solo pp belum diitung muter2 dikota tsb lho ya… Sekarang odo 78rb on going. Gendeng? Emang. Boong? Nggak ini jujur apa adanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here